Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 7 Amalan yang Dianjurkan untuk Mendapat Malam Lailatul Qadar (By Ustadz Abdul Somad)

Assalammu‘alaikum warramatullahi wabarakatuh.

Sebelum itu marilah kita berpujI kepada Allah SWT dan menjunjung Nabi besar Muhammad 
SAW.


Tidak terasakankah, sekarang sudah berada di 10 Hari Terakhir di Bulan Ramadhan. Yaitu malam yang mulai daripada malam 1000 Bulan (Sekitar 83 Tahun, 4 Bulan), yaitu Malam Lailatul Qadar. 





Namun menjelang berakhirnya Bulan Suci Umat Muslim ini, para Umat Islam dianjurkan untuk Tidak Melupakan Malam Terbaik, yakni Malam Lailatul Qadar.


Malam Lailatul Qadar menjadi malam yang tepat untuk Memohon Ampun kepada Allah SWT di 10 Hari Terakhir. Pasalnya Doa yang dipanjatkan di Malam Lailatul Qadar dipercaya lebih baik dari Seribu (1000) Bulan.

Lalu kapan Jatuhnya Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan Tahun ini?

(Yang Dikutip dari Sumber Artikel : Wartakota.Tribunnews.com)


Menurut tausyiah dari Ustadz Abdul Somad (UAS) yang diunggah saluran Tafaqquh Video pada Kamis (23/5/2019M | 18/9/1440H).

UAS menjelaskan jika malam Lailatul Qadar jatuh pada Malam Bulan Ramadhan.

"Ada yang berpendapat malam yang Pertama, Ketiga, Kelima. Ada pula pendapat pada malam Nuzulul Qur'an di Malam 17 Ramadhan," jelas UAS.

Kemudian ada pula yang berpendapat untuk mencari Pahala Lailatul Qadar di 10 hari terakhir.

"Lalu malam yang mana 10 Hari terakhir? makanya dipersempit lagi di Malam 21, 23, 25, 27, dan 29," lanjut UAS.

Karena terlalu banyak pendapat, UAS menyebutkan jika hikmah dari semuanya adalah untuk tidak menyia-siakan setiap malam di bulan Ramadhan.

Namun banyak yang menekankan jika malam Lailatul Qadar jatuh di akhir Bulan Ramadhan.

UAS menjelaskan jika penekanan di akhir-akhir Bulan Ramadhan karena agar umat muslim tidak melupakan Itikaf.

"Kenapa di akhir-akhir? karena kalau tidak ditekankan ada malam Lailatul Qadar pikirannya mulai bercabang. Pakaian, kue, dan lain sebagainya, oleh karena itu Rasulullah tidak pernah meninggalkan itikaf di 10 hari terakhir Bulan Ramadhan," lanjut UAS.

Simak penjelasan di video berikut.




Bila Anda merasakan tanda-tanda tersebut dan yakin bahwa itu adalah malam Lailatul Qadar, maka segeralah membaca doa berikut.

"Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni."

Artinya: Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, Engkau menyukai orang yang minta ampunan. Karenanya ampunilah aku.

Doa tersebut berdasarkan riwayat hadits Ibnu Majah. Berikut 7 amalan untuk mendapat malam Lailatul Qadar :

1. Shalat

Seperti hari-hari biasanya, salat menjadi amalan wajib yang ditunaikan bagi setiap Muslim.

Nabi Muhammad SAW seperti diriwayatkan Abu Hurairah pernah bersabda: “Siapa saja yang melaksanakan sholat saat malam Lailatul Qadar karena iman dan berharap pahala dari Allah, dosa-dosanya akan diampuni.” (Hadits Riwayat Bukhari Nomor 1.901).

Selain Shalat Wajib, ada beberapa amalan Shalat Sunnah yang sebaiknya dilakukan untuk mendapatkan keberkahan Malam Lailatul Qadar, di antaranya Shalat Tahajud dan Hajat.

Salat Tahajud bisa dilakukan setelah bangun tidur, dan waktu yang paling tepat adalah di sepertiga malam. Selain itu, Shalat Hajat merupakan amalan yang dilakukan ketika seorang mukmin mengharapkan sesuatu kepada Allah SWT.

Melakukannya di malam-malam di mana Lailatul Qadar akan turun, akan memperbesar kemungkinan hajatmu akan dikabulkan. Tentunya, atas dasar niat pada Allah SWT.


2. Dzikir

Dzikir menjadi amalan sederhana dan mudah, tapi sering kali tidak dilakukan oleh seorang muslim. Dengan berdzikir, seorang muslim akan menyebut asma Allah, mengingatnya, di mana pun dan kapan pun. Tidak ada aturan yang mengikat untuk Berdzikir, Melafalkan Takbir, Hamdallah, Pujian, Asmaul Husna, dan lain sebagainya dalam situasi apa pun termasuk ke dalam amalan Dzikir.

3. Membaca Al-Qur'an

Salah stau amalan yang bisa dilakukan untuk menyambut turunnya Lailatul Qadar adalah dengan membaca Al-Qur'an. Memperbanyak Tilawah Al-Qur'an di malam-malam Lailatul Qadar, mungkin akan menghampiri mendatangkan berkah tersendiri. Karena pada malam itu, malaikat akan turun bersamaan dengan berkah yang dilimpahkan oleh Allah SWT.

4. Itikaf

Biasanya, seorang Muslim akan menghabiskan menyambut Malam Lailatul Qadar dengan berdiam diri di masjid dan mendekatkan diri pada Allah SWT.

Untuk melakukan Iktikaf, seornag muslim harus dilandasi niat bersungguh-sungguh untuk bersimpuh dan mengingat Allah. Itikaf sendiri tidak diwajibkan bagi setiap umat Islam.

5. Ber-Shalawat

Memperbanyak Shalawat pada Nabi Muhammad SAW juga dianjurkan untuk menyambut Malam Lailatul Qadar.

Sebab, doa yang diijabah dan mustajab melalui bershalawat atas Nabi Muhammad SAW.


6. Berdoa




Berdoa merupakan amalan yang tidak terbatas. Selain dapat memanjatkan apa pun, seorang muslim pun dapat melakukannya kapan saja.

Namun, ada satu doa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dipanjatkan.

Doa tersebut yaitu:

"Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni"

Aisyah berkata; “Wahai Rasulullah SAW, apa pendapatmu jika aku ketepatan mendapatkan Malam Lailatul Qadar, apa yang harus aku ucapkan?”,

Beliau menjawab: “Ucapkanlah; ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU ANNA” (ya Allah, sesungguhnya Engkau maha pema’af mencintai kema’afan, maka ma’afkanlah daku).” (HR. Ibnu Majah, yang dishahihkan oleh Al Albani)


7. Bersuci Lahir dan Batin

Salah satu yang dianjurkan saat menyambut turunnnya malam Lailatul Qadar adalah dengan Bersuci.

Bersuci bisa dilakukan dengan Mandi, Berwudhu, dan menggunakan wewangian di malam yang dimungkinkan terjadi Malam Lailatul Qadar.

Amalan untuk menyambut Malam Lailatul Qadar tidak terbatas pada 7 Amalan tersebut. Ada banyak ibadah baik yang bisa dilakukan untuk mendekatkan diri pada Allah dan mendapatkan rahmat Lailatul Qadar.

Semua amalan terhitung baik dan berpahala, tergantung dari bagaimana niat yang dipanjatkan atas Nama Allah SWT.


Untuk melihat postingan lamanya, silahkan lihat di sini.



Semoga kita bisa mendapatkan malam keberkahan yang mulia ini. Aamiin Ya Rabbal’aalamiin.

Waltafik hidaiyah,

Wassalammu‘alaikum warramatullahi wabarakatuh.

Ads