Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Negara-negara yang merayakan Tahun Baru Imlek

Assalammu‘alaikum Wr. Wb.

Gong Xi Fat Cai (茶喜发财)! Permisa apakah anda juga ikut merayakan Imlek (Xin Jia / Sin Cia) ? Tahun ini perayaan Imlek pada Tanggal 25 Januari 2020 (29 Jummadil Awal 1441 H) yang bertepatan dengan Shio Tikus Logam dan bertepatan dengan Tahun 2571 (Kalender Tionghoa).






Sumber Artikel : Tirto.id

Perayaan Imlek yang Jatuh pada Tanggal 1 di Bulan Pertama Kalender Lunar Biasa dirayakan oleh Etnis Tionghoa dengan berbagai Tradisi. Melansir dari Situs SBS.com, tidak hanya Etnis Tionghoa saja, sekarang Masyarakat Umum juga bisa ikut dalam perayaannya. Berikut rangkuman beberapa Negara yang merayakan Imlek dan Tradisi di setiap Negara.

1. Tiongkok

Hari Raya Imlek di Tiongkok menjadi perayaan yang paling Penting bagi masyarakatnya untuk menghormati para Leluhur dan berkumpul bersama Keluarga. Masyarakat China biasanya melakukan Tradisi seperti Makan Malam Bersama dan dianggap sebagai salah satu Momen terpenting selama Setahun. 

Kantung Merah atau yang kita sebut Angpao (昂宝) juga menjadi salah satu tradisi sebagai Hadiah berisi Uang yang dipertukarkan. Dalam Tren Baru, kini warga Tinongkok menggunakan Platform Digital sebagai sarana untuk memberikan Angpao tersebut. Di China, Hari ke-15 Bulan Lunar menjadi Akhir dari Tradisi perayaan Imlek.


2. Vietnam


Perayaan Imlek di Vietnam dikenal dengan "Tết Nguyên Đán" atau lebih dikenal sebagai "Tết" yang dirayakan antara Akhir Januari atau Awal Februari menurut Kalender Lunar. 

Perayaan ini melambangkan Harapan keberuntungan dan awal yang baru di Tahun mendatang dengan makanannya Mâm Ngũ Quả (Nampan Lima Buah), Bunga dan Tanaman seperti Pohon Persik berbunga. 

Perayaan umumnya berlangsung selama 3 Hari bahkan sampai Seminggu, yang biasanya dilakukan dengan Makan dan Minum Mứt (Buah Manisan), Bánh Chưng (Kue Persegi yang terbuat dari Beras Ketan diisi dengan Kacang-kacangan dan Babi), dan Mang (Sup Rebus Rebung dan Babi).


3. Korea Selatan


Korea Selatan merayakan Imlek dengan sebutan Seollal (설날). Masyarakat di Korea biasanya merayakan Seollal untuk menghargai Tradisi Budaya dan Kuliner Korea seperti menggunakan Hanbok (한복) (Pakaian Tradisional), melakukan Ritual Leluhur, memainkan Permainan Tradisional, dan mendengarkan Cerita Rakyat Kuno. 

Perayaan ini juga digunakan untuk berkumpul bersama Keluarga dan Teman yang bisa dinikmati dengan makanan khas yang biasa ada selama Seollal yaitu Tteokguk (떡국) (Sup Kue Beras), Galbi Jjim (갈비찜) (Iga Pendek yang Direbus) dan Jeon (전) (Pancake Korea).


4. Filpina


Imlek biasanya hanya dirayakan oleh orang-orang Beretnis Tionghoa di Filipina. Ada Tradisi yang berkembang di Warga Filipina pada umumnya yaitu memberikan Kue Bulan dan Kue Beras Tahun Baru (Tikoy). Saat Malam Perayaan Imlek, umumnya akan ada Pesta Kembang Api di tiap Pecinan dan Barongsai di Pusat Perbelanjaan (Mall).


5. Indonesia, Singapura, dan Malaysia


Etnis Tionghoa di Indonesia biasanya merayakan Imlek dengan berbagai Ritual. Salah satu yang paling mencolok adalah Dekorasi serba Merah dan juga Atraksi Barongsai. Sama dengan negara lain, Angpao juga menjadi Tradisi yang masih berlangsung hingga saat ini. 

Orang Tionghoa biasanya Makan bersama Keluarga, dengan Berbagai Sajian Khas, termasuk Kue Keranjang. Selain Warna Merah, Imlek di Indonesia juga Identik dengan Hujan. Etnis Tionghoa biasanya mengharapkan datangnya Hujan tepat di Hari Imlek, karena dipercaya bisa membawa Rezeki dan Berkah.

Selain itu tidak hanya di Indonesia saja yang merayakan Imlek, tetapi di Negara Tetangganya seperti Malaysia dan Singapura juga merayakan Tahun Baru Imlek yang hampir sama seperti di Indonesia.


Untuk melihat artikel dari postingan
sebelumnya, silahkan lihat di sini.


Sekian informasinya, Untuk membaca artikel menarik lainnya, silahkan lihat di sini (Jejak Orang Tionghoa dalam Penyebaran Islam di Pulau Jawa
.

Terima Kasih / Thank You / 谢谢 (Xiè Xiè),


Wassalammu‘alaikum Wr. Wb.

Ads