Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Selamat Hari Anak Nasional 2020! Menteri PPPA ajak semua pihak Turunkan Angka Kekerasan terhadap Anak di tengah Pandemi COVID-19 (+ Google Doodle Semarakkan Hari Anak Nasional)

Assalammu‘alaikum wr. wb.

Tahukah kamu? Bahwa hari ini (Kamis) 23 Juli 2020 / 2 Dzulhijjah 1441 H adalah Hari Anak Nasional.


Hari anak Nasional – Hari Anak merupakan Event yang diselenggarakan pada Tanggal yang tidak sama di seluruh dunia. Hari Anak Internasional diperingati setiap Tanggal 1 Juni, dan Hari Anak Universal diperingati setiap Tanggal 20 November. Negara lainnya merayakan Hari Anak pada tanggal yang lain. Dan perayaan ini bertujuan menghormati Hak-hak Anak yang ada di seluruh dunia.


Sumber Artikel : Liputan6.com
[Artikel yang serupa : Tribunnews.com]

Dalam Konferensi Pers peringatan Hari Anak Nasional (2020), Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mendorong keluarga menjadi Lembaga Pertama dan Utama dalam memberikan perlindungan kepada Anak. Sehingga bisa menghasilkan Generasi Penerus Bangsa yang Sehat, Cerdas, Ceria, dan Berkualitas.

Pengasuhan yang baik dan aman di tengah Pandemi COVID-19, kata Bintang, semakin berat. Tak jarang Anak menjadi Korban Kekerasan di Rumah oleh orangtuanya.

"Dalam masa pandemi, anak rentan menjadi korban kekerasan karena orangtua memiliki beban ganda dalam mendidik, mendampingi, dan ikut menemani anak sekaligus tetap bekerja," kata Bintang dalam konferensi pers virtual puncak peringatan Hari Anak Nasional pada Selasa (22/7/2020M | 1/12/1441H).

Bintang mengingatkan bahwa tanggung jawab mengasuh anak bukan hanya tugas ibu, tapi juga ayah. Jika orangtua menemui kesulitan pengasuhan bisa memanfaatkan Konseling Pengasuhan di 135 Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) seperti dikutip siaran resmi Kemen PPPA.

Berdasarkan Data SIMFONI (Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak) Kemen PPPA terdapat 3.928 Kasus Kekerasan terhadap Anak-anak yang dilaporkan sejak Bulan Januari 2020 sampai dengan 17 Juli 2020 (26 Dzulqaidah 1441 H).

Masih tingginya Angka Kekerasan juga tergambarkan dari hasil Survei Nasional Pengalaman Hidup Anak dan Remaja (SNPHAR) Tahun 2018 oleh Kemen PPPA. Survei menyebutkan bahwa 2 dari 3 Anak dan Remaja Perempuan atau Laki-laki pernah mengalami Kekerasan sepanjang hidupnya.

Rayakan HAN dengan Aman dari Rumah

Pandemi COVID-19 membuat peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang dilakukan oleh Kementerian PPPA secara virtual. Meski begitu, Bintang menyatakan tidak mengurangi makan negara hadir untuk anak.

“Kami berharap peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2020 secara virtual tidak mengurangi makna dari sebuah bentuk perhatian negara atas penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa. Kami ingin anak-anak dapat ikut merayakannya dengan aman di rumah," kata Bintang.

HAN Tahun ini mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dan Tagline #AnakIndonesiaGembiradiRumah. Pada hari H pelaksanaan puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2020 pada Tanggal 23 Juli 2020 (2 Dzulhijjah 1441 H) akan dilakukan secara Virtual dengan melibatkan sejumlah Anak Indonesia.

GOOGLE DOODLE MENYEMARAKKAN

Sumber Artikel : Liputan6.com dan Antaranews.com

Google turut memeriahkan Hari Anak Nasional pada hari ini, Kamis, 23 Juli 2020 (2 Dzulhijjah 1441 H) dengan memajang Doodle di laman utama pencarian mereka. Hal ini bisa dilihat ketika pengguna mengakses Laman Web Google di Browser PC / Laptop atau di Smartphone.

Dalam Google Doodle kali ini, tampak gambar anak-anak yang ceria dengan Kostum atau Piyama Hewan. Terlihat mereka gembira bermain dengan beragam bentuk Hewan dan benda yang terbuat dari kertas dengan Warna-warni Identik perusahaan Mesin Pencari tersebut.

Saat mengeklik doodle tersebut, pengguna akan diarahkan ke laman pencarian tentang Hari Anak Nasional. Perayaan Hari Anak diselenggarakan pada tanggal yang berbeda-beda di seluruh dunia.

Jika Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni, sedangkan Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November, di Indonesia Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 yang disahkan pada Tanggal 19 Juli 1984 (20 Syawal 1404 H).

Dalam laman pencarian tentang Hari Anak Nasional, Google juga menyajikan daftar pertanyaan yang sering diajukan untuk mengetahui lebih dalam tentang Hari Anak Nasional, di antaranya "Apa makna Hari Anak Nasional?" dan "Kapan Hari Anak Sedunia diperingati?"

Jawaban dari daftar pertanyaan tersebut bisa langsung didapatkan dalam kolom Box dengan meng-klik Panah yang mengarah ke bawah.


Untuk melihat Postingan Artikel yang Terdahulu, silahkan lihat di sini.

Jadi kita harus melindungi Anak-anak kita dan Generasi Bangsa kita dari Kekerasan. Apalagi di tengah Pandemi COVID-19 ini yang sangat rentan sekali dengan Kekerasan pada Anak dan Perempuan.

Terima Kasih :)

Wassalammu‘alaikum wr. wb.

Ads