Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenang 1 Tahun lamanya mengenal Exoplanet baru

Assalammualaikum wr. wb

1 Tahun, 2 Hari tepatnya Tanggal 23 Februari, 2018 (Maaf telat 2 Hari) sekarang kan Tanggal 25 Februari 2018.

Taukah anda ? bahwa sejak tahun lalu Google telah mengenangnya melalui Google Doodle tentang Penemuan Exoplanet terbaru ?

Exoplanet tersebut bernama TRAPPIST-1 telah menemukan exoplanet yang serupa dengan Bumi kita tercinta ini.






Planet - planet tersebut telah diteukan oleh sebuah badan antariksa yang bernama NASA berhasil meneropong keberadaan tujuh planet seukuran Bumi yang berada di luar lingkup tata surya (eksoplanet).


Keduanya terkejut dan gembira, seolah menemukan kawan lama, ketika tujuh eksoplanet baru tiba-tiba muncul dalam bidang pandang teleskop dan melambai. 

Ketujuh planet eksoplanet dimaksud mengorbit sebuah bintang kurcaci merah yang disebut sebagai Trappist-1, singkatan dari Transiting Planets and Planetesimal Small Telescope, nama teleskop observatorium di Cile yang ikut berkontribusi dalam penemuan. 

Tiga di antara ketujuh eksoplanet mirip Bumi itu memiliki orbit dalam zona layak huni sehingga kemungkinan memiliki air dalam bentuk cair, salah satu komponen terpenting dalam menyokong kehidupan. 

Ilustrasi tujuh exoplanet yang mengorbit bintang TRAPPIST-1. Tiga planet pertama terlalu panas dan planet terjauh terlalu dingin. Tapi tiga planet di orbit tengah kemungkinan memiliki suhu ideal untuk air dalam bentuk cari. (NASA)


VIDEOS





Untuk lebih jelasnya, silakan kunjungi ke situs ini : http://obengplus.com/articles/7119/1/Tata-surya-Trappist-1-terlihat-memiliki-7-planet.html

Sekian informasi ini, mohoon maaf bila ada kesalahan. Saya ucapkan terima kasih sebanyak - banyaknya.

dan Wassalammualaikum wr. wb.

Ads