Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hari Kesehatan Sedunia

Assalamualaikum Wr. Wb.

Apakah kalian tahu bahwa hari ini (Sabtu, 7 April 2018 / 20 Rajab 1439 H) adalah Hari Kesehatan Sedunia.


Hari Kesehatan Dunia dirayakan setiap tahun pada tanggal 7 April dan didukung oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).





SEJARAH

Pada tahun 1948, Organisasi Kesehatan Dunia mengadakan Majelis Kesehatan Dunia Pertama. Majelis ini memutuskan merayakan Hari Kesehatan Dunia pada tanggal 7 April setiap tahunnya mulai 1950. Hari Kesehatan Dunia diselenggarakan untuk memperingati pendirian WHO dan dipandang sebagai kesempatan menarik perhatian dunia untuk menyadari masalah-masalah besar kesehatan global setiap tahunnya. WHO menyelenggarakan acara di tingkat internasional, regional, dan lokal pada hari ini tergantung temanya. Sumber daya yang disediakan cukup hingga beberapa hari setelah 7 April, tanggal yang ditetapkan untuk merayakan Hari Kesehatan Dunia.

Hari Kesehatan Dunia diakui oleh berbagai organisasi pemerintah dan non-pemerintah yang memiliki kepentingan dalam masalah kesehatan publik. Mereka juga mengadakan aktivitas dan menyatakan dukungan mereka di media, seperti siaran pers oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Rodham Clinton dan Global Health Council. 

TEMA DARI MASA KE MASA

2018: Cakupan Kesehatan Universal

2017: Depresi: Mari bicara

2016: Hentikan peningkatan: kalahkan diabetes

2015: Keamanan bahan pangan

2014: Penyakit yang ditularkan oleh vektor: gigitan kecil, ancaman besar

2013: Tekanan Darah Tinggi

2012: Kesehatan yang baik menambah masa hidup

2011: Kekebalan anti-mikroba: Tanpa aksi hari ini, tidak ada kesembuhan besok

2010: Urbanisasi dan kesehatan: Ciptakan kota yang lebih sehat1

2009: Selamatkan jiwa. Jagalah Rumah Sakit saat Keadaan Darurat

2008: Lindungi kesehatan dari efek merugikan perubahan iklim

2007: Keamanan kesehatan internasional

2006: Kerja sama untuk kesehatan

2005: Jadikan setiap ibu dan anak berharga

2004: Keselamatan jalan

2003: Bentuk Masa Depan Kehidupan: Lingkungan Sehat untuk Anak

2002: Gerakan Kesehatan

2001: Kesehatan Jiwa: Hentikan Pengucilan, Pedulilah

2000: Darah yang Sehat Dimulai dari Saya

1999: Penuaan Aktif Membuat Perubahan

1998: Ibu yang Sehat

1997: Perkembangan Penyakit Menular

1996: Kota Sehat untuk Kehidupan yang Lebih Baik


1995: Penghapusan Polio Global

TIPS

Yang dilansir / dikutip sebagian dari situs https://www.jawapos.com/read/2018/04/05/201736/mari-hidup-sehat-bebaskan-diri-dari-penyakit-dengan-10-langkah-mudah.

Tidur memiliki efek positif pada kesehatan fisik dan mental. Kurang tidur berdampak buruk terhadap metabolisme, konsentrasi, suasana hati, memori, keterampilan motorik, hormon stres, sistem kekebalan tubuh, dan kesehatan jantung. Tidur membantu tubuh untuk menyembuhkan, memperbaiki, dan meremajakan diri. Cukup tidur setidaknya 8 jam diperlukan untuk tetap bugar dan sehat. Berikut, 10 langkah mudah untuk membebaskan diri dari penyakit, yaitu :
Buang Kebiasaan Buruk
Kebiasaan buruk yang harus dihentikan adalah merokok, narkoba, alkohol, seks yang tidak aman dan tidak sehat. Untuk menjalani hidup yang sehat, seseorang perlu mempertahankan gaya hidup sehat, yang meliputi melakukan yoga, meditasi, dan mengonsumsi makanan yang tepat. Batasi makan makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji, alkohol, dan gula rafinasi (refined sugar).
Cek Kesehatan Reguler
Pergi ke dokter 3 sampai 4 bulan sekali untuk memastikan tubuh lebih bugar. Lakukan pemeriksaan payudara atau penis dan kesehatan organ dalam.
Olahraga
Olahraga kardiovaskular membantu memperkuat jantung dan paru-paru, latihan kekuatan memperkuat otot dan latihan peregangan mengurangi risiko cedera dengan meningkatkan fleksibilitas. Berolahraga setiap hari meningkatkan sirkulasi dan kesadaran tubuh serta dapat memerangi depresi. Ambil 10 menit dari jadwal harian untuk berjalan kaki.
Makan Makanan Sehat
Sertakan buah-buahan segar, sayuran, dan biji-bijian dalam diet sebanyak mungkin. Konsumsi sumber protein tanpa lemak seperti unggas, ikan, kacang-kacangan, dan tahu. Cobalah makan makanan seimbang. Camilan pada makanan utuh seperti kacang, sayuran, dan buah-buahan, dan hindari makanan olahan yang mengandung pemanis buatan atau gula yang berlebihan.
Minum Air
Hidrasi dibutuhkan oleh tubuh agar berfungsi dengan baik. Sebagian besar makanan mengandung cairan yang akan membantu menjaga tubuh terhidrasi dan segar. Buah-buahan seperti mentimun, semangka, mangga, pir, mengandung air di dalamnya. Buah-buahan ini akan membantu membersihkan organ dan sistem pencernaan serta menghilangkan racun keluar dari tubuh.
Kurangi Stres
Stres dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan dari gangguan jantung hingga masalah pencernaan. Untuk mengelola stres, berolahraga, meditasi, yoga, atau lakukan hobi serta liburan bisa mengurangi stres.
Sarapan
Sarapan yang sehat akan memberi energi bagi tubuh agar bugar dalam menjalani aktivitas.
Ekspresikan Diri
Curhat kepada keluarga atau lingkungan bisa membantu diri mengurangi beban. Hal itu akan menjauhkan diri dari masalah sulit tidur, depresi, gangguan makan, dan hingga sakit fisik.
Perubahan Pola Makan
Buatlah target dalam piring makan agar mengonsumsi segala porsi dengan ukuran gizi seimbang, baik karbohidrat, vitamin, mineral, dan protein.

Sekian informasinya, semoga bermanfaat :) Terima Kasih dan ;

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Ads