Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Selamat Hari April Mop (Berikut Sejarahnya)

Assalamualaikum Wr. Wb.

Maaf April Mop-nya sudah lewat 1 hari (sekarangkan tanggal 2 April) yang bertepatan dengan Tanggal 1 April 2018 (14 Rajab 1439 H) kemarin.

April Mop atau biasa disebut dengan April Fool's Day adalah perayaan hari aksi tipu - menipu dan candaan terhadap orang lain dengan tujuan mempermalukan mereka yang mudah ditipu. Jadi jangan heran jika ada teman kita nge-Prank / ngisengin kita pada saar April Mop.




Berikut penjelasannya ;



SEJARAH

Yang dilansir sebagian dari situs http://bangka.tribunnews.com/2018/04/01/ternyata-ini-sejarah-april-mop-penipuan-dan-kisah-tragis ada sejararahnya yaitu :


Hingga sekarang, sejarah April Mop masih bersifat simpang siur.

Artinya, April Mop masih menjadi misteri terkait banyaknya teori di masyarakat.


Bahkan, sejumlah negara di dunia punya versi April Mop sendiri-sendiri.

Sejarah April Mop pun datang dari Spanyol. Negara ini merayakan April Mop pada tanggal 28 Desember yang disebut Dia de los Santos Inocentes.

Itu berarti sebagai hari anak tak bersalah sampai pemerintahan Spanyol mengeluarkan undang-undang baru agar tanggal 28 desember 1978 diundur sehari supaya tidak dijadikan bahan tertawan publik. Namun, pernyataan berbeda diungkapkan Joseph Boskin, profesor dari Boston University.

Boskin mengatakan, ide April Mop digagas oleh para pelawak Kerajaan Romawi pada masa pemerintahan Raja Constantin I di abad ketiga sampai keempat pasca Masehi.

Mulanya, para pelawak kerajaan ini mengajukan petisi kepada Raja untuk mengizinkan mereka menjadi raja hanya untuk sehari saja.

Tak disangka, sang Raja setuju dengan petisi ini dan mengangkat salah satu pelawaknya yang bernama Jeter untuk menjadi Raja Sehari pada tanggal 1 April.

Setelah naik tahta, Raja Jeter pun meresmikan tanggal 1 April sebagai hari kemustahilan.

Berita Palsu

Rutinitas lelucon April Mop sering membuat orang-orang yang memperingatinya sering meragukan liputan berita yang terbit pada tanggal 1 April.

Meski dirayakan secara meluas di seluruh dunia, asal-usul April Mop sendiri masih belum jelas.

Berikut rangkuman deretan fakta unik tentang April Mop dari laman india.com.

1. Catatan paling awal mengenai apa pun yang berkaitan dengan April Mop berasal dari Canterbury Stories yang ditulis antara 1387 hingga 1400 oleh Geoffrey Chaucer.

2. Pada hari April Mop tahun 2009, sebuah situs perjalanan Expedia menawarkan tiket penerbangan eksklusif ke Mars.

3. Menurut sebuah survei, 32 persen pekerja mengatakan, mereka pernah membuat atau menerima tipuan tentang pulang cepat pada April Mop.

4. Di daerah-daerah tertentu di Belgia anak-anak menunjukkan sisi keras kepala mereka dengan mengunci orang tua dan guru mereka di luar rumah atau kelas.

          Mereka baru akan membiarkan masuk jika sang guru atau orangtua setuju untuk memberi mereka cemilan atau permen manis.

5. Pada akhir 1980-an, program televisi Inggris menayangkan hoaks atau tipuan April Mop tentang sebuah perangkat bernama 'Chippy'.

          Perangkat teknologi ini diklaim merupakan tipe baru walkman yang dapat menyimpan ratusan lagu di dalam sebuah microchip.

          Namun, sekarang kita memiliki perangkat canggih semacam itu. Sehingga yang dari awalnya hanyalah tipuan mampu menjadi kenyataan.

6. Pada 1 April 1946, gempa bumi dan tsunami dahsyat melanda Hawaii dan menewaskan 165 orang penduduk.

          Sebagian besar orang yang tewas diakibatkan oleh ketidakpercayaan mereka terhadap peringatan cuaca dan mengira itu hanyalah tipuan April Mop.

7. Televisi Belanda pernah menayangkan berita tentang Menara Pisa yang runtuh.

          Hal ini mengejutkan banyak orang dan mengakibatkan banyak orang yang sedih menghubungi stasiun TV tersebut.

8. Orang-orang Iran memiliki versi April Mop sendiri dan menjadi hari libur Persia yang disebut Sizdah Be-dar.

9. Pada 1980 sebagai tipuan April Mop, BBC melaporkan jam besar Big Ben yang ikonik akan mengalami transformasi drastis dan berubah menjadi digital.

10. Di Australia, kejahilan dan lelucon hari April Mop tidak boleh dilakukan setelah tengah hari.

HUKUMNYA DALAM ISLAM

Bagaimana perayaan April Mop ini hukumnya dalam Islam ?

Menurut saya Hukumnya adalah HARAM, karena April Mop mengandung unsur Pendustaan dan Kekufuran ;


Perayaan ini adalah hal yang di haramkan dalam Islam. Dari segi filosofinya, april Mop adalah budaya kufur yang dimana kaum muslimin haram mengikuti budaya tersebut. Dalam sebuah hadits Rasulullah saw. bersabda :


 مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ


Siapa saja yang menyerupai suatu kaum, maka ia tergolong bagian dari kaum tersebut. (HR. Ahmad, Abu Daud & Thabariy)

Al-Munaawiy Rahimahullah berkata:

وَقِيْلَ الْمَعْنَى: مَنْ تَشَبَّهَ بِالصَّالِحِيْنَ وَهُوَ مِنْ أَتْبَاعِهِمْ يُكْرَمُ كَمَا يُكْرَمُوْنَ، وَمَنْ تَشَبَّهَ بِالْفُسَاقِ يُهَانُ وَيُخْذَلُ كَهُمْ، وَمَنْ وَضَعَ عَلَيْهِ عَلاَمَةَ الشَّرْفِ أَكْرَمُ وَإِنْ لَمْ يَتَحَّقَّقْ شَرْفُهُ

“Dikatakan maknanya adalah : barangsiapa yang menyerupai orang-orang shaalih, maka ia termasuk orang yang mengikuti mereka. Ia pun dimuliakan sebagaimana orang-orang shaalih itu dimuliakan. Barangsiapa yang menyerupai orang-orang fasiq, maka akan dihinakan dan direndahkan sebagaimana mereka (dimuliakan dan direndahkan). Dan barangsiapa yang diletakkan padanya tanda-tanda kehormatan, ia lebih mulia meskipun kehormatannya itu tidak kelihatan.”

Untuk lebih jelasnya, silahkan buka di situs ini.

Sekian informasinya, Mohon maaf jika ada kesalahan :)

Terima Kasih dan Wassalamualaikum Wr. Wb.

Ads