Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[HAPPY 22nd BIRTHDAY OF GOOGLE!] Google 'Rayakan' Ulang Tahun Ke-22 dengan Imbauan Jaga Jarak (+ Definisi Google dalam Istilah Googologi dan juga Sejarah lengkap)

Assalammu‘alaikum wr. wb.

Hello gaes! Tahukah Anda? Bahwa Hari ini adalah hari lahirnya Google yang ke-22 Tahun. Tepatnya pada Minggu, 27 September 2020 (10 Shafar 1442 H). Sebenarnya kelahiran Google itu dimulai dari proyek oleh Larry Page dan Sergey Brin pada 1996 lalu didirikan pada Tahun 1998.


Sumber Artikel : CNN Indonesia dan Tekno.Kompas.com
Artikel lainnya yang serupa : Republika

Perusahaan Teknologi Multinasional asal Amerika Serikat, Google resmi memasuki Usia ke-22 Tahun hari ini, Minggu (27/9/2020M | 10/2/1442H). Ulangtahun perusahaan ini juga ditampilkan dalam Logo Google Doodle hari ini.
Di masa Pandemi Virus Corona (COVID-19) ini, Google merekomendasikan Isyarat untuk Jaga Jarak. Google doodle menggambarkan Huruf 'G' yang mengenakan Topi perayaan Ulang Tahun di depan Laptop, yang menampilkan Gambar rekan-rekannya yang turut merayakan Ulang Tahun Google secara Jarak Jauh.

Google adalah Perusahaan Teknologi Multinasional asal Amerika Serikat. Didirikan sejak 22 Tahun yang lalu, perusahaan ini menyediakan beberapa Produk Teknologi seperti Teknologi Pencarian, Komputasi Web, Perangkat Lunak, dan Periklanan Daring.

Sejarah Google

Kisah Google dimulai pada tahun 1995 di Universitas Stanford oleh Larry Page dan Sergey Brin. Mengutip Google, mereka bekerja dari kamar asramanya, mereka membuat mesin pencari yang menggunakan tautan untuk menentukan pentingnya setiap halaman di World Wide Web. Mereka menyebut mesin pencari ini Backrub. Namun pada akhirnya, nama ini berubah menjadi Google.

Pada 1997, Larry ingin mengganti BackRub dengan nama lain. Dia pun berdiskusi dengan teman-teman mahasiswa lainnya, termasuk seorang kolega bernama Sean Anderson.

Nama tersebut adalah permainan ekspresi matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol dan dengan tepat mencerminkan misi Larry dan Sergey "Untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan berguna secara universal". Sean kemudian mencari apakah domain "Googol.com" sudah digunakan atau belum. Tapi, dia salah mengetiknya sebagai "Google.com". Larry ternyata suka dengan nama "Google". Domain Google.com pun ketika itu masih belum dipakai orang lain.

Google menarik perhatian tidak hanya dari komunitas akademis, tetapi juga investor Silicon Valley. Pada bulan Agustus 1998, salah satu pendiri Sun Andy Bechtolsheim menulis kepada Larry dan Sergey cek senilai US$ 100.000, dan lahirlah Google Inc.

Google menarik perhatian tidak hanya dari komunitas akademis, tetapi juga investor Silicon Valley. Pada bulan Agustus 1998, salah satu pendiri Sun Andy Bechtolsheim menulis kepada Larry dan Sergey cek senilai US$ 100.000 (atau setara dengan Rp. 1.493.820.000 ,- untuk nilai tukar mata uang saat ini), dan lahirlah Google Inc.

Halaman muka Google tampil bersih sejak kali pertama beroperasi karena dulu kedua pendirinya tidak menguasai bahasa pemrograman HTML. Page dan Brin juga menginginkan mesin pencari dengan antarmuka yang ringkas. Karena itu, pencarian melalui Google dibuat sederhana. Pengguna cukup menekan tombol Enter setelah memasukkan kata kunci pencariannya. Hingga kini, 22 tahun setelah pendiriannya, tampilan homepage Google masih bersih, hanya menampilkan logo dan kotak pencarian. Logo tersebut sering dikreasikan sebagai doodle untuk merayakan peristiwa atau tokoh tertentu, seperti pada ulang tahunnya hari ini.

Keduanya kini memegang 16% Saham Google sejak Tanggal 4 September. Google resmi menjadi perusahaan swasta di Amerika.

Google resmi berkantor ke Mountain View, California pada 2006. Sejak resmi didirikan, Google secara cepat telah menghasilkan berbagai produk maupun akuisisi terhadap beberapa produk teknologi internet.

Perusahaan ini juga secara cepat mengeluarkan produk teknologi, mulai dari surat elektronik, layanan aplikasi perkantoran dan lainnya.

Google juga menjadi pemicu kelahiran sistem operasi Android untuk telfon genggam dan google chrome OS. Google juga mulai beralih memproduksi perangkat keras komunikasi dengan produksi Nexus dan mengakuisisi Motorola Mobility pada 2012.

Soal mesin pencarian, Google diperkirakan mengoperaikan lebih dari satu juga server di beberapa negara. Pada 2012, situs pemeringkatan Alexa menyebut google.com menjadi situs web paling banyak dikunjungi. Pada 2014, Google mendapat penghargaan dari Business Indeed sebagai perusahaan yang memiliki ne4k paling bernilai.

Pada Agustus 2015, Google melalui unggahan blog Larry Page mengumumkan pembentukan perusahaan baru bernama Alphabet yang akan menjadi perusahaan induk, yang salah satunya membawahi Google.

Dalam restrukturisasi itu, Google sekaligus mengumumkan pemimpin perusahaannya. Larry Page menjadi CEO Alphabetz didampingi Ercih Schimdt. Sedangkan CEO Google baru dipimpin Sundar Pichai, lulusan S1 dari Indian Institute of Technologi Kharagpur. 

Kesimpulan

Dari sini nama Google muncul dari usulan nama "Googol", yakni istilah Matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 Angka Nol (0) atau bisa ditulis sebagai 10^100 (). Kasner kemudian mempopulerkan konsep ini dalam bukunya "Mathematics and the Imagination" pada Tahun 1940. Selanjutnya, pada 2006, kata "Google" secara resmi ditambahkan ke Kamus Inggris Oxford sebagai kata kerja.

Nama ini diambil untuk menjelaskan misi sang mesin pencari sebagai gudang informasi tak terbatas di Internet. Dan ada juga Ilmu dari Cabang Matematika yang membahas tentang Bilangan-bilangan yang sangat besar, yaitu Ilmu Googologi (Googology).

Untuk mengetahui Bilangan Googol dan Googolplex itu seberapa besarnya bilangan tersebut, lihatlah dan saksikan secara saksama di bawah ini : 

* Googol =  = 10.000.​000.​000.000.000.000.000.​000.000.​000.000.000.​000.000.​000.000.​000.000.000.000.000.000.​000.​000.000.000.​000.000.000.000.000.​000.000 (Nol-nya ada 100)

* Googolplex =  =  = Bilangan yang sangat besar yang dapat melebihi dari partikel terkecil di Alam Semesta yang telah diobservasi (Observable Universe) [Nol-nya ada  atau sebanyak bilangan Googol]

[Untuk mengetahui dan mempelajari tentang Ilmu Googologi, silahkan lihat dan klik di sini (Googology Wiki).]

Untuk melihat Postingan Artikel terdahulu di Blog ini, silahkan lihat di sini.


Sekian informasi ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Dan terpenting adalah kita harus menjaga jarak agar kita terhindar dari penularan COVID-19 yang sesuai pada Google Doodle hari ini. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tanya saja dengan 'Mbah' Google.

Terima Kasih dan ;

Wassalammu‘alaikum wr. wb.

Ads