Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[Hari Ayah Nasional 2020] Inilah Pesan dalam Al-Qur'an dari Luqman, Ibrahim hingga Ya’qub kepada Anaknya (+ Google Doodle Memperingatinnya untuk Membuat Ucapan kepada Ayah)

Assalammu‘alaikum wr. wb.

Salam sejatera! Hari Kamis ini Tanggal 12 November 2020 / 26 Rabbiul Awwal 1442 H sebagai memperingati Hari Ayah.



Berikut, inilah pembahasannya terkait dengan Hari Ayah Nasional, dari "Pesan dalam Al-Qur'an dari Luqman, Ibrahim hingga Ya’qub kepada Anaknya" sampai Google Doodle Memperingati Hari Ayah.

PESAN DARI LUQMAN, IBRAHIM, DAN YA'KUB KEPADA ANAKNYA DI DALAM AL-QUR'AN


Hari Ayah diperingati setiap Tanggal 12 November. Perayaan hari ini dimulai sejak Tahun 2006 dan bukan merupakan Hari Libur Nasional.

Hari Ayah lahir atas Prakarsa Paguyuban Satu Hati, Lintas Agama dan Budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Ayah merupakan adalah Tulang Punggung, Sandaran, dan Pelindung dalam sebuah Rumah Tangga.

Selain itu, ayah juga merupakan seorang imam yang berkewajiban menuntun dan membimbing keluarganya menuju kebahagiaan Dunia dan Akhirat. Hal ini menggambarkan betapa pentingnya sosok ayah di dalam sebuah keluarga.

Tertulis di dalam Al-Qur’an Surah Luqman, seorang ayah bernama Luqman memberikan nasehat untuk anaknya, dilansir dari Umma.id. Semua pesannya tidak ada yang tentang Harta Benda Dunia (Uang, Kendaraan, Gaji, Rumah, Anak, Perhiasan, Tanah, dst), tetapi tentang Tauhid, Ibadah, Dakwah & Akhlak yang baik.

Pesan Luqman kepada anaknya (QS. Luqman ayat 13-19) :

1. Jangan Syirik

وَإِذْ قَالَ لُقْمَٰنُ لِٱبْنِهِۦ وَهُوَ يَعِظُهُۥ يَٰبُنَىَّ لَا تُشْرِكْ بِٱللَّهِ ۖ إِنَّ ٱلشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ

“Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, pada waktu ia memberi pelajaran kepadanya, ‘Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.” (QS. Luqman : 13).

2. Berbakti Pada Orangtua

وَوَصَّيْنَا ٱلْإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُۥ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَٰلُهُۥ فِى عَامَيْنِ أَنِ ٱشْكُرْ لِى وَلِوَٰلِدَيْكَ إِلَىَّ ٱلْمَصِيرُ

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu” (QS. Luqman : 14).

وَإِن جَٰهَدَاكَ عَلَىٰٓ أَن تُشْرِكَ بِى مَا لَيْسَ لَكَ بِهِۦ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا ۖ وَصَاحِبْهُمَا فِى ٱلدُّنْيَا مَعْرُوفًا ۖ وَٱتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ إِلَىَّ ۚ ثُمَّ إِلَىَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

“Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan” (QS. Luqman : 15).

3. Setiap Perbuatan Akan Dibalas

يَٰبُنَىَّ إِنَّهَآ إِن تَكُ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِّنْ خَرْدَلٍ فَتَكُن فِى صَخْرَةٍ أَوْ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ أَوْ فِى ٱلْأَرْضِ يَأْتِ بِهَا ٱللَّهُ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ لَطِيفٌ خَبِيرٌ

(Luqman berkata), ‘Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha halus lagi Maha Mengetahui.” (QS. Luqman : 16).

4. Dirikan Sholat, Dakwah dan Sabar

يَٰبُنَىَّ أَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ وَأْمُرْ بِٱلْمَعْرُوفِ وَٱنْهَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ وَٱصْبِرْ عَلَىٰ مَآ أَصَابَكَ ۖ إِنَّ ذَٰلِكَ مِنْ عَزْمِ ٱلْأُمُورِ

“Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).” (QS. Luqman : 17).

5. Jangan Sombong, Jaga Adab Bicara & Jangan Angkuh

وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِى ٱلْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ

“Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Luqman : 18)

6. Tawadhu'; Sederhana dalam Berjalan & Bersuara

وَٱقْصِدْ فِى مَشْيِكَ وَٱغْضُضْ مِن صَوْتِكَ ۚ إِنَّ أَنكَرَ ٱلْأَصْوَٰتِ لَصَوْتُ ٱلْحَمِيرِ

“Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.” (QS. Luqman : 19).

[Atau jika ingin melihat tentang Surah Luqman ayat 13 - 19, silahkan lihat di sini.]

Selain didalam Surat Al-Luqman, ada juga pesan-pesan seorang ayah yang tertulis pada Surah Al-Baqarah ayat 132-133.

Yakni pesan Nabi Ibrahim dan Nabi Ya’qub kepada anaknya :

A. Pesan Nabi Ibrahim kepada anaknya

[Tauhid]

“Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya’qub. (Ibrahim berkata) : “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam”.(Q.S. Al-Baqarah (2) : 132)

B. Pesan Nabi Ya’qub kepada anaknya

[Tauhid]

“Adakah kamu hadir ketika Ya’qub kedatangan (tanda-tanda) maut, ketika ia berkata kepada anak-anaknya : “Apa yang kamu sembah sepeninggalku?” Mereka menjawab : “Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu, Ibrahim, Ismail dan Ishaq, (yaitu) Tuhan Yang Maha Esa dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya”. (Q.S. Al-Baqarah (2) : 133)


GOOGLE DOODLE MEMPERINGATINYA (AJAKAN UNTUK MEMBUAT UCAPAN)


Sumber Artikel : Inet.Detik.com
[Artikel lainnya yang serupa : Kompas.com]

Jika membuka laman pencarian Google pada Kamis (12/11/2020 | 26/3/1442) akan melihat sesuatu yang berbeda pada logonya. Ada Gunting, Pensil, Pernak-pernik dan Potongan Kertas yang membentuk Tulisan Google.

Google Doodle tengah memperingati Hari Ayah Nasional 2020 yang jatuh tepat hari ini. Spesialnya tidak hanya sekadar ilustrasi yang ditampilkan. Ketika doodle tersebut ditekan, kita akan diajak membuat kartu ucapan.

"Selamat Hari Ayah, Ayo membuat Prakarya," seketika menyambut usai mengklik Google Doodle. Setelahnya muncul hamparan bidang putih dengan berbagai Tools. Saatnya membuat Kartu Ucapan.

"Selamat Hari Ayah, Ayo membuat Prakarya," seketika menyambut usai mengklik Google Doodle. Setelahnya muncul hamparan bidang putih dengan berbagai Tools. Saatnya membuat Kartu Ucapan. Bila kamu tidak menyukai background Putih, bisa menggantinya dengan opsi kertas warna di pojok kiri atas. Lalu tinggal Hiasi dengan pernak-pernik yang tersedia di bagian bawah sesuai Imajinasi Anda.


Jika ingin menghapus Pernak-pernik yang sudah dipasang bisa menekan Tombol "Undo", atau bisa meng-klik Penghapus warna Pink di pojok kiri bawah. Kalau ingin mengubah dari awal bisa menekan Ikon Kotak Sampah di sudut kiri bawah.

Tapi jika dirasa sesuai tinggal klik gambar amplop bertuliskan Kirim. Akan ada sejumlah pilihan, kamu bisa mengirimkan ke Facebook, Twitter dan Email (ataupun juga bisa ke Instagram). Google pun memberikan Link bilamana ingin dikirimkan langsung ke WhatsApp Ayah.


"Baik mereka dekat atau jauh, jadikan Ayah karya seni kecil dari hati kamu dalam Doodle pembuat Kartu Digital Interaktif hari ini. Selamat Hari Ayah!," ajak Google.

Sedikit informasi Google Doodle interaktif Hari Ayah 2020 ini dibuat oleh sebuah tim kecil. Alyssa Winans yang menjadi lead artist, Olivia When sebagai additional art. Lalu Brian Murray, Collin Irwin, Tom Tabanao, Jacob Howcroft, Nicole Patten, Yumi Kim bertindak sebagai Engineers.


Untuk melihat Postingan Artikel terdahulu di Blog ini, silahkan lihat di sini.

Jadi intinya, kita harus menyayangi kedua Orangtua kita, termasuk Ayah kita yang telah menafkahi kita demi pengorbanan untuk mencari Uang.

Mohon maaf jika ada kesalahan apapun itu. Sekian Terima Kasih :)

Wassalammu‘alaikum Wr. Wb.

Ads