Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Selamat Hari Pi (Pi Day) !

Assalamualaikum Wr. Wb.
Hello semuanya ! Kali ini saya akan menjelaskan tentang Pi Day. Yang bertepatan pada Tanggal 14 Maret 2018 (26 Jumadil Akhir 1439 H).

Jadi, Pi Day dalam Islam setiap Tanggal 14 Rabiul Awal (14 Rabiul Awal 1439 H bertepatan dengan Tanggal 3 Desember 2017). Tahun Ini Islamic Pi Day - nya bertepatan dengan tanggal 22 Novenber 2018 (14 Rabiul Awal 1440 H) nanti.




RUMUS

A. Pengertian

Pi (Ï€) adalah sebuah Konstanta dalam Matematika yang biasa digunakan untuk menghitung Rumus - rumus Lingkaran. Tidak hanya dalam Matematika saja bisa dipakai, juga bisa dipakai dalam Fisika. 

B. Rumus - rumus yang menggunakan konstanta Pi.
1. Rumus Lingkaran (Bangun Datar)

Luas : 

A = Luas Lingkaran
r = Jari - Jari Lingkaran

Keliling :

P = Keliling Lingkaran
r = Jari - Jari Lingkaran



2. Rumus Tabung (Bangun Ruang)

  1. Luas alas   = Ï€r²
  2. Luas tabung tertutup / Permukaan
                                  = ( ka x t ) + ( 2 x La )
                                  =  ( 2rt ) + ( 2 )
                                   =   2Ï€ ( t + r )
3. Luas tabung tanpa tutup
                  La  = ( ka x t ) + La
                    = 2rt +
                    = r ( 2t + r )
4. Volume tabung
           V = La x t
           =  Ï€r²t

5. Luas selimut tabung
 = ka x t
 = 2 Ï€rt
3. Rumus Kerucut (Bangun Ruang)
Volume Kerucut : 1/3Ï€r² t

Luas selimut kerucut = 2Ï€r / 2Ï€s x Ï€s2
                                           = Ï€rs
Luas sisi kerucut = Ï€rs +  Ï€r²
                              = Ï€ r ( s + r )

4. Rumus Bola (Bangun Ruang)
Luas Bola = 4 Ï€r²
Luas  bola benda berongga = 2Ï€r²
Luas  bola benda padat / pejal = 3Ï€r²
Volume bola
=  1/3 La x t
= 1/3 x 4Ï€r²x r
=4/3 πr3

Selengkapnya bisa lihat di Google, Wikipedia, atau Wolfram Alpha.
Ada juga di Wolfram Alpha.

SEJARAH
Peringatan besar-besaran pertama Hari Pi diadakan oleh Larry Shaw pada tahun 1988 di Exploratorium San Francisco, dimana Shaw bekerja sebagai fisikawan, dia dengan stafnya berbaris, berkeliling salah satu ruang bundarnya, lalu memakan pai buah. Selanjutnya Exploratorium melanjutkan tradisi memperingati hari Pi.

Pada 12 Maret, 2009, Dewan Perwakilan Amerika Serikat menyetujui resolusi tak terikat (111 H. Res. 224), yang menjadikan 14 Maret, 2009 sebagai Hari Pi Nasional. Pada peringatan Hari Pi tahun 2010, Google menampilkan sebuah Google Doodle yang merayakan peringatan tersebut, dengan logo Google didalam lingkaran dengan simbol pi.


Keseluruhan bulan Maret 2014 (3/14) dirayakan oleh beberapa orang sebagai "Bulan Pi". Pada tahun 2015, Hari Pi memiliki arti penting pada format tanggal 3/14/15 (mm/dd/yy) pada pukul 9:26:53 a.m. dan juga di 9:26:53 p.m., karena tanggal dan waktunya mewakili 10 digit pertama dari Ï€.  Hari Pi 2016 juga penting karena mm/dd/yy mewakili pi yang dibulatkan menjadi lima digit pertama.

Dikutip dari : https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Pi


BERITA

Pi Day/THE GUARDIAN

GOOGLE Doodle hari ini menampilkan gambar sejumlah kue dan pai, sebagai bagian perayaan 30 tahun Pi Day atau Hari Pi. Dirayakan setiap tanggal 14 Maret, Pi Day merupakan tradisi perayaan tahunan konstanta matematika π (pi).
Pi Day dirayakan setiap tanggal 14 Maret, karena dalam format penulisan tanggal di Amerika, hari ini ditulis dengan 3,14, yang dalam konstanta matematika adalah Ï€ (pi). Yang menarik, Pi Day juga merupakan hari ulang tahun Albert Einstein.
Diketahui, Ï€ atau Pi adalah konstanta matematika yang digunakan untuk menggambarkan lingkaran. Lalu, bagaimana sebenarnya cara Pi Day dirayakan?
 

1. Makan kue pai (pie)

Ini adalah cara perayaan Pi Day yang paling menyenangkan. Memakan kue pai menjadi cara perayaan yang umum dilakukan saat Pi Day. Kenapa harus kue pai?
Ada beberapa alasan yang menjelaskan kenapa Pi Day identik dengan kue pai. Pertama karena cara membaca Ï€ (pi) dan pie (pai)  yang mirip. Kedua, juga karena 3,14 seperti tulisan pie yang dibalik.
Pada peringatan besar-besaran Pi Day pertama kali, tahun 1988, fisikawan Larry Shaw bersama stafnya merayakan Pi Day dengan memakan kue pai buah. 
Selain itu, bentuk kue pai yang bulat juga mengingatkan peran dan makna penting π (pi) dalam matematika.
Karena itu, hari ini silahkan nikmati berbagai kue pai yang Anda suka. Bisa juga membuat kue pai istimewa dengan lambang Ï€ (pi) di bagian atasnya untuk memperingati hari ini. 

2. Pesta Pizza

Tidak bisa menemukan kue pai? tidak masalah. Perayaan Pi Day juga bisa dilakukan dengan pesta pizza. Tidak terdengar buruk bukan?
Sama seperti kue pai, pizza juga memiliki bentuk yang bulat. Karena itu, memperingati Pi Day dengan pizza, tidak akan mengurangi esensi makna π (pi).
Pesan berbagai jenis pizza, atau membuat sendiri di rumah bersama sejumlah teman atau keluarga. Kreasikan topping pizza dengan ornamen π (pi) yang dibuat dari jamur, sosis, atau paprika.

3. Rayakan pada 13.59 siang

Pi Day dirayakan pada 14 Maret, tepatnya pada pukul 13.59. Ada perdebatan, karena sejumlah orang berpendapat Pi Day dirayakan pada pukul 1.59 pagi karena menggunakan sistem 12 jam.
Namun jam perayaan yang paling umum adalah pada pukul 13.59 siang. Perayaan dilakukan selama satu menit. Apa yang dilakukan selama satu menit? apa saja.
Ada yang melakukan pie war atau lempar kue pie, melakukan tarian pi hasil koreografi sendiri, melontarkan lelucon-lelucon lucu tentang matematika atau terkait pi, bahkan hingga mengheningkan cipta untuk merenungkan arti penting pi bagi kehidupan.

4. Permainan pi

Bermain kuis yang berhubungan dengan Ï€ (pi) atau matematika juga menyenangkan untuk dilakukan saat perayaan Pi Day. Selain untuk memperingati Ï€ (pi), juga sekaligus mengasah kemampuan kita akan matematika.
Siapkan kuis yang berkaitan dengan geometri, trigonometri, atau materi lain yang menggunakan pi.
Kuis juga bisa dilakukan lebih menarik, dengan menggunakan gambar ataupun sejumlah alat peraga.
Lakukan permainan semenarik dan seasyik mungkin, misalnya mereka yang salah menjawab diberikan sanksi dengan dicoreng tanda π (pi) di bagian muka dengan menggunakan bedak atau spidol.***
Sekian Artikel ini semoga bermanfaat :) , Terima kasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Ads