Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Group K-Pop Terbaik Saat Ini (2018)

Assalammualaikum wr. wb.

환영합니다 ! (Hwan-yeonghabnida !) (Welcome !)

Salam Sejatera ! Apakah kamu / anda termasuk pencina / fans Idol asal Korea Selatan ini (K-Pop Lovers) ? Kali ini saya akan membahas artikel tentang 10 Group K-Pop Terbaik Saat Ini. 





MNet atau Music Networks merupakan saluran televisi Korea Selatan yang menayangkan acara musik dan hiburan. MNet juga mengadakan ajang penghargaan bagi musisi Korea setiap tahunnya. Pada Tanggal 8 - 31 Januari 2018 (19 Rabiul Akhir - 14 Jummadil Awal 1439 H) lalu, MNet melakukan survei yang diikuti oleh 3.470.066 untuk menentukan siapa group idol yang berpotensi menggebrak dunia KPop pada 2018 ini. Berikut hasilnya.

1. GOT7



Got7 (Hangul: 갓세븐; RR: Gatsebeun; digayakan sebagai GOT7) adalah grup musik pria asal Korea Selatan yang dibentuk oleh JYP Entertainment. Grup ini terdiri dari tujuh anggota, yakni JB, Mark, Jinyoung, Jackson, Youngjae, BamBam dan Yugyeom. Got7 debut pada Januari 2014 dengan dirilisnya album mini pertama mereka, Got It?, yang berhasil menduduki posisi nomor dua di Gaon Album Chart dan nomor satu di Billboard World Albums Chart.


Pada penghujung 2014, Got7 menandatangani kontrak dengan Sony Music Entertainment Japan dan memasuki pasar musik Jepang dengan merilis single debut bahasa Jepang berjudul "Around the World". Grup ini kembali ke Korea Selatan satu bulan kemudian untuk merilis album studio pertama mereka, Identify. Pada tahun 2015, Got7 merilis album mini Just Right dengan singel "Just Right" dan Mad. Pada tahun 2016, grup ini merilis album studio Jepang pertama berjudul Moriagatteyo yang berhasil debut pada posisi nomor 3 di Oricon Albums Chart. Mereka lalu merilis album mini kelima Flight Log: Departure dan album studio keduaFlight Log: Turbulence. Bulan Maret 2017, video musik "Just Right" meraih 100 juta tampilan YouTube dan menjadikan Got7 sebagai grup pria pertama dari JYP Entertainment yang mampu meraih pencapaian tersebut.

(Lihat di Wikipedia)

GOT7 berada di puncak dengan selisih votes yang cukup jauh dari posisi kedua yaitu berjumlah 646.118 votes atau 18,6% suara dari total keseluruhan suara. Boygroup dibawah JYP Entertainment ini memang semakin popular akhir-akhir ini. Pesona ketujuh membernya pun sangat kuat. Group dengan salah satu lagu debutnya berjudul Around the World ini semoga tidak hanya bisa menggebrak dunia KPop tapi semoga bisa menggebrak musik dunia juga seperti judul lagunya ya.

2. BTS



Bangtan Boys (Hangul: 방탄소년단; RR: Bangtan Sonyeondan; bahasa Inggris: Beyond The Scene ) atau dikenal juga sebagai BTS adalah grup penyanyi pria asal Korea Selatan yang dibentuk oleh label rekaman Big Hit Entertainment. Grup ini beranggotakan tujuh orang, yakni RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook. Mereka debut pada Kamis 13 Juni 2013 (4 Syaban 1434 H) dengan singel "No More Dream" dari album pertama 2 Cool 4 Skool yang membawa grup ini meraih penghargaan 'New Artist of the Year' di MelOn Music Awards dan Golden Disk Awards 2013, serta Seoul Music Awards 2014. Setahun setelah debut, mereka menerima penghargaan bonsang untuk album Dark & Wild dan The Most Beautiful Moment In Life, Part 1.


Popularitas BTS semakin menanjak sejak merilis trilogi Most Beautiful Moment in Life dengan The Most Beautiful Moment In Life, Part 2 dan The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever yang berhasil debut di tangga album Billboard 200. The Most Beautiful Moment In Life, Part 2 juga mampu menduduki posisi teratas Billboard World Albums Chart selama beberapa minggu dan mengantarkan BTS sebagai musisi Korea pertama yang berhasil meraih pencapaian tersebut. The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever memenangkan penghargaan bergengsi 'Album of the Year' di Melon Music Awards 2016. Kemenangan ini merupakan daesang atau 'penghargaan utama' pertama BTS sejak debut mereka.

(Lihat di Wikipedia)

Group yang gaungnya sudah mencapai panggung Billboards ini menduduki posisi kedua dengan jumlah votes 299.881 atau 8.6% suara. Group dengan julukan International Handsome Boys ini memiliki bakat yang luar biasa. BTS (Bangtan Boys) mampu mengangkat nama BigHit Entertainment yang notabene bukan agensi besar di Korea Selatan.

3. Wanna One



Wanna One dibentuk melalui kompetisi 'survival' Produce 101 Season 2, yang tayang di Mnet dari 7 April - 16 Juni 2017 (4 Rajab - 11 Ramadhan 1438 H). Dari 101 Trainee yang mewakili berbagai agensi, 11 orang dipilih oleh penonton melalui voting dan diumumkan melalui siaran langsung televisi.

Sebelum tampil dalam program, beberapa anggota pernah aktif dalam industri hiburan. Park Ji-hoon adalah aktor cilik dan telah tampil dalam serial drama seperti Kimchi Cheese Smile dan The King & I. Ia juga tampil dalam beberapa acara varietas bersama Big Bang dan SS501. Pada tahun 2012, Hwang Min-hyun debut sebagai anggota grup NU'EST. Kim Jae-hwan tampil pertama kali di Korea's Got Talent Season 2 namun tereliminasi saat semi-final. Pada tahun 2014, Ha Sung-woon debut dalam grup Hotshot.

(Lihat di Wikipedia)

Group yang terbentuk melalui acara Produce 101 dengan leader Yoon Jisung ini meraih 264.702 votes a
tau 7.6% suara. Sebelas karakter bertalenta ini mampu merajai panggung bahkan ketika umur debut mereka masih sangat muda yaitu Senin, 7 Agustus 2017 (14 Dzulkaidah 1438 H) lalu.

4. EXO



EXO (Hangul: 엑소) adalah grup penyanyi pria Korea Selatan-Tiongkok yang berbasis di Seoul. Dibentuk oleh S.M. Entertainment pada tahun 2011, grup ini debut pada tahun 2012 dengan 12 anggota yang terbagi menjadi dua subgrup, EXO-K dan EXO-M, dengan masing-masing subgrup tersebut menyanyikan lagu dalam bahasa Korea dan Mandarin. EXO meraih puncak kepopuleran dengan dirilisnya album pertama mereka, XOXO (2013), yang menelurkan singel hit "Growl". XOXO sukses baik secara kritikal maupun komersial, serta berhasil memenangkan penghargaan 'Disk Daesang' di Golden Disk Awards ke-28 dan 'Album Terbaik Tahun Ini' di Mnet Asian Music Awards ke-15. Album ini terjual lebih dari satu juta kopi, menjadikan EXO sebagai musisi Korea dengan penjualan terbanyak dalam kurun waktu 12 tahun terakhir. Dengan penjualan album studio dan album mini berikutnya yang sangat laris, EXO dinobatkan sebagai selebriti paling berpengaruh oleh Forbes Korea untuk tahun 2014 dan 2015. Awak media menyebut mereka sebagai "boyband terbaik di dunia" dengan mengatakan bahwa "EXO berada di posisi terdepan dominasi pop, dengan koreografi tajam dan gesit yang diperkuat dengan lagu yang dibuat oleh beberapa penulis dan produser paling berbakat di dunia, serta diasah oleh segudang kepribadian dan bakat mereka."


Pada Mei 2014, Kris melayangkan gugatan kepada S.M. Entertainment untuk mengakhiri kontraknya dengan agensi tersebut. Luhan menyusul mengirim gugatan pada Oktober 2014 dengan tujuan yang sama. Pada April 2015, Tao mengakhiri kegiatannya bersama EXO dan melempar gugatan terhadap S.M. Entertainment pada Agustus 2015. Menyusul hengkangnya tiga anggota tersebut, EXO kini aktif dengan sembilan anggota. Pada Juli 2016, diumumkan bahwa masalah gugatan pemutusan kontrak antara Kris dan Luhan dengan SM Entertainment sudah resmi berakhir dengan kesepakatan kontrak keduanya dengan SM masih tetap berlaku hingga tahun 2022.

(Lihat di Wikipedia)

Group peraih penghargaan Daesang Golden Disk Awards terbanyak yaitu empat tahun berturut-turut dari 2014 hingga 2017 ini meraih 196.386 votes atau 5.7% suara. 12 Karakter yang diperkenalkan SM Entertainment pada Sabtu, 31 Maret 2012 (8 Jummadil Awal 1433 H) dalam sebuah showcase di Stadion Olimpiade Seoul ini sukses mencuri hati banyak penggemar hingga akhirnya mereka debut secara resmi pada Minggu, 8 April 2012 (16 Jummadil Awal 1433 H).


5. INFINITE



Infinite (Bahasa Korea: 인피니트) adalah boyband asal Korea Selatan di bawah label Woollim Entertainment, yang juga rumah bagi bakat lain seperti Lovelyz dan Golden Child Kelompok ini terdiri dari 6 anggota: (Sunggyu, Dongwoo, Woohyun, Sungyeol, L, dan Sungjong). Mereka dikenal karena tarian mereka sangat disinkronkan serta 'Scorpion Dance' mereka di MV "Before The Dawn". Dengan tahun 2011 sebagai tahun pelarian mereka, Infinite terus lanjut sampai akhirnya sukses dan mendapatkan popularitas lebih di antara kelompok lainnya di dua negara, Korea Selatan dan Jepang.

(Lihat di Wikipedia)

Infinite menduduki posisi kelima dengan 172.502 votes atau 5.0% suara. Boygroup yang aktif dari tahun 2010 ini memiliki penggemar yang setia meski tidak lama ini baru saja ditinggalkan oleh Hoya yang ingin lebih fokus berkarir di dunia akting dan bermusik dalam naungan agensi barunya.


6. MONSTA X



Monsta X (bahasa Korea: 몬스타엑스; juga ditulis sebagai MONSTA X) adalah boy band Korea Selatan yang dibentuk oleh Starship Entertainment melalui program survival NO.MERCY di Mnet pada tahun 2015. Grup ini memiliki tujuh anggota: Shownu, Wonho, Minhyuk, Kihyun, Hyungwon, Jooheon dan I.M.

Monsta X debut pada Kamis, 14 Mei 2015 (25 Rajab 1436 H) dengan album mini pertama mereka Trespass. Pada Maret 2017, Monsta X merilis album studio pertama mereka dan bagian akhir dari seri "The Clan", The Clan Pt. 2.5: The Final Chapter, yang terdiri dari album mini ketiga dan keempat mereka, The Clan Pt. 1 Lost dan The Clan Pt. 2 Guilty, keduanya dirilis pada 2016. Pada Mei 2017, Monsta X menandatangani kontrak dengan Mercury Tokyo dan debut dengan lagu "Hero" di Jepang.

(Lihat di Wikipedia)

Group dengan fandom Monbebe ini berada di posisi ke-6 dengan jumlah votes 95.784 atau 2.8% suara. Monsta X juga dikenal memiliki lagu-lagu dengan lirik yang manis. Monsta X debut pada tahun 2015 lalu dengan mini album berjudul Trespass.

7. BlackPink


Black Pink (Hangul: 블랙핑크), diformat menjadi BLACKPINK atau BLΛƆKPIИK, adalah girl grup Korea Selatan yang dibentuk tahun 2016 oleh YG Entertainment. Grup ini terdiri dari empat orang: Jisoo, Jennie, Rosé dan Lisa. Keempatnya secara resmi debut pada 8 Agustus 2016 dengan album singel mereka, Square One.

Dengan persiapan promosi debut yang telah dimulai pada 2012, YG Entertainment mengungkapkan formasi akhir dan nama grup pada Rabu, 29 Juni 2016 (24 Ramadhan 1437 H). BLACKPINK debut pada tahun 2016 sebagai girl grup pertama dari YG Entertainment sejak tujuh tahun terakhir. Mereka debut dengan singel album Square One pada Senin, 8 Agustus 2016 (5 Dzulkaidah 1437 H)."Boombayah" diproduksi oleh Teddy Park dan ditulis bersama dengan Bekuh BOOM. Dan musik video disutradarai oleh Seo Hyun-seung. Lagu utama yang kedua, "Whistle", yang diproduksi oleh Teddy Park dan Future Bounce, dan ditulis oleh Teddy Park dan Bekuh BOOM.

Singel debut mereka menduduki peringkat pertama di tangga lagu Billboard World Digital Songs, yang ketiga setelah PSY dan BIGBANG. "Whistle" memuncaki tangga lagu digital, download, streaming dan mobile di Gaon Chart untuk bulan Agustus 2016. Mereka juga menduduki peringkat satu di chart musik video untuk kategori mingguan, popularitas, dan musik video, di situs streaming musik terbesar Tiongkok, QQ Music.Penampilan perdana mereka di program musik ditayangkan pada 14 Agustus 2016 (11 Dzulkaidah 1437 H) di SBS Inkigayo. Kemenangan mereka di Inkigayo (yang ditayangkan pada 21 Agustus 2016 / 18 Dzulkaidah 1437 H), memecahkan rekor untuk girl grup tercepat yang memenangkan program musik setelah debut (14 hari). BLACKPINK mengakhiri promosi untuk Square One pada Minggu, 11 September 2016 (9 Dzulhizah 1437 H) dengan kemenangan di Inkigayo.

BLACKPINK merilis singel album kedua Square Two dengan lagu utama "Playing with Fire" dan "Stay" pada Selasa, 1 November 2016 (1 Shafar 1438 H). Mereka menampilkan panggung comeback di SBS Inkigayo pada 6 November dan di Mnet M!'Countdown pada Kamis, 10 November 2016 (10 Shafar 1438 H)."Playing with Fire" adalah lagu kedua mereka yang menempati peringkat pertama di Billboards World Digital Songs Charts.

(Lihat di Wikipedia)

Blackpink meraih 90.708 votes atau 2.6% suara dan menduduki posisi ke-7. Group yang mempesona dengan kecantikan Rose dan Jisoo serta skill rap dari Jennie dan Lisa ini meraih popularitas yang tinggi akhir-akhir ini. Group ini dinilai sebagai group yang semua membernya memiliki bakat diatas rata-rata.

8. SHINee

Shinee (Hangul: 샤이니; Bahasa Jepang: シシャイニ; digayakan sebagai SHINee) adalah grup penyanyi pria asal Korea Selatan yang dibentuk oleh S.M. Entertainment pada tahun 2008. Grup ini awalnya terdiri dari lima anggota, yakni Onew, Jonghyun, Key, Minho dan Taemin. Pada akhir tahun 2017, Jonghyun meninggal dunia. Mereka resmi debut di program musik SBS Inkigayo pada Minggu, 25 Mei 2008 (20 Jummadil Awal 1429 H) dengan singel berjudul "Replay".

Sejak debut, Shinee telah merilis sembilan album studio (lima berbahasa Korea dan empat berbahasa Jepang), lima album mini, tiga album live dan beberapa singel Jepang serta remake bahasa Jepang dari lagu berbahasa Korea mereka. Grup ini juga telah meraih banyak penghargaan, menggelar empat tur konser dan membintangi acara realitas mereka sendiri. Shinee dianggap sebagai ikon fesyen setelah menciptakan gaya berbusana yang disebut "Tren Shinee", selain itu grup ini juga dikenal dengan gerakan tari mereka yang kompak dan rumit.


Mereka debut di Jepang pada Rabu, 22 Juni 2011 (20 Rajab 1432 H) dengan versi bahasa Jepang dari singel "Replay". Singel ini terjual lebih dari 100.000 kopi dan menjadi singel K-pop dengan penjualan tertinggi yang tercatat oleh Oricon pada saat itu. Album studio Jepang pertama mereka, The First, dirilis pada Rabu, 7 Desember 2011 (12 Muharram 1433 H) dan disusul oleh Boys Meet U (2013), I'm Your Boy (2014) dan D×D×D (2016).

(Lihat di Wikipedia)

Group dengan Onew sebagai leader ini meraih 73.229 votes atau 2.1% suara. Popularitas SHINee tidak diragukan lagi. SHINee juga memiliki fandom yang luar biasa setia, loyal dan adem ayem tanpa fanwar antar fandom.

9. DAY6



Day6 (Hangul: 데이식스, juga ditulis sebagai DAY6) adalah band rock Korea Selatan yang dibentuk oleh JYP Entertainment. Grup terdiri dari lima anggota: Sungjin, Jae, Young K, Wonpil, dan Dowoon. Mereka debut dengan merilis album mini pertama mereka, The Day pada Senin, 7 September 2015 (23 Dzulkaidah 1436 H).

Pada 2010, Young K aktif dengan nama Brian Kang sebagai bagian dari grup band beranggotakan tiga orang yang disebut Third Degree di Toronto, Kanada. Bersama dengan anggota lain, Terry He dan Don Lee, dia tampil di beberapa panggung lokal dan memiliki beberapa cover lagu di channel YouTube milik Terry He. Bersama dengan Don Lee, Young K kemudian dihubungi oleh JYP dan kemudian mengikuti audisi, dan akhirnya diterima sebagai trainee. Don Lee kemudian meninggalkan JYP untuk mengejar pendidikan medis.

Pada 2012, Jae menjadi kontestan musim pertama dari acara SBS K-pop Star. Meskipun dia mengakhiri perjalanan dengan menempati posisi keenam, dia kemudian menandatangani kontrak ekslusif dengan JYP Entertainment bersama dengan pemenang di musim itu, Park Ji-min, dan peringkat ketiga, Baek A-yeon.


JYP Entertainment kemudian mengumumkan grup beranggotakan lima orang yang disebut 5LIVE, terdiri dari Sungjin, Jae, Young K, Junhyeok, dan Wonpil. Grup memulai promosi mereka sebagai 5LIVE pada 2013, muncul pada episode keempat dari acara survival Mnet Who is Next: WIN danmerilis lagu berjudul "Lovely Girl" untuk OST Pretty Man Bagaimanapun, mereka tampaknya tidak menyukai nama ini karena banyak yang membandingkan mereka dengan band Amerika Serikat Maroon 5.

(Lihat di Wikipedia)

DAY6 yang debut pada 2015 lalu ini meraih 70.985 votes atau 2.0% suara. Group di bawah naungan JYP Entertainment ini cukup banyak dinominasikan di berbagai kategori dalam ajang penghargaan musik Korea Selatan.

10. Twice




Twice (Hangul: 트와이스; Teuwaisu), diformat menjadi TWICE, adalah grup musik K-pop mancanegara yang dibentuk oleh JYP Entertainment melalui acara realitas SIXTEEN pada tahun 2015. TWICE terdiri dari sembilan anggota: Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Jihyo, Mina, Dahyun, Chaeyoung, dan Tzuyu. Mereka debut pada Selasa, 20 Oktober 2015 (7 Muharram 1437 H), dengan album mini The Story Begins.

TWICE meraih ketenaran pada tahun 2016 dengan lagu "Cheer Up" yang menduduki peringkat 1 pada Gaon Digital Chart dan menjadi singel dengan penjualan terbaik di tahun yang sama. Lagu ini juga memenangkan gelar Song of the Year pada acara penghargaan musik utama seperti Melon Music Awards dan Mnet Asian Music Awards. Lagu yang lain, "TT" dari album mini ketiga mereka Twicecoaster: Lane 1, menduduki puncak tangga lagu selama empat minggu berturut-turut. Album ini merupakan album grup wanita dengan penjualan terbaik untuk tahun 2016, dan terjual sebanyak 350,852 kopi pada akhir tahun. Hanya dalam waktu 19 bulan setelah debut, TWICE telah menjual lebih dari 1.2 juta copy, melalui empat album mini dan satu album spesial.


TWICE secara resmi debut di Jepang pada Rabu, 28 Juni 2017 (4 Syawal 1438 H) , di bawah Warner Music Japan dengan perilisan album kompilasi perdana mereka berjudul #Twice. Album ini menduduki peringkat 2 pada Oricon Albums Chart, dan terjual sebanyak 136,157 kopi dalam 7 hari, membuat album ini menjadi album dengan penjualan minggu pertama terbanyak di Jepang di antara seluruh artis K-pop dalam dua tahun terakhir. Dalam waktu kurang dari dua bulan, album ini terjual sebanyak 260,000 kopi, dan meraih sertifikasi Platinum oleh Recording Industry Association of Japan (RIAJ).

(Lihat di Wikipedia)

Girlgroup dengan member yang semuanya berparas cantik ini meraih votes berjumlah 63.994 votes atau 1.8% suara. Twice juga bernaung di bawah JYP Entertainment. Wah perwakilan JYP Entertainment di survei ini cukup banyak yang masuk sepuluh besar ya. Sukses selalu.



Sumber : IDN TIMES

BONUS


Oh ia, Tahukah kamu ? Bahwa di akhir / selesai pertandingan Babak Final nanti, bahwa akan ada 2 Lagu K-Pop yang akan dinyanyikan / diputarkan di stadion piala dunia nanti. Berikut dibawah ini adalah penjelasannya.

Sumber : Hot-Detik.com




Akun Twitter resmi FIFA World Cup belum lama ini membuat voting untuk menentukan lagu dari musisi mana yang akan bergema di stadion final Piala Dunia 2018. Hasil voting pun akhirnya terungkap.

Hampir 3 juta vote diraih selama 24 jam voting digelar. Dan baru saja diumumkan, voting untuk EXO 'Power' sedikit lebih banyak dari BTS 'Fake Love'.

Hasil ini tentunya disambut meriah oleh EXO-L (fans EXO) yang ikut senang lagu idolanya bisa diputar di stadion final Piala Dunia 2018. Namun ternyata, voting tak hanya dilakukan di Twitter.

Dikonfirmasi oleh Twitter @AlexStone7, salah satu penanggung jawab media sosial FIFA World Cup, voting juga dilakukan di Instagram. Karena hasil yang serupa, lagu EXO dan BTS akan sama-sama diputar di stadion final Piala Dunia 2018.





so who are you playing since twitter automatically chooses a random one when it’s tied? there’s no way to see who really won? so which one are you playing?
Great news. We also ran a poll on Instagram. Fans of both groups are winners! Enjoy the rest of the day/evening.


"Kabar baik! Kami juga membuat voting di Instagram. Fans dari kedua grup adalah pemenangnya!" kicau Alex Stone.

Tweet tersebut pun mengakhiri persaingan antara dua fans grup. Banyak yang memberikan selamat pada fans EXO dan BTS yang telah sama-sama berhasil membuat lagu K-Pop bergema di final Piala Dunia.

"Selamat untuk kedua grup!" kicau salah satu fans.


Untuk lebih jelas dan lengkap seputar piala dunia, silahkan lihat di sini.

Sekian informasi seputar Artis K-Pop. Semoga bermanfaat :) 

Terima Kasih / Thank You / 고맙습니다 (Gomabseubnida),

Wassalammualaikum wr. wb.

Ads