Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fitur terbaru di Instagram! yaitu IGTV

Salam sejatera bagi anda! 

Tahukah kamu? Bahwa di Instagram ada fitur terbaru ? Yaitu IGTV (Televisi-nya buatan Instagram) atau bisa disebutnya sebagai Instagram TV atau InstaTV atau IGTV. Jadi, pihak dari Instagram baru saja memperkenalkan fitur terbarunya, yakni Instagram TV atau IGTV. Lewat fitur ini, berbagi video di Instagram yang tadinya hanya maksimal sepanjang satu menit bisa lebih lama, yakni sampai 10 menit. 




Logo InstaTV (IGTV)




Berikut, inilah penjelasannya terkait dengan IGTV.

BERITA (PENJELASAN)




Tidak hanya akan hadir dalam sebuah fitur, IGTV juga hadir dalam aplikasi tersendiri bernama IGTV yang dapat diunduh di iOS maupun Android. Mengutip laman The Verge, Kamis (21/6/2018 or 7/10/1439H), konten yang disajikan dalam IGTV berformat Vertikal (Portrait) .

Begitu masuk ke aplikasi tersebut, pengguna bisa memilih dan menyaksikan video dari pembuat konten favorit mereka yang sudah tayang di IGTV.


CEO Instagram Kevin Systrom mengatakan, aplikasi IGTV dirancang untuk memudahkan pengguna menemukan dan menonton video lewat smartphone mereka.



"Sebagian besar aplikasi video mengharuskan pengguna mencari atau menelusuri direktori, tidak seperti televisi yang memungkinkan pengguna menyalakan dan menontonnya. Nah, di IGTV, pengguna hanya perlu memutar video begitu mereka membukanya," kata Systrom.

Systrom juga menyebut, hal ini memungkinkan bagi IGTV menjadi tempat baru di Instagram untuk memasang iklan.


Tidak hanya itu, IGTV juga memungkinkan pembuat konten untuk mengunggah video mereka langsung ke Instagram. Menurutnya, kehadiran IGTV adalah untuk menyaingi YouTube.


Perlu diketahui, meskipun saat ini durasi berbagi konten di IGTV maksimal 10 menit, bagi pengguna tertentu seperti selebgram dan public figure bisa mengunggah konten hingga berjam-jam lamanya. Systrom berharap, nantinya semua pengguna bisa merasakan berbagi video dengan durasi tak terbatas.



Untuk sekarang, IGTV tidak akan memiliki iklan. Namun Systrom berkata kalau pengguna bisa memanfaatkan platform ini sebagai tempat yang pas untuk mempromosikan sesuatu.

Sumber (dikutip dari) : Liputan6.com


CARA MENGGUNAANNYA


Tentu saja kamu bisa mencari channel lain, cukup usap ke atas dan pilih salah satu dari "For You", "Following", "Popular", dan "Continue Watching", atau cari nama Channel yang kamu ketahui.

Bila tertarik, kamu hanya perlu update aplikasi Instagram.

Setelahnya, akan muncul sebuah ikon televisi di kanan atas halaman depan akun, tepatnya di samping ikon pesawat kertas.

Klik ikon tersebut, lalu buat channel milikmu sendiri bila ingin upload video. Kemudian, kamu harus merekam video terlebih dulu sebelum kamu upload ke channel.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa upload video-video yang kamu simpan di smartphone yang sudah kamu rekam sebelum memiliki IGTV.

IGTV tidak hanya akan hadir dalam sebuah fitur, tetapi juga aplikasi tersendiri bernama IGTV yang dapat diunduh di iOS maupun Play Store.

Pada aplikasi IGTV terdapat menu Settings yang berisi pengaturan Switch Accounts, Linked Account dan Log out.

Secara keseluruhan, tampilan IGTV terbilang sederhana.

CEO Instagram, Kevin Systrom mengatakan, aplikasi IGTV dirancang untuk memudahkan pengguna menemukan dan menonton video lewat smartphone mereka.

Sebagian besar aplikasi video mengharuskan pengguna mencari atau menelusuri direktori, tidak seperti televisi yang memungkinkan pengguna menyalakan dan menontonnya.

Nah, di IGTV, pengguna hanya perlu memutar video begitu mereka membukanya.

“Hal ini memungkinkan bagi IGTV menjadi tempat baru di Instagram untuk memasang iklan. Tidak hanya itu, IGTV juga memungkinkan pembuat konten untuk mengunggah video mereka langsung ke Instagram. Menurutnya, kehadiran IGTV adalah untuk menyaingi YouTube,” kata Systrom.

Perlu diketahui, meskipun saat ini durasi berbagi konten di IGTV maksimal 10 menit, bagi pengguna tertentu seperti selebgram dan public figure bisa mengunggah konten hingga berjam-jam lamanya.

Sekarang, IGTV tidak akan ada iklan, namun pengguna bisa memanfaatkannya sebagai sarana untuk mempromosikan sesuatu.

IGTV juga akan memperluas jangkauannya dalam beberapa pekan ke depan dan bisa diunduh di gawai berbasis Android dan iOS.

“Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi Instagram Help Center,” katanya. Atau juga bisa lihat ke sini.

GALERI

Dibawah ini galerinya.


1. Perbandingan


Sebelum ada IGTV
Sesudah ada IGTV

2. Tampilan







 
 


3. Langkah - langkah

 

 


 



Untuk lebih jelasnya, Instagram pun juga mempunyai berkas galeri-nya, silahkan lihat di sini.

Cukup sampai sini saja, semoga bermanfaat dan menghibur anda :)


Terima Kasih.

Ads