Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Misteri Malam Lailatul Qadar, Malam 1000 Bulan di 10 Hari Terakhir di Bulan Ramadhan

Assalammualaikum waromatulahi wabarokatuh.

Tidak terasakankah, sekarang sudah berada di akhir Bulan Ramadhan. Yaitu malam yang mulia dapipada malam 1000 Bulan (Sekitar 83 Tahun, 4 Bulan), yaitu Malam Lailatul Qadar. 


paling dinanti umat Islam di bulan Ramadhan.

Malam yang diliputi keberkahan ini diyakini lebih baik dari 1000 Bulan.

Beberapa riwayat menyebutkan bahwa malam Lailatul Qadar datang pada 10 Hari terakhir bulan Ramadhan, terutama Tanggal-tanggal Ganjil.


Namun, hanya Allah SWT yang tahu kapan datangnya, sehingga tidak ada satu manusia pun yang mengetahui kapan tepatnya.






Dalam beberapa riwayat disebutkan, tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar adalah matahari tidak bersinar terik pada siang harinya, udara tidak terlalu panas ataupun dingin, suasana malam sangat hening dan tenang, dan bahkan tidak ada anjing yang menggonggong ataupun binatang yang bersuara.



Allah Ta’ala berfirman,
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5)

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadr: 1-5).
Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat di sini.

Bila Anda merasakan tanda-tanda tersebut dan yakin bahwa itu adalah malam Lailatul Qadar, maka segeralah membaca doa berikut.




"Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni."

Artinya: Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, Engkau menyukai orang yang minta ampunan. Karenanya ampunilah aku.

Sedangkan Abu Ishaq al-Syirazi, dalam kitabnya At-Tanbih menuliskan tentang malam Lailatul sebagai berikut,

ويطلب ليلة القدر في جميع شهر رمضان وفي العشر الأخير أكثر وفي ليالي الوتر أكثر وأرجاها ليلة الحادي والعشرين والثالث والعشرين ويستحب أن يكون دعاؤه فيها اللهم انك عفو تحب العفو فاعف عني

Artinya, “Dianjurkan mencari Lailatul Qadar di setiap malam Ramadhan, terutama malam sepuluh akhir dan malam ganjil. Lailatul qadar paling sering diharapkan terjadi pada malam 21 dan 23. Saat malam lailatul qadar disunahkan membaca do’a, ‘Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni’ (Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, menyukai orang yang minta ampunan, ampunilah aku).”

Saat malam Lailatul Qadar, seorang muslim dianjurkan untuk banyak beribadah malam hari.

Namun karena kita tidak tahu kapan tepatnya malam Lailatul Qadar, maka kita dianjurkan untuk banyak beribadah di hari-hari terakhir bulan Ramadhan.


Source : TribunJogja.com

BONUS

Inilah keutamaan - keutamaan di malam Lailatul Qadar (Malam Lailatul Qadar adalah malam mulia yang nilainya lebih baik daripada 1.000 bulan (30.000x malam biasa)) :






 Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat di sini.


Ciri-ciri Orang yang Mendapat Malam Lailatul Qadar, yaitu :
Ciri-ciri dari orang yang mendapat Malam Lailatul Qadar adalah dia ibadahnya lebih rajin daripada sebelumnya. Dia jadi lebih rajin shalat, puasa, sedekah, dsb.
Tidak berani mengerjakan hal-hal yang maksiat. Tidak mungkin dia mabuk-mabukan, berjudi, atau pun berpacaran/mendekati zina.

Semoga kita bisa mendapatkan malam keberkahan yang mulia ini; Aamiin Ya Rabbal’aalamiin 
.
Waltafik hidaiyah,

Wassalammualaikum waromatulahi wabarokatuh.

Ads