Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Lengkap tentang Piala Dunia 2018

Assalammualaikum wr. wb.

Tidak terasa yah, Bulan Ramadhan sudah mau berakhir, sekarang sudah disambut dengan kedatangan baru yang hanya diadakan setiap 4 Tahun sekali, yaitu Piala Dunia 2018. Hoki-nya, Piala Dunia tahun ini dimulai pas bertepatan dengan Malam Takbiran karena besoknya sudah Lebaran Idul Fitri.

Memang begitu, Piala Dunia tahun ini tuan rumahnya adalah Negara Rusia. Turnamen empat tahunan ini adalah pesta olahraga terbesar di muka bumi yang bahkan menyedot pemirsa di televisi lebih banyak ketimbang Olimpiade.




Perhelatan kali ini akan menjadi edisi terakhir kejuaraan dalam format terkini. Pada tahun 2022, kompetisi akan mendarat di Asia dan pertama kalinya diadakan di luar musim panas akibat kekhawatiran akan iklim negara tuan rumah Qatar.


Sesudahnya, Piala Dunia akan menuntaskan ekspansi - langkah yang ditentang oleh banyak fans - menjadi 48 kontestan dan kemungkinan besar mentas di tiga negara untuk kali pertama, yaitu di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko pada tahun 2026.

Namun, untuk saat ini mari kita menatap serunya persaingan tim dan bintang-bintang top memperebutkan trofi termasyhur sejagat dalam event  terdekat di Rusia pada musim panas ini. Berikut segala sesuatu yang perlu Anda ketahui tentang Piala Dunia Rusia 2018.

Tapi sebelum itu, di Inzaghi's Blog, telah menyediakan Jadwal Piala Dunia 2018 yang akan berlangsung. Jika anda ingin lihat jadwalnya, silahkan lihat di sini. Dan juga FIFA.com juga mempunyai jadwal selama pertandingan berlangsung berserta lawannya (matches), lihat di sini. Bahkan Google pun juga memiliki jadwal yang serupa disertai juga dengan skornya, lihat di sini.

Yang dilansir dari Situs Goal(.com), berikut Panduan Lengkap Piala Dunia 2018.

PANDUAN

Kapan Piala Dunia dimulai ?



Laga pertama Piala Dunia akan melibatkan tuan rumah Rusia dan kick-off dilakukan pada Kamis, 14 Juni 2018 (29 Ramadhan 1439 H) , pukul 18:00 waktu setempat (22:00 WIB). Rusia membuka kompetisi dengan bertanding menghadapi Arab Saudi dalam partai pertama Grup A di Luzhniki Stadium, yang juga akan menjadi arena laga final.

Itu adalah satu-satunya pertandingan pada hari pembuka, tapi setelahnya akan ada tiga hingga empat laga per hari selama fase grup.

Turnamen berakhir pada Minggu, 15 Juli 2018 (2 Dzulkaidah 1439 H), dengan pementasan partai puncak dimulai pukul 18:00 di Moskwa (22:00 WIB).  Play-off  perebutan posisi ketiga berlangsung sehari sebelumnya, sementara dua laga semi-final dipanggungkan pada 10 dan 11 Juli.



Dinana Piala Dunia diadakan ?





Piala Dunia kali ini mentas di Rusia. Turnamen bakal digelar di 12 stadion di 11 kota yang semuanya terletak di dalam atau sedikit di luar kawasan Rusia Eropa untuk meminimalisasi waktu perjalanan.
Sepuluh dari 12 stadion merupakan  venue gres atau baru dibangun dalam lima tahun terakhir. Dua lainnya adalah Luzhniki Stadium di Moskwa dan Central Stadium di Yekaterinburg, tetapi kedua arena ini sama-sama telah direnovasi secara ekstensif untuk keperluan turnamen.
Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat di sini  atau  di sini.

MASKOT RESMI TURNAMEN PIALA DUNIA 2018




Untuk Piala Dunia 2018 di Rusia nanti, panitia penyelenggara sudah sejak 2016 lalu memperkenalkan Zabivaka (Bahasa Rusia : Ð—абива́ка atau Ð—абивака), sosok serigala berkacamata. Zabivaka sendiri punya arti “dia yang mencetak gol” dan merupakan maskot ke-14 Piala Dunia yang pernah dirilis.




Maskot ini mengambil bentuk serigala antropomorfik dengan bulu berwarna cokelat dan putih mengenakan kaos T-shirt bertuliskan "RUSSIA 2018" dan kacamata olahraga berwarna jingga. Kombinasi warna putih, biru dan merah pada kaos T-shirt dan celana pendek mewakili warna nasional dari tim Rusia. Perancang maskot ini adalah Ekaterina Bocharova, dan dipilih melalui pemungutan suara elektronik.

LAGU SOUNDTRACK RESMI PIALA DUNIA 2018

"Live It Up" is a song by Puerto Rican singer Nicky Jam featuring American rapper-actor-producer Will Smith and Kosovar singer Era Istrefi, for the upcoming The Official Album of the 2018 FIFA World Cup. It was chosen as the official song for the 2018 FIFA World Cup. The track is produced by Diplo, The Picard Brothers, and Free School, and was released on May 25th, 2018 (Ramadhan 9th, 1439 H).

Untuk mendengar lagunya, silahkan lihat video di bawah ini.


*Maaf bukan yang ini (ini cuma lirik-nya saja)



atau yang ini




*)Note : 

Penyanyi / Penulis Lagu : Michael McHenry, Marty James, Will Smith, Jean-Baptiste, dll (Selengkapnya lihat di Wikipedia)
Judul Lagu : Live It Up (Nicky Jam song)

SIMBOL - SIMBOL RESMI LAINNYA DI PIALA DUNIA 2018

Font Resmi : Dusha
Maskot Resmi : Zabivaka
Bola Resmi : Adidas Telstar 18
Lagu Resmi : Live It Up


Selengkapnya, anda bisa lihat di sini. Atau untuk melihat berita menarik lainnya, bisa melihatnya di sini.


Jika anda ingin melihat secara jelas, akurat terkait Jadwal Piala Dunia 2018, silahkan lihat di Inzaghi's Blog (Blog ini)Google, FIFA, TVPialaDunia.com, atau di Trans TV, Trans 7, RRI (Radio Republik Indonesia) dan Trans Media. Untuk melihat Live Brodcasting Piala Dunia 2018 di seluruh dunia, silahkan lihat di sini. Atau juga bisa lihat di sini.


Cukup sampai sini saja terkait tentang Piala Dunia. Semoga bermanfaat, dan menghibur anda. Terima Kasih :)

Wassalammualaikum wr. wb.

Ads