Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Panduan Lengap tentang Asian Para Games 2018

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hello guys ! Tidak nyangka yah sekarang tidak sampai dua hari lagi (maksudnya sudah tinggal Besok) sudah menyambut kedatangan baru dari para atlet - atlet dari belahan negara - negara di Benua Asia yang memiliki Penyandang Disabilitas (Difabel). Yaitu pesta olahraga paralimpik terbesar se-Asia, yaitu Asian Para Games 2018 (ada di Jakarta), yang akan diselenggarakan pada Tanggal 6 - 13 Oktober 2018 (26 Muharram - 4 Syafar 1440 H).





Namun, apa saja yang berkaitan tentang Asian Para Games, Berikut inilah penjelasannya.

PENDHULAN




Pesta Olahraga Difabel Asia 2018 atau Asian Para Games 2018, juga dikenal sebagai Pesta Olahraga Difabel Asia ke-3, sejajar dengan Pesta Olahraga Asia 2018, sebagai ajang olahraga untuk atlet Asia dengan disabilitas. Ajang olahraga ini akan diadakan di Jakarta, Indonesia.


Indonesia 2018 Asian Para Games (INAPG 2018) adalah acara multi-olahraga internasional pertama di Asia, yang melibatkan atlet dengan berbagai disabilitas, yang diadakan di Indonesia. Dalam melanjutkan warisan dan kesuksesan Asian Games pertama di Indonesia pada tahun 1962, kota Jakarta dipilih sebagai lokasi acara multi-event ini pada tahun 2018. Dengan semangat bahwa olahraga dapat menumbuhkan harapan baru, Pemerintah Republik Indonesia bersama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengambil tantangan untuk menyelenggarakan INAPG 2018 untuk melebihi keberhasilan acara sebelumnya.


PERIHAL




Sebagai langkah untuk mencapai tujuan ini, Panitia Penyelenggara Permainan Asia Indonesia (INAPGOC) dibentuk untuk mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi pelaksanaan INAPG 2018. Dengan menyelenggarakan acara ini, INAPGOC ingin secara aktif mempromosikan olahraga khusus bagi para atlet penyandang cacat untuk Warga negara Indonesia, sehingga ke depannya dukungan untuk olahraga ini akan terus meningkat. Selanjutnya, acara ini diharapkan sebagai langkah pertama untuk membuat peluang untuk bersaing hak untuk semua lapisan masyarakat.

PENENTUAN (DETERMINATION)


Melalui Indonesia 2018 Asian Para Games, diharapkan mampu mempromosikan penentuan para atlet dalam menghadapi semua tantangan baik secara fisik maupun mental dalam perjalanan mereka untuk menjadi yang terbaik.

KEBERANIAN (COURAGE)


Indonesia 2018 Asian Para Games juga mempromosikan tentang kepercayaan diri untuk dapat menghadapi tantangan dan menyelesaikan masalah.

PERSAMAAN / EQUALITY

Indonesia 2018 Asian Para Games juga diharapkan mampu mempromosikan kesetaraan dalam kehidupan sosial dengan mulai dari menghargai diri mereka sendiri dan orang lain sehingga mempromosikan Fair Play.

INSPIRASI (INSPIRATION)


Melalui Indonesia 2018 Asian Para Games, diharapkan keberhasilan dan aksi atlet dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi individu lain di seluruh Indonesia.

(Dikutip dari Situs Asian Para Games 2018 lalu ditrjemahkan melalui Google Translate.)


LOGO DAN MASKOT RESMI ASIAN PARA GAMES 2018


A.  LOGO

Logo Asian Para Games 2018 (Horizontal)
Logo Asian Para Games 2018 (Vertikal)
Konsep yang dibawa tahun ini adalah 'Harmoni', yang merupakan bentuk harmonis dan keseimbangan dalam lingkungan alam dan lingkungan kita dalam menjalani kehidupan. Logo berbentuk lingkaran mewakili harmoni / keseimbangan yang dibentuk oleh negara-negara yang terdiversifikasi di seluruh Asia, bersama-sama secara harmonis bersinar ke dunia sebagai 'The Energy of Asia'. Kumpulan potongan membentuk lingkaran mewakili siluet Stadion Gelora Bung Karno dari atas. Gelora Bung Karno akan menjadi tempat utama Asian Games 2018 Silhouette seorang pria yang bergerak di pusat lingkaran melambangkan bentuk gerakan 'The Energy of Asia', pergerakan atlet Asian Para Games 2018 meraih kemenangan. 3 kurva dalam 3 warna di sekeliling siluet pria berfungsi sebagai negara-negara Asia yang terdiversifikasi yang bergerak bersama sebagai satu kesatuan dalam harmoni untuk pencapaian bersama.

Biru : Menggambarkan Langit
Orange : Menggambarkan Matahari
Hijau : Menggambarkan Alam
Ungu : Menggambarkan Kedekatan / Keakraban
Merah : Menggambarkan Spiritual

Langit, Matahari dan Alam adalah tiga elemen dasar dalam filsafat Kehidupan di Asia, di mana kebersamaan adalah salah satu faktor terpenting dalam cara hidup juga. Warna ungu yang mewakili kebijaksanaan, kesetiaan dan kebanggaan adalah semangat solidaritas.


B.  MASKOT



Maskot Resmi Asian Para Games 2018
Momo, Si Maskot Asian Para Gams 2018 (dengan Huruf Latin)
Momo, Si Maskot Asian Para Gams 2018 (dengan Huruf Cyrillic)


MOMO (MOtivasi dan MObilitas) adalah maskot resmi Asian Para Games 2018. Maskot ini adalah Visualisasi Grafis Bondol Eagle (Haliastur Indus). Elang hanya hidup di pulau 1000s (Pulau Seribu) dengan warna putih terang yang mudah dikenali dari kepala ke dada, sementara bagian lain tubuhnya berwarna coklat gelap. Karena itu populasi kecil, elang Bondol dikategorikan sebagai spesies yang terancam punah oleh PBB.

Momo, si Burung yang memiliki Kaki Palsu di sebelah Kiri-nya

(Dikutip dari Situs Asian Para Games 2018, lalu diterjemahkan melalui Google Translate.) 

LAGU RESMI ASIAN PARA GAMES 2018

Berikut lagu-lagu yang akan dibawakan oleh penyanyi-penyanyi tersebut.


1. Song of Victory (Official Song of Asian Para Games 2018)


2. Dream of High (Sheryl and Claudia)


3. Sang Juara (Naura dan Zizi)



4. I Wanna Dance (Ayesha ft. Tompi)



5. Kita Semua Sama



6. Manusia Kuat (Tulus)


(Komplkasi / Rangkuman dari semua lagu Resmi Asian Para Games 2018)



BERITA MENARIK LAINNYA TENTANG ASIAN PARA GAMES 2018

Berikut, inilah berita menarik lainnya yang berkaitan dengan Asian Para Games 2018.

1. Larangan memakai Jilbab / Kerudung di Cabang Olahraga Bela Diri Judo (CNN Indonesia)

2. Dongkrak pertumbuhan Ekonomi di Jakarta selama Asian Para Games 2018 (Liputan6.com)

3. 5 Fakta Menarik seputar Asian Para Games 2018 (CNN Indonesia)


SOCIAL MEDIA ASIAN PARA GAMES 2018

Berikut, inilah Akun Resmi Media Sosial Asian Para Games 2018.


1. Facebook / FB (Asian Para Games 2018)

2. Twitter / TWT (@asianpg2018)

3. Instagram / IG (@asianpg2018)

4. Youtube Channel (Asian Para Games 2018)

Cukup sampai disini ya ! Oh ia, aku juga punya Jadwal Pertandingan Asian Para Games 2018, yaitu : Jadwal Lengkap Asian Para Games 2018 di Inzaghi's Blog, dan juga buka di Situs Asian Para Games 2018 di sini atau di sini

Terima Kasih / Thank You

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Ads