Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Negara-negara dengan Durasi Puasa Tercepat dan Terlama di Dunia

Assalammu'alaikum wr. wb.

Tidak terasa yah, Bulan Ramadhan sudah mau berakhir, tinggal beberapa hari lagi menunggu Hari Lebaran Idul Fitri. Kali ini saya akan membahas tentang Negara-negara dengan Durasi Puasa Tercepat dan Terlama di Dunia.

Sumber : Tagar.id


Memang pasti di setiap belahan negara apapun di belahan bumi ini memiliki waktu yang berbeda-beda, baik itu Jadwal Shalat maupun Jadwal Puasa. Mulai dari Negara dengan Waktu Puasa Tercepat hingga Terlama di Dunia. 

PUASA TERCEPAT / TERSINGKAT


Berikut, inilah Negara-negara dengan Waktu Puasa Tercepat / Tersingkat. Negara kita juga masuk di dalam daftarnya.

1. Antartika 


Pernah terbayang harus puasa di Antartika? Benua yang terletak di paling selatan ini memiliki waktu puasa tercepat di dunia. Umat Muslim yang berpuasa di Antartika berpuasa selama kurang lebih 8 Jam 18 Menit. Waktu Imsaknya pun lebih enak karena baru Imsak Pukul 06.30 Pagi dan Berbuka Puasa pada Pukul 15.48, walaupun sebentar puasa di Antartika pasti sangat sulit karena harus melawan dingin.

2. Chili 


Chili yang terletak di Amerika Serikat ini tercatat sebagai negara dengan waktu Puasa Tercepat di dunia. Umat muslim di Chili melakukan puasa sejak Pukul 05.31 dan Berbuka Puasa Pukul 15.00, jika dihitung-hitung mereka hanya berpuasa selama kurang lebih 9 Jam. Walaupun sebentar umat muslim di sana harus berpuasa di udara kering dan cuaca dingin. Belum lagi di sana penduduknya kebanyakan Non Muslim, jadi yang Beragama Islam hanya sedikit / minoritas saja.

3. Argentina 


Populasi Muslim di Argentina ini memang termasuk sedikit hanya sekitar 1,9% saja. Walaupun begitu suasana Ramadhan tetap bisa kamu rasakan di negara ini. Penduduk Argentina yang beragama Islam di sini juga berpuasa dalam waktu yang relatif singkat, yakni hanya 9 Jam 37 Menit.

4. Afrika Selatan 


Afrika Selatan juga memiliki waktu puasa yang pendek nan singkat jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia. Puasa hanya dilakukan selama 10 Jam 30 Menit saja, tapi tentu puasa di negara ini juga banyak cobaannya. Salah satunya karena cuacanya yang sangat panas.

5. Brasil




Brasil juga menjalani puasa dalam waktu yang cepat, durasi puasa di Brasil hanya sekitar 11 Jam saja. Sama seperti Muslim di negara lain Brasil juga punya tradisi tersendiri selama Bulan Ramadhan. Tetapi Agama Islam di Brasil juga menjadi Minoritas, sehingga mempunyai tangtangannya sendiri kaarena banyak yang Non Muslim.

6. Australia Barat



Benua Australia yang tidak begitu jauh dari Indonesia juga punya waktu puasa yang lebih cepat. Terutama di wilayah Australia Barat salah satunya Perth. Di sini durasi puasa hanya sekitar 11 Jam 59 Menit saja. Waktu Imsaknya pun lebih siang dibandingkan Indoneisa yaitu Pukul 05.42 sedangkan waktu Berbukanya mirip dengan di Indonesia yaitu 17.41 Sore.


7. Malaysia 


Malaysia, negara tetangga juga memiliki waktu puasa yang lumayan pendek. Tak beda jauh dengan Indonesia dan Singapura, Malaysia menjalankan puasa selama 12 Jam. Tapi Waktu Imsak di sana lebih lama dibandingkan Indonesia, Imsak di Malaysia biasanya dilakukan pukul 05.30 dan Maghrib sekitar Pukul 19.30.

[BONUS]. Indonesia



Kita yang berpuasa di Indonesia juga harus bersyukur nih karena waktu puasa yang terbilang singkat. Umat Muslim yang berpuasa hanya melakukan puasa selama 12-13 Jam saja. Selain itu cuaca di Indonesia juga cukup bersahabat tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Makanya, kita harus mencintai dengan negara kita sendiri.

8. Meksiko



Meksiko juga memiliki durasi puasa yang tidak terlalu berbeda jauh dengan Indonesia. Umat muslim di sini melakukan puasa wajib sekitar 13 Jam 20 Menit saja. Walaupun Umat Muslim di Meksiko termasuk minoritas tapi suasana di Bulan Puasa bisa dirasakan di beberapa daerah.

9. Maroko




Negara yang terkenal akan keindahaan kota dan alamnya juga menjalani puasa yang masih terbilang cepat. Umat Muslim di Maroko berpuasa selama 14 Jam dan memulai puasa sejak Pukul 03.40 Pagi waktu setempat.

10. Arab Saudi



Kalau dilihat secara keseluruhan Umat Muslim yang tinggal di Arab melakukan puasa 15 Jam 10 Menit. Dua (2) kota yang puasanya paling pendek adalah di Dammam selama 15 Jam 18 Menit dan Riyadh selama 15 Jam 8 Menit.


Nah 10 Negara inilah yang tercatat punya waktu puasa paling singkat. Walaupun termasuk singkat bukan berarti lebih enak ya karena beberapa negara puasa dengan waktu tercepat ini berada di cuaca yang ekstrim lho.

PUASA TERLAMA / TERPANJANG




Beruntunglah kalian para Umat Muslim yang tinggal di Indonesia karena hanya perlu menjalani puasa dalam waktu kurang dari 14 Jam untuk puasa penuh dalam sehari. Namun, pasalnya, di berbagai negara di bawah ini perlu menghabiskan waktu lebih dari 15 Jam untuk berpuasa penuh dalam sehari. Kebayang kan bagaimana perjuangan hebat para muslim di luar sana?

Berikut, inilah Negara-negara dengan Waktu Puasa Terlama / Terpanjang. Bahkan ada yang hampir 24 Jam Berpuasa seharian penuh.

1. Turki




Turki juga menjadi negara terlama puasa selanjutnya. Sama halnya dengan Kanada yang Sahur pada Pukul 3 Pagi dan Berbuka pada Pukul 9 Malam (kurang lebih sekitar 18 Jam Berpuasa), di Turki pun juga begitu pula. Tapi bedanya, mayoritas masyarakat Turki beragama Islam, jadi kamu tidak merasa terlalu berat karena sebagian besar masyarakat Turki juga berpuasa.

2. Kanada



Sahur di Kanada dimulai Pukul 3 Pagi, tak jauh berbeda dari Indonesia. Namun bedanya, di Alaska, Puasa Berakhir 18 Jam kemudian. Nah, buat kamu umat Muslim yang ada rencana untuk pindah ke Kanada untuk melanjutkan Studi di sana, lebih baik berlabuh di Toronto karena ada banyak umat Muslim di sana, jadi kamu tidak merasa berat menjalani puasa sendirian dan dalam waktu yang lama.

3. Jerman



Negara-negara di Eropa memang merupakan negara dengan puasa terlama di dunia, salah satunya Jerman. Sama seperti di Indonesia, puasa dimulai sekitar Pukul 4 Pagi. Tapi bedanya, waktu berbuka di Indonesia sekitar Pukul 6 Sore, sedangkan waktu berbuka di Jerman adalah Pukul 10 Malam (kurang lebih sekitar 18 Jam Berpuasa).

4. Inggris



Selain Jerman dan Belanda, Inggris juga merupakan negara dengan puasa paling lama. Meskipun jauh lebih cepat dibandingkan Islandia dan Finlandia, namun waktu puasa di Inggris dalam Satu (1) Hari pun hampir 19 Jam.

5. Alaska



Alaska memang memiliki Waktu Puasa Terpanjang juga, namun sebaliknya, ia juga merupakan salah satu negara dengan Waktu Puasa Tersingkat. Pada saat musim panas, Warga Muslim harus menjalani puasa dalam Waktu 20 Jam sehari, sedangkan kabarnya, pada musim dingin, puasa di sana hanya perlu dijalankan 5 Jam sehari.

6. Swedia 



Warga muslim di Swedia juga memiliki tantangan yang sama dalam menjalani waktu puasa selama 1 Hari penuh. Swedia merupakan salah satu negara dengan Waktu Puasa Terlama, yaitu hampir 20 Jam. Terlebih lagi, umat Muslim di Swedia hanya berjumlah 5% dari total populasi. Hebat ya mereka yang tahan berpuasa penuh selama Satu (1) Hari !

7. Islandia




Islandia memang terkenal dengan Auroranya yang indah dan juga negara dinginnya. Tapi, di luar itu, tau tidak sih ternyata Islandia itu adalah negara dengan waktu puasa terlama? Ternyata di Islandia waktu berpuasanya bisa mencapai 22 Jam. Makanya jika kalian ingin pergi liburan ke negara ini, lebih baik tidak di Bulan Puasa.

8. Finlandia



Finlandia merupakan salah satu negara dengan Puasa Terlama di Dunia. Di Finlandia, puasa dimulai dari Pukul 1 Malam (01.00) dengan waktu Berbuka Puasa Pukul 12 Malam lagi. Kalau dihitung-hintung, puasa di Finlandia bisa sekitar 23 Jam 5 Menit. Pasalnya, sepanjang Tahun 2016 yang lalu, Matahari Tenggelam di Finlandia hanya selama 55 Menit ! Terbayang tidak bagaimana sulitnya mengalami puasa terlama di dunia ini?


Dikutip sebagian dari Situs : Shopback Blog


Itulah beberapa negara dengan Waktu Puasa Tercepat dan Terlama di Belahan Dunia. Kita harus bersyukur di negara kita tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lama dan cuacanya cukup bersahabat. Atau juga bisa membaca artikel yang serupa lainnya di sini.


Wassalammu'alaikum wr. wb.

Ads