Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Ignaz Semmelweis, Dokter Pelopor Cuci Tangan yang ada di Google Doodle Hari Ini

Assalammu‘alaikum Wr. Wb.

Hello guys! Hari ini Google Doodle mengajarkan kita bahwa Mencuci Tangan itu sangat Penting. Dokter Pelopor Antiseptik Pertama yaitu bernama Ignaz Semmelweis telah mengajarkan kita bahwa mencuci tangan itu sangatlah penting.


Google Doodle Ignaz Semmelweis, Dokter Pelopor Antiseptik untuk Mencuci Tangan



Seperti diketahui, saat ini Cuci Tangan dikatakan sangat ampuh menjaga tubuh agar tak terinfeksi Virus.


Dalam keterangannya, sosok tersebut ialah dokter Hongaria Dr. Ignaz Semmelweis, yang secara luas dikaitkan sebagai orang pertama yang menemukan manfaat Medis dari mencuci tangan.

Siapa Ignaz Semmelweis?

Foto Ignaz Semmelweis

Disalin dari Laman Wikipedia, Ignaz Semmelweis atau Ignaz Philipp Semmelweis adalah adalah seorang Dokter asal Hongaria keturunan Jerman. Ia dikenal sebagai Pelopor Prosedur Antiseptik. 

Sosok in telah dijuluki sebagai "Penyelamat Ibu-ibu" karena ia telah menemukan bahwa kemungkinan terjadinya Demam Puerperal dapat dikurangi secara drastis dengan melakukan disinfeksi tangan di Klinik Obstetri. Demam puerperal sering terjadi di rumah sakit pada pertengahan Abad ke-19 dan seringkali berakibat fatal.

Ignaz Semmelweis mengusulkan agar Dokter Mencuci Tangan dengan Larutan Kapur yang Terklorinasi.

Usulan ini dikemukakan pada Tahun 1847 saat ia bekerja di Klinik Obstetri Pertama Rumah Sakit Umum Wina karena di situ Tingkat Kematian di Bangsal dokter 3 (Tiga) Kali lebih Tinggi daripada Tingkat Kematian di Bangsal Bidan.

Ia menulis sebuah buku mengenai penemuannya yang berjudul Die Ätiologie, der Begriff und die Prophylaxe des Kindbettfiebers (Etiologi, Konsep dan Profilaksis Demam Puerperal). Walaupun telah menerbitkan hasil yang menunjukkan bahwa disinfeksi tangan mengurangi tingkat kematian hingga di bawah 1 Persen (1%), pengamatan Ignaz Semmelweis bertentangan dengan pendapat medis yang diterima pada saat itu, sehingga Komunitas Kedokteran menolak gagasan ini.

[Jika ingin melanjutkan Membaca Artikel ini, sliahkan lihat di sini]



Setelah penyelidikan menyeluruh, ia menyimpulkan bahwa para Dokter mengirimkan materi Infeksius dari Operasi sebelumnya dan Autopsi kepada Ibu yang rentan melalui tangan mereka. Dia segera melembagakan persyaratan bahwa semua staf medis Mencuci Tangan di Sela-sela Pemeriksaan Pasien, dan sebagai hasilnya, Tingkat Infeksi di bagiannya mulai menurun.

Sayangnya, banyak rekan Semmelweis yang awalnya memandang idenya dengan Skeptis. Beberapa dekade kemudian, rekomendasi higienisnya divalidasi oleh penerimaan luas "Teori Penyakit".


Saat ini, Semmelweis secara luas diingat sebagai "Bapak Pengendalian Infeksi," yang dipercaya merevolusi bukan hanya kebidanan, tetapi bidang medis itu sendiri, memberi tahu Generasi di luar kemampuannya sendiri bahwa Mencuci Tangan adalah salah satu cara paling Efektif untuk Mencegah dari Penyebaran Penyakit.

Sumber Artikel : Makassar.Tribunnews.com

Google Doodle memberi Contoh Mencuci Tangan


Usai menulis keterangan tentang Ignaz Semmelweis, Google Doodle juga mencantumkan Animasi Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar.

"Seiring dengan COVID-19 terus memengaruhi Komunitas di seluruh Dunia, kami mengambil tindakan untuk membantu orang menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Katakan, "Hai Google, bantu saya Mencuci Tangan" ke Layar Cerdas, Pengeras Suara, atau Ponsel Anda (Android dan iOS) di AS, dan Asisten Google akan menyanyikan Lagu untuk Kerangka Waktu Cuci Tangan yang direkomendasikan oleh WHO," Dikutip dari Google Doodle.

Google menjelaskan soal kenapa doodle seperti ini dimunculkan pada Hari ini. Ini terkait dengan Pencegahan dari Penularan Virus Corona.

"Doodle pada hari ini mengikuti anjuran resmi tentang Cara Mencuci Tangan dengan Benar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pelajari lebih lanjut tips Mencuci Tangan di sini, atau lihat Video di Bawah ini : 




Atau juga dari Google Doodle :



Mencuci Tangan sangatlah penting, karena untuk menjaga Kesehatan dan Kebersihan dan agar terhindar dari Bakteri ataupun Virus. Apalagi dengan kondisi saat ini yaitu sedang mewabahnya Virus Corona (COVID-19) yang sudah merugikan bagi semua Negara di Seluruh Dunia, termasuk di Indonesia. Dan saat ini Harga Hand Sanitizer juga melambung naik karena adanya Wabah Pandemi COVID-19 ini. Jadi bisa mencuci tangan dengan menggunakan Sabun Tangan, Sabun Mandi, ataupun Sabun Cuci Piring untuk menjaga Kebersihan.


Terima Kasih 😀 :)


Wassalammu‘alaikum Wr. Wb.

Ads