Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara memindahkan (Backup) Data-data Laptop / Komputer dengan Software Aplikasi Lenovo Migration Assistant

Assalammu‘alaikum Wr. Wb.

Halo gaes! Apakah kalian bingung bagaimana cara memindahkan Data-data (Seperti Dokumen, File, Folder, Foto, Video, dll) dari Laptop yang Lama menuju ke Laptop yang Baru? Kali ini saya akan menjelaskan tentang Tutorial-nya.



Aplikasi Software ini berasal dari salah satu Perusahaan Komputer dan Laptop yang bernama Lenovo. Software ini dapat untuk memindahkan semua data-data dari Laptop Anda yang lama ke Laptop yang baru. Sebenarnya Software ini memang dikhususkan bagi Laptop yang bermerek Lenovo, akan tetapi bagi Laptop Anda yang bukan Lenovo (seperti Asus, Acer, HP, dan lain-lain) juga bisa untuk diinstal / didownload.

Oke untuk Laptop saya yang Lama kita pakai Laptop yang Windows 7 (Lenovo G410), sedangkan Laptop yang baru pakai Windows 10 (Lenovo IdeaPad Slim 5i). Berikut, inilah Cara memindahkan / Backup Data Laptop dengan menggunakan Aplikasi Software ini.

MEMULAI

1. Download Software


Pertama, Buka terlebih dahulu Situs Resmi dari Lenovo di sini (Lenovo Migrant Assistant). Lalu klik di bagian Download yang di sebeilah Kanan. Pililah sesuai dengan Laptop Anda cocoknya yang mana. Kita pilih saja yang di bagian "lma2139.exe" yang di bagian Atas.

Setelah di Download, silahkan klik di bagian Bawah lalu muncul Popup dari Windows (Open File). Jika ditanya "Do you want to run this File?" klik saja di Tombol "Run" dan jika ada peringatan dari Windows, klik saja di Tombol "Yes".

2. Muncul Setup


Jika muncul Popup seperti ini, jalankanlah dengan saksama. Pertama kita klik di bagian "I accept the aggreement" lalu klik di Tombol "Next >" lalu pililh lagi Penyimpanan-nya dengan cara klik di Tombol "Browse", jika tidak ada klik lagi di Tombol "Next >".


Lalu selanjutnya klik saja Tombol "Next >" seterusnya sampai di bagian akhir klik di Tombol "Instal". Lalu tunggulah beberapa Detik sampai dia sudah selesai menginstal.


Setelah sudah selesai, klik di Tombol "Finish". Setelah itu sudah selesai, otomatis langsung terbuka dengan Aplikasi Software yang telah kita buka.


3. Welcome to Lenovo Migration Assistant


Selanjutnya jika sudah muncul Sofware-nya, silahkan klik di Tombol "Start" lalu;

4. How do you want to migrate your Data?


Lalu di situ ada 2 Pilihan yaitu "WI-FI" dan "USB". Sebaiknya kita sarankan untuk memilih WI-FI saja karena kalau memakai USB terlalu lama, klik di bagian "WI-FI" lalu klik di Tombol "Next ". Ikutilah langkah-langkah selanjutnya.


BACKUP

A. Sebagai Laptop / Komputer Lama (Old Computer)

1. Select which Computer you are currently on


Sebagai Laptop / Komputer Lama, Selanjutnya kita klik di bagian "Old Computer" lalu klik di Tombol "Next ".

2. Masukkan Kode PIN


Sebagai Laptop Lama, Selanjutnya biarkan saja Kode PIN-nya untuk melihat dan menghubungkan ke Laptop Baru.

3. Sambil menunggu Hasil Backup (Transfering)


Setelah itu, di Laptop Lama akan muncul "We are transfering your Data", tunggu saja sembari urusi di Laptop Baru sampai berubah menjadi "Migration Completed".

4. Migration Completed


Jika di Komputer / Laptop yang Baru sudah selesai dipindahkan Data-datanya, silahkan klik saja di Tombol "Cancel" lalu muncul sebuah Pertanyaan "Your Computer is connected to the New Computer. Do you want to disconnect from it and go back?", klik saja di Tombol "Yes". Otomatis akan keluar lagi ke bagian pertama dari Pilihan "Komputer Lama" dan "Komputer Baru". 

Setelah itu klik saja di Tombol Silang (×) yang ada di sebelah kanan atas. Setelah itu muncul Pertanyaan "Are you sure you want to Exit Lenovo Migration Assistant?" klik saja di Tombol "Yes". Otomatis Anda akan keluar dari Aplikasi Software Lenovo Migration Assistant.


B. Sebagai Laptop / Komputer Baru (New Computer)

1. Select which Computer you are currently on


Sebagai Laptop / Komputer Baru, Selanjutnya kita klik di bagian "New Computer" lalu klik di Tombol "Next ".

2. Masukkan Kode PIN


Sebagai Laptop Baru, Selanjutnya Ketik Kode PIN yang telah sesuai dengan Kode PIN yang ada di Laptop Lama. Setelah itu tunggulah beberapa detik untuk menghubung.

3. Pilih File / Folder (Select Items you want to Migrate)


Selanjutnya, pilihlah File / Folder yang Anda pilih untuk dipindahkan / Backup dari Laptop / Komputer Lama, misalkan File yang berbentuk seperrti Dokumen, Foto, Video, Audio, Aplikasi / Software, ataupun Folder yang akan kita pindahkan. Memang untuk pertama kalinya agak sedikit lama untuk menunggunya hingga dia sudah dapat dipiih File / Folder karena dia harus Loading terlebih dahulu sesuai dengan Jumlah Kapasitas dari Komputer / Laptop Lama. (Untuk memilih File / Folder yang akan kalian pilih, silahkan klik terlebih dahulu di bagian Tombol Panah yang ada di sebelah kanan atas.)

Atau juga bisa di Back up sampai satu Penyimpanan penuh (Hard Drive) seperti Local Disc C, Data D, Media E, ataupun yang lain-lain. Cuma resikonya adalah harus menunggu lama dan memakan waktu yang banyak, biasanya untuk Hard Drive yang bisa menampung hingga Ratusan Giga Bites (GB) butuh waktu hingga berjam-jam. Akan tetapi jika kita ingin memindahkan File / Folder yang kurang dari 4 - 5 GB, mungkin hanya membutuhkan Waktu hingga bermenit-menit. Tergantung dari keinginan Anda.

4. Sambil menunggu Proses Backup (Transfering)


Setelah kita sudah memilih File / Folder, selanjutnya akan otomatis ter-back up dan biasanya membutuhkan waktu yang sedikit lama untuk menunggunya tergantung dari File / Folder yang Anda pilih sesuai dengan Jumlah Kapasitas yang telah tertulis.

5. Migration Completed


Setelah sudah selesai ter-back up semua File Folder yang kalian pilih, sekanjutnya klik di Tombol "Complete". Atau jika ingin memindahkan lagi, silahkan klik di Tombol "Migrate more" lalu pilih lagi di Tombol "Back", Otomatis akan kembali lagi ke bagian "Select which Computer you are currently on lalu pilih lagi File / Folder yang Anda mau.

6. Selesai Bacup Data (Thank you for using Lenovo Migration Assistant)


Jika sudah selesai Backup Data, biasanya akan muntul Tulisan "Thank you for using Lenovo Migration Assistant". Dan akan muncul 2 Bagian yaitu "Dropbox" dan "Feedback". Jika kalian punya Akun di Dropbox, silahkan klik di Tombol "Sync Files from your Dropbox Drive", tapi jika ingin memberi Masukan, silahkan klik di Tombol "Feedback". 

Jika ingin memindahkan lagi, silahkan klik di Tombol "Back" sebanyak 2 Kali, lalu pilih lagi File / Folder yang Anda mau. Lalu jika ingin mengakhiri dari Backup ini, silahkan klik saja di Tombol Silang (×).  Setelah itu klik saja di Tombol Silang (×) yang ada di sebelah kanan atas. Setelah itu muncul Pertanyaan "Are you sure you want to Exit Lenovo Migration Assistant?" klik saja di Tombol "Yes". Otomatis Anda akan keluar dari Aplikasi Software Lenovo Migration Assistant. Dan Selesai, Anda telah memindahkan / Back up semua Data-data yang telah Anda pilih kel Laptop / Komputer Baru.


VIDEO TUTORIAL

Untuk melihat lagi Tutorial lainnya (Perangkat lainnya) yang serupa dengan Topik ini dari YouTube, saksikan Video di bawah ini :




Itulah Tutorial cara memindahkan Data-data Laptop dengan Software Lenovo Assistant. Mohon maaf apabila ada kesalahan apapun. Dan sebenarya jika Laptop baru Anda mempunyai merek Apple (iMac), Anda dapat menggunakan Software lainnya dari MacOS yaitu "CleanMyMac" yang bisa kalian Dowload di sini.

Terima Kasih, dan Semoga Bermanfaat :)

Wassalammu‘alaikum Wr. Wb. 

Ads