Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

(Selamat Hari Santri Nasional 2020!) Kemenag Sebarkan Surat Edaran Peraturan Upacara Bendera Hari Santri Nasional 2020 (+ Link Download Logo Hari Santri 2020 dan Panduan Memperingatinya)

Assalammu‘alaikum warramatullahi wabarakatuh.

Sebelum itu marilah kita berpuji syukur kepada Allah SWT dan menjunjung tinggi kepada Nabi besar Muhammad SAW.

Halo gaes! Tahukah kamu bahwa hari ini hari apa ? Hari ini adalah Hari Santri Nasional yang bertepatan dengan Kamis, 22 Oktober 2020 / 5 Rabi'ul Awal 1442 H. 



BERITA


Setiap tahun para santri dari berbagai kalangan melakukan Tradisi Upacara Bendera di Lapangan Kota. Kementerian Agama (Kemenag) telah mengeluarkan Surat Edaran atau SE No. 45 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Santri 2020.

Namun tahun ini tidak akan semeriah dan sesempurna yang di harapkan karena adanya Pandemi COVID-19.

Dikutip Inzaghi's Blog dari Kemenag.co.id, isi surat edaran Nomor 45 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Upacara Bendera Hari Santri 2020

  1. Upacara peringatan Hari Santri dilaksanakan secara serentak pada Tanggal 22 Oktober 2020 dengan tema "Santri Sehat Indonesia Kuat" sebagaimana tema peringatan Hari Santri 2020.
  2. Upacara peringatan Hari Santri 2020 pada lingkungan Kementerian Agama dilaksanakan terpusat di halaman kantor Kementerian Agama.
  3. Peserta upacara menggunakan sarung, atasan putih, berpeci hitam bagi laki-laki, sementara untuk perempuan dapat menyelesaikan.
  4. Kepala kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi dan kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota agar menginformasikan kepada pimpinan pesantren di wilayah saudara untuk pelaksanaan Upacara Bendera peringatan Hariari Santri 2020.
  5. Mempublikasikan pelaksanaan Upacara Bendera peringatan Hari Santri 2020 di media sosial atau media lainnya.
  6. Upacara Bendera peringatan Hari Santri 2020 dilaksanakan dengan Protokol Kesehatan dalam rangka Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

LINK DOWNLOAD

Dikutip dari : Tirto.id
[Artikel lainnya yang serupa : Galamedia - Pikiran Rakyat]

Tahun ini peringatan Hari Santri Nasional dalam suasana pandemi. Oleh sebab itu, tema peringatan Hari Santri Nasional tahun ini adalah "Santri Sehat Indonesia Kuat".

Anda bisa mengunduh atau men-download Logo dan Panduan Penyelenggaraan Hari Santri Tahun 2020 versi Kementrian Agama RI, Berikut ini unggahannya :

Rangkaian kegiatan untuk menyemarakkan Peringatan Hari Santri 2020 di tengah pandemi COVID-19, dapat berupa : 
  • Upacara Bendera Peringatan Hari Santri 2020 yang dilaksanakan secara serentak pada tanggal 22 Oktober 2020. 
  • Dzikir, doa, salawat dan tausiah untuk mendoakan santri, masyarakat Indonesia dan dunia agar diberikan kesehatan dan kekuatan di masa Pandemi COVID-19. 
  • Sosialisasi melalui Website, Media Sosial, Spanduk / Baliho / Standing Banner dengan menyertakan Tema dan Logo Peringatan Hari Santri 2020. 

Seluruh pelaksanaan Peringatan Hari Santri 2020 disesuaikan dengan kemampuan masing-masing, mengedepankan prinsipprinsip kesederhanaan dan kekhidmatan, dengan tetap berpedoman pada Protokol Kesehatan dalam rangka Pengendalian dan Pencegahan COVID-19.

Untuk melihat Postingan Artikel terdahulu di Blog ini, silahkan lihat di sini.


Cukup sampai sini saja, Semoga para Santri dan Ulama di Indonesia ini lebih baik dan lebih banyak beribadah kepada Allah SWT apalagi dalam keadaan saat ini sedang dilanda cobaan yaitu adanya Pandemi COVID-19.


Wabillahit-tafik wal-hidaiyah,

Wassalammu‘alaikum warramatullahi wabarakatuh.

Ads