Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Pengertian dan Perbedaan antara User Persona dan User Scenario dalam UI/UX

Assalamu‘alaikum wr. wb.

Halo guys, Kembali lagi bersama Inzaghi's Blog! Pada pembahasan sebelumnya sudah pernah membahas tentang apa itu Usability Testing. Sekarang waktunya membahas tentang Perbedaan User Persona dan User Scenario dalam UI/UX.



USER PERSONA


Jika Anda ingin membuat produk baru, ada beberapa hal penting yang harus Anda lakukan. Salah satunya adalah Anda perlu memahami kebutuhan dan keinginan pengguna produk Anda. Dengan kata lain, User Persona adalah persona fiktif yang mewakili audiens target produk Anda. Konsep ini sangat penting bagi sebuah bisnis untuk mengembangkan produk terlaris di pasar. Untuk mencapai tujuan ini, Anda memerlukan Sistem Marketing Automation yang dapat menghasilkan prospek berdasarkan tujuan Anda.

Ini adalah kata yang akrab bagi mereka yang melakukan desainer desain UI/UX. Untuk menghidupkan desain produk, desainer UX harus memiliki pemahaman yang kuat tentang kebutuhan dan keinginan produk target. Tentu saja, alat-alat ini membuat desain produk lebih mudah. Artikel ini membahas jenis dan pentingnya persona pengguna dan tips untuk membuatnya.

A. Pengertian User Persona

Persona Pengguna (User Persona) adalah arketipe atau karakter yang mewakili calon pengguna situs web atau aplikasi Anda. Dalam desain yang berpusat pada pengguna, persona membantu tim desain untuk menargetkan desain mereka di sekitar pengguna.

Persona telah ada sejak Pertengahan Tahun 1990-an dalam pemasaran. Sekarang mereka merupakan bagian integral dari fase penelitian pengalaman pengguna pengembangan perangkat lunak. Dalam Riset User, Pengguna UX akan mengumpulkan data yang terkait dengan tujuan dan frustrasi pengguna potensial mereka. Kemudian, mereka membuat persona untuk memasukkan data tersebut ke dalam konteks.

Biasanya ada lebih dari satu jenis pengguna yang akan berinteraksi dengan situs web atau prototipe aplikasi Anda, dan membuat persona membantu untuk menjangkau jangkauan pengguna.

B. Jenis-jenis dan Unsur-unsur User Persona

Pada umumnya tools ini meliputi 3 hal, yaitu paint points, user’s goals, dan behaviours. Nantinya, ketiga hal ini akan mendeskripsikan user menginginkan apa, mengapa orang mau membeli atau menggunakan produk tersebut, apa yang akan user lakukan untuk suatu produk, hingga motivasi membeli produk tersebut.

Ada 2 Jenis User Persona menurut Josh Seiden, yaitu :
  • Persona marketing, yaitu tools ini dapat Anda gunakan untuk mengetahui apa kebutuhan, keinginan hingga motivasi user pada penggunaan produk.
  • Persona yang interaktif, yaitu jenis pengguna persona ini berkaitan erat dengan perilaku penggunaan user terhadap produk. 

Adapun Unsur-unsur (Elemen) dalam sebuah User Persona adalah :
  • Personal Information : secara umum isinya berupa basic information meliputi nama, umur, pekerjaan, tempat tinggal, jenis kelamin, lokasi, foto.
  • Description : penjelasan secara singkat siapa user.
  • Motivation : penjelasan tentang user dan motivasinya.
  • Personal Quote : sebagai atribut singkat untuk mengetahui karakter dan sikap dari user.
  • Biography : berisi deskripsi singkat tentang hidup dan pengalaman dari user.
  • Personality Traits : menjelaskan demografis dari karakterisitik dan sifat user.
  • Goals and Frustrations : isi dari bagian ini mengenai tujuan dan kekhawatiran user yang dapat menjadi faktor-faktor penting dalam mendesain produk.
  • Preferred brands and influencers : dari sini kita dapat mempelajari user dari merek dan orang yang berpengaruh dalam kehidupan mereka.

C. Tujuan User Persona

TIdak hanya untuk melancarkan bisnis Anda, tools ini juga memiliki banyak manfaat, seperti memahami user, memberikan informasi, mendeskripsikan hasil riset dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa manfaat dan penjelasan dari pembuatan pengguna persona.

1. Untuk memahami User

Anda dapat memahami pengguna dengan mendeskripsikan pengguna secara lebih nyata, seperti kebutuhan dan keinginan pengguna, solusi dari masalah pengguna, motivasi, dan sebagainya. Hal tersebut dapat diketahui dengan jelas melalui penciptaan tokoh fiksi pengguna produk. Selain itu, dengan membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna dapat dengan mudah menciptakan user experience yang baik.

2. Memberikan informasi sebelum memutuskan

User persona merupakan kunci dari memahami kebutuhan pengguna produk. Jika produk memang harus dibuat berdasarkan permintaan pengguna, maka perusahaan harus memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang pengguna butuhkan. Tools ini merupakan hal yang penting dilakukan sebelum memutuskan. 

3. Menggambarkan hasil Riset

Seorang perancang desain produk tentu membutuhkan gambaran pengguna produk. Namun, pada dasarnya pihak lain seperti tim marketing, pimpinan perusahaan juga memerlukan deskripsi pengguna produk. Hasil riset user di bidang desain kemungkinan hanya dipahami oleh team desain saja. Selanjutnya, jika hasil riset tersebut digambarkan dengan pengguna persona, maka semua pihak di perusahaan dapat lebih mudah dalam mempelajarinya. 

4. Integrasi dengan departemen lainnya

Setelah penjelasan sebelumnya, Anda sudah mengerti bahwa pengguna persona tidak hanya berisi profil dan khayalan seseorang saja. Namun tools ini juga harus berisi latar belakang pengguna secara spesifik. Dengan adanya informasi yang lengkap, perusahaan dapat menggunakan tools ini untuk banyak manfaat.

D. Langkah-langkah membuat User Persona

Untuk membuat sebuah UI/UX, tentunya harus memiliki User Persona. Adapun Langkah-langkah untuk membuat User Persona adalah sebagai berikut :
  • Collect data : pada bagian ini perlu dilakukan pencarian sebanyak-banyaknya mengenai user dengan menerapkan standar yang berkualitas.
  • Form a hypothesis : membuat hipotesis sebagai ide umum dalam membangun persona user.
  • Everyone accepts the hypothesis in a team : tim menerima hipotesis untuk dijadikan kerangka perbandingan mengenai user dengan pengetahuan yang ada.
  • Establish a final number of personas : menentukan berapa user persona yang dibutuhkan.
  • Describe the personas : dapat mendeskripsikan tiap persona sebagai ide dalam mengembangkan produk yang berguna bagi user.
  • Prepare situations / scenarios for your personas : membuat skenario pada tiap persona sebagaimana nantinya menjadi pemicu dari solusi produk yang ditawarkan.
  • Obtain acceptance from the organization : penting untuk mendapatkan persetujuan dari partisipan/organisasi yang memiliki keterhubungan dalam pengembangan proyek. Hal ini bisa dicapai dengan dua cara: meminta opini partisipan atau membiarkan partisipan dapat berpartisipasi dalam proses secara langsung.
  • Make ongoing adjustments : jika ada perubahan pada persona, maka perlu adanya penyesuaian karena bagian ini memiliki efek yang cukup penting dalam proses pembuatan produk.

E. Tips untuk membangun User Persona yang Baik

Untuk membangun pengguna persona, maka Anda harus merealisasikan strategi tertentu untuk mencegah terjadinya risiko proyek gagal. Berikut merupakan beberapa tips untuk membangun pengguna persona yang baik :

1. Dapatkan segmentasi pasar yang baik

Segmentasi pasar merupakan hal yang wajib Anda lakukan untuk menggambarkan perilaku dan karakteristik user. Sehingga, nantinya Anda bisa membuat target pasar yang jelas dan menghitung CAC (Customer Acquisition Cost) dan LTV (Lifetime Value).

2. Lakukan riset mendalam

Anda wajib melakukan riset dan mengumpulkan banyak referensi agar bisa mengetahui kebutuhan dan keperluan pengguna. Tujuannya untuk menciptakan produk yang berguna dan berfungsi dengan baik. Selain itu, untuk memperoleh data yang berkaitan dengan target, atribut, hingga pola kelompok user. Terdapat beberapa cara untuk memperoleh data tersebut seperti wawancara langsung, survei, dan lainnya. 

Terdapat 2 Jenis Penelitian yang dapat Anda lakukan, yaitu Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif :
  • Penelitian Kualitatif, yaitu penelitian berdasarkan produk berupa ide ataupun konsep. Jenis penelitian ini juga untuk beberapa user berskala kecil 10-20 orang melalui wawancara maupun testimoni penggunaan produk Anda.
  • Penelitian Kuantitatif, yaitu penelitian jenis ini membuktikan hipotesis yang sudah ada. Jenis penelitian ini untuk user berskala besar dengan metode survei dan log file analisis. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan aplikasi survei untuk memperoleh hasil yang tepat.

3. Menemukan pola User

Kemudian, saat melakukan wawancara, Anda dapat menemukan pola pengguna yang berbeda untuk mengidentifikasi audiens target untuk produk Anda. Kemudian buat model pertama dengan mereferensikan pola sebelumnya. Kemudian Anda dapat menunjukkan model pertama yang Anda buat agar tim desain/pemasaran dapat memahaminya.

4. Mulai menggunakan User Persona

Setelah melakukan berbagai tips sebelumnya, selanjutnya adalah Anda dapat membuat pengguna persona. Anda dapat membuat sebanyak 3-7 orang terlebih dahulu. Walaupun begitu, Anda harus bisa memilih user mana yang akan jadi prioritas utama untuk produk Anda. 

5. Menggunakan Template User Persona


Terdapat template pengguna persona yang tersedia di internet secara gratis. Hal ini dapat memudahkan Anda dalam melakukan identifikasi pengguna persona. Selain untuk mempercantik tampilan, template ini dapat memudahkan Anda untuk menempatkan berbagai data pendukung user lainnya. Hal ini juga dapat mempersingkat waktu Anda dan dapat mengerjakan hal lain yang lebih urgent.

6. Buat penyesuaian secara berkala

Tips yang terakhir adalah dengan mempresentasikan hasil Akhir dari pengguna persona yang sudah Anda susun ke rekan satu tim dalam perusahaan. Dengan ini, Anda akan mendapatkan saran atau kritik yang nantinya bisa Anda perbaiki.


USER SCENARIO

Contoh dari User Scenario

Sumber Materi : Uxplanet.org dan SIS.Binus.ac.id

User Scenario adalah salah satu teknik inti dari User Experience yang berguna dalam memahami, membayangkan, mengevaluasi baik desain UX secara konseptual maupun fisik.

Mindset yang harus ditetapkan dalam membuat Scenario adalah focus kepada user goals atau tujuan user, seperti apa yang menjadi motivasi user untuk menggunakan aplikasi tersebut, dan apa yang user butuhkan dalam aplikasi tersebut. Ada banyak variasi dan pendekatan untuk menggunakan scenarios.

Contoh pertama adalah tentang pengalaman pelanggan. Dua tahun lalu saya bertemu dengan seorang spesialis yang bertanggung jawab atas solusi keluhan pelanggan di departemen pengalaman pelanggan sebuah perusahaan mobil. Dia mengatakan kepada pelanggan yang berkonsultasi dengan departemen pengalaman pelanggan untuk beberapa masalah teknis yang belum pernah ditemui perusahaan sebelumnya, sehingga spesialis benar-benar bingung tentang hal itu. Tim yang bertanggung jawab mencoba memahami mengapa masalah ini terjadi tetapi tidak ada yang menemukan apa pun.

Setelah memperbaiki mobil, pelanggan kembali menelepon perusahaan tentang masalah yang sama. Sebelum berencana untuk memperbaiki mobil lagi, spesialis ini mulai mengajukan beberapa pertanyaan kepada pelanggan untuk menemukan beberapa petunjuk. Saat mereka berbincang, beberapa saat pelanggan menyebutkan bahwa dia pindah rumahnya ke lingkungan baru yang terkenal dengan tanjakannya yang curam. Seperti yang dikatakan spesialis, dia bertanya ketika pelanggan menemui masalah ini dan jawabannya sangat menarik. Waktu ketika dia bertemu masalah cocok dengan waktu ketika dia pindah. Ya, masalah teknis dipertahankan dari bentuk tanah! Bagi produsen, itu adalah kebutuhan lain dari pengembangan tetapi itu adalah informasi yang sangat berharga untuk meningkatkan produknya. Contoh ini menunjukkan kepada saya bahwa berpikir pengguna dalam konteks (dasar skenario) adalah pertimbangan utama untuk memecahkan masalah pengguna dan menciptakan solusi yang berharga.

Seperti pada contoh di atas, untuk merancang beberapa produk atau memecahkan beberapa masalah pengguna, berpikir pengguna dalam skenario tampak seperti praktik yang menguntungkan untuk mencapai jawaban yang bermakna. Bagaimana dengan profesi lain yang melayani jasa yang bervariasi? Bagi seorang dokter, pemikiran seperti ini adalah keharusan? Saya rasa, jawabannya juga YA. Untuk memperjelas, pikirkan tentang seorang pasien yang menderita sakit leher untuk waktu yang lama. Dia mendapat saran medis dari dokter yang ahli terkait. Berdasarkan pengalaman saya, dokter memiliki dua pendekatan; salah satunya adalah memfokuskan rasa sakit dan mencoba mencari obatnya.

Pendekatan lain adalah mencoba mencari jawaban mengapa rasa sakit ini terjadi dan memutuskan untuk memproses untuk mengobati. Kemungkinan besar yang pertama berakhir dengan meresepkan beberapa obat penghilang rasa sakit. Tetapi yang kedua mungkin menjelaskan bahwa sakit punggungnya berasal dari masalah pendengaran satu telinganya karena ketika dia mencoba mendengar seseorang, posturnya dibentuk oleh suara-suara yang datang. Jadi mungkin rasa sakit ini bisa diobati tidak hanya dengan obat penghilang rasa sakit dan juga menyembuhkan masalah pendengaran. Tampaknya tidak nyata tetapi mungkin. Jadi sebagai seorang dokter, mengamati pasiennya, mengajukan pertanyaan yang lebih bervariasi dan mengevaluasi pasien dalam konteks dapat terjadi perbedaan pola pikir dan pandangan untuk menemukan alasan yang sebenarnya dan memberikan perawatan yang lebih dapat diandalkan. Sebagai contoh, karena kemungkinan yang bervariasi, membuat beberapa skenario sangat membantu bagi semua orang yang termasuk dalam suatu sistem.


User Scenario memberikan informasi tentang apa yang dilakukan pengguna dengan produk dan apa yang dia rasakan untuk Desain UX. Namun, seperti yang disebutkan dalam contoh di atas, bahkan jika tidak ada produk, desain, pengguna, atau bisnis, orang memerlukan setidaknya Skenario untuk berempati dan memberikan tindakan yang bermanfaat. Kita bisa menyebutnya User Scenario di area UX, skenario pasien di area medis, skenario pemilik mobil untuk reparasi. Di bidang apa pun Anda bekerja, dalam hubungan apa Anda berada; Anda dapat mulai membuat skenario Anda dengan pertanyaan-pertanyaan berikut :
  • Siapa orang yang terkait untuk menggunakan produk saya atau mengambil layanan saya?
  • Apa yang orang itu katakan?
  • Apa yang sebenarnya dilakukan orang tersebut?
  • Apa yang ingin dijangkau orang ini dengan produk/layanan saya?
  • Apakah ada faktor lain yang mempengaruhi orang yang lebih menyukai produk/jasa saya?
  • Bagaimana saya membuat kebutuhan/tujuan orang ini menjadi nyata?


Dalam User Scenario, terdapat 4 Jenis, yaitu :

1. Stories

Stories merupakan kumpulan pengalaman, ide, dan pengetahuan nyata dari seseorang. Kumpulan stories ini bisa dalam beberapa bentuk seperti video, diary, foto, dokumen, hasil observasi, dan juga hasil interview.

2. Conceptual Scenarios

Bentuk conceptual scenarios adalah penjelasan singkat mengenai proses bisnis utama yang digunakan untuk menghasilkan ide dan solusi dari user goal.  Pada conceptual scenarios, kumpulan dari stories akan digabung dan bagian bagian stories yang tidak berhubungan dengan fungsi UX dihilangkan.

3. Concrete Scenarios

Pada concrete scenarios fitur fitur dari fungsi UX mulai di perjelas. Satu conceptual scenarios dapat menghasilkan beberapa concrete scenarios. Hal ini dikarenakan saat designer UX dengan memecahkan beberapa masalah, pada beberapa kondisi tertentu terkadang membutuhkan fitur yang berbeda-beda.

4. Use Cases

Use cases mendeskripsikan interaksi antara actor dan device, apa yang actor lakukan, dan apa yang system lakukan. Setiap use case dapat merangkup beberapa variasi kondisi dalam concrete scenarios.


Sekian sampai di sini saja untuk Penjelasan tentang Usability Testing. Semoga bermanfaat bagi Developer dan UI/UX Designer dan Mahasiswa Teknik Informatika khususnya di Mata Kuliah (Matkul) Interaksi Manusia dan Komputer (IMK).

Dan biasanya jika ingin membuat Proyek Matkul IMK User Persona dan Scenario, dapat dibuat dengan menggunakan Situs Miro.com.

Terima Kasih 😄😘👌👍 :)

Wassalamu‘alaikum wr. wb.

Ads