Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[#BekerjaDiRumah] Tutorial Membuat Desain Gratis dengan Aplikasi Web Canva (+ Video Tutorial)

Assalammu‘alaikum Wr. Wb.

Halo gaes! Sekarang saatnya membahas tentang Ilmu Desain Grafis dengan menggunakan Aplikasi Canva baik tersedia di Ponsel (Perangkat Android dan di iOS) maupun di Komputer (Windows, Mac OS, Linux, dll). Kali ini saya akan membahas tentang Cara Membuat Desain Gratis dengan Aplikasi Web Canva.




Sumber Artikel Tutorial : NiagaHoster.co.id (Blog)

Konten Visual adalah bagian penting dari Representasi anda di dunia maya, baik itu website, blog, atau akun media sosial. Dengan Porsi Elemen Grafis yang memadai, Audiens akan lebih tertarik dengan Konten anda.

Namun, menciptakan Konten Visual bukanlah keahlian sembarang orang. Membuat Desain Grafis, misalnya, membutuhkan Software / Aplikasi yang tidak mudah untuk dipelajari Orang Awam.

Untungnya, ada Alternatif yang bisa digunakan oleh semua khalayak dengan lebih Mudah dan Gratis, yaitu Canva. Dalam Artikel ini anda akan mempelajari berbagai Fitur yang ditawarkan Aplikasi Web tersebut dan Langkah-langkah Dasar untuk mulai mengoperasikannya. Tapi sebelum itu saya akan memberitahu tentang Aplikasi Web yang satu ini.

PENGERTIAN

Apa Itu Canva?

Canva adalah Aplikasi Desain Grafis Online yang mudah untuk digunakan, bahkan bagi pemula. Tak hanya itu, Canva juga dapat diakses melalui perangkat desktop maupun mobile. Dengan demikian, anda dapat Berkreasi kapan pun dan di mana pun.

Aplikasi Web ini sebenarnya memiliki Dua Versi Berbayar dan Satu Versi Gratis. Akan tetapi, anda sudah dapat menikmati berbagai Fitur tanpa membeli Versi Premium-nya. Fitur-fitur tersebut akan dijelaskan pada bagian lain di Artikel ini.

Manfaat Canva

Sebelumnya telah disebutkan bahwa Canva dikenal sebagai Aplikasi Desain Grafis yang dikenal dengan kemudahan penggunaannya. Namun, keunggulan Canva dibandingkan Aplikasi lainnya tak hanya itu. Ada berbagai macam Desain yang bisa anda ciptakan dengannya, termasuk :
  • Logo — Branding adalah salah satu hal terpenting dalam pembangunan online presence Anda — baik itu sebuah Blog, Toko Online, atau Landing Page Bisnis. Nah, logo adalah salah satu sarana untuk melakukan Branding. Di Canva, ada beragam Template yang memudahkan anda untuk membuat Logo unik.
  • Poster — Ingin membuat Iklan untuk sebuah Produk, Jasa, atau Acara? Poster adalah salah satu cara yang tepat untuk melakukannya. Dengan Canva, anda bisa membuat desain poster yang menarik dengan mudah.
  • Featured Image Blog — Keberadaan Featured Image dalam sebuah Artikel dapat mempercantik Desain Blog dan membuat pengunjung lebih betah membaca. Untuk membuatnya secara instan, Anda bisa menggunakan Canva (Contohnya untuk di Inzaghi's Blog ini dimana diatas Tampilan Blog ini merupakan Gambar yang diedit dan dibuat dari Aplikasi Canva).
  • Infografik — Agar Konten Blog lebih Variatif, anda dapat menyelingi artikel dengan Infografik. Jenis konten ini rumit dan tidak semua orang mampu membuatnya. Namun, Canva mengubah Proses Pembuatan Infografik menjadi sangat mudah.
  • Newsletter — Apabila Email marketing ada dalam Daftar Teknik pemasaran yang anda lakukan, pastinya Anda kenal dengan newsletter. Nah, dengan Canva anda dapat menghemat Waktu dalam Pembuatan Konten Email tersebut.
  • Konten Media Sosial — Konten Facebook yang disertai Gambar 2,3 Kali lebih Efektif untuk menarik perhatian Netizen. Untungnya, Canva memudahkan anda untuk mendesain berbagai Media Visual yang cocok untuk Media Sosial. Tidak hanya Facebook saja, akan tetapi juga bisa untuk Instagram, Twitter, Pinterest, dll.
  • Thumbnail YouTube — Thumbnail atau Gambar yang mewakili Video YouTube anda tidak harus berupa cuplikan dari Video tersebut. Dengan Canva, anda bisa mendesain Thumbnail Youtube yang unik.
  • Desain Kemasan Produk — Apakah ini Pertama kali Anda menjual sebuah Produk? Canva dapat membantu Anda untuk membuat desain kemasan berbagai jenis Produk, mulai dari Label Botol hingga Kotak Karton.
  • Invoice — Tak hanya Toko di dunia nyata, Toko Online pun perlu memberikan Invoice atau Rincian Pembayaran bagi Pembeli. Untuk membedakan Invoice anda dengan milik Toko lain, anda dapat memanfaatkan kemudahan yang Canva berikan.
  • Banner Iklan — Ingin membuat banner untuk Iklan Website anda tanpa keahlian Desain Grafis? Hal tersebut bisa dilakukan jika anda menggunakan Canva.

FITUR-FITUR

Dewasa ini ada banyak Software Desain Grafis yang dapat anda pilih. Akan tetapi, Canva adalah opsi yang sangat menguntungkan jika dilihat dari banyaknya Fitur yang didapatkan pengguna Gratisnya. Berikut adalah Daftar Fasilitas yang akan Anda temui di Versi non-berbayarnya.

8.000+ Template untuk Berbagai Jenis Konten Visual

Mungkin terdengar tidak nyata, tetapi Anda tidak salah paham ketika membaca Judul bagian ini. Dalam Versi Gratis-nya pun, Canva menyediakan lebih dari Delapan Ribu Template.

Contoh-contoh Konten tersebut terbagi dalam berbagai kategori, termasuk banner Website, kupon diskon, dan slide Presentasi.


Sebenarnya, anda juga dapat menciptakan Desain sendiri dari Nol. Akan tetapi, berbagai contoh Konten tersebut dapat digunakan untuk mempercepat Proses Berkreasi anda. Apalagi, setiap contoh mudah untuk Dikustomisasi. Anda akan mempelajari caranya di bagian lain dari Artikel ini.

Kapasitas Penyimpanan hingga 1 GB

Canva memungkinkan penggunanya untuk menyimpan kreasi mereka. Fitur ini sangat bermanfaat, terutama jika Anda memiliki format konten yang sering dipakai. Dengan menyimpannya, Anda tinggal mengubah suatu desain seperlunya ketika dibutuhkan lagi.

Untuk Pengguna Gratis, aplikasi desain grafis ini menyediakan Kapasitas Penyimpanan 1 GB. Bagi beberapa orang, mungkin Kapasitas tersebut tidak cukup besar — apalagi jika dibandingkan dengan penyimpanan sebesar 100 GB yang dimiliki Versi Premium Canva.

Akan tetapi, Anda dapat langsung mengunduh Hasil Karya anda setelah selesai membuatnya. Dengan demikian, Penyimpanan Kecil tersebut dapat digunakan untuk template-template yang paling sering anda gunakan.

Kustomisasi Teks

Karena Canva juga dapat dimanfaatkan untuk membuat Slide Presentasi, Dokumen, dan berbagai Media Cetak, tentunya tidak akan Lengkap tanpa fitur untuk memasukkan teks.

Fasilitas ini pun mudah digunakan. Pengguna tinggal meletakkan Kotak Teks pada bidang yang tersedia. Setelahnya, anda bisa mengubah Jenis Font, Ukuran Teks, dan Format lainnya yang biasa ditemukan di Software pemrosesan kata seperti Microsoft Word.

Selain itu, Canva memiliki banyak contoh Desain Tulisan yang dapat dikustomisasi sesuka hati. Fitur ini bisa diandalkan jika Anda ingin Menghemat Waktu dalam Pembuatan Poster atau Kartu Ucapan.

Ratusan Icon dan Ilustrasi

Selain teks, Pengguna Canva juga dapat memasukkan Icon dan Ilustrasi ke dalam Karya mereka. Kabar baiknya, Versi Gratis dari Aplikasi ini menyediakan cukup banyak Variasi Icon dan Ilustrasi  yang meliputi berbagai Tema. 

Pilihan Background yang Bervariasi

Dengan Canva, Background atau Latar Belakang karya anda dijamin tidak membosankan. Ada beragam pilihan Gambar dan Gradien Warna yang siap meramaikan Desain-desain anda.

Tak hanya itu, anda juga dapat Mengedit setiap Background yang digunakan. Sebagai contoh, anda bisa mengatur Kontras, meningkatkan Intensitas Warna, dan menambahkan Vignette pada Latar Belakang yang dipilih.

Media Pembelajaran

Apakah anda belum pernah membuat Desain Grafis sebelumnya? Tidak masalah. Untuk membantu Pengguna Awam, Canva menghadirkan Video Panduan yang meliputi berbagai Topik — dari Tips dan Trik Canva hingga Penggunaan Desain Grafis untuk Branding Bisnis.

Di samping itu, Blog Canva juga merupakan Ladang Ilmu. Melalui Artikel-artikel di dalamnya anda dapat Belajar berbagai Teknik Pemasaran yang menggunakan Konten Visual.

TUTORIAL

Sesuai dengan yang dijanjikan di Awal Artikel, anda akan mempelajari Cara menggunakan Canva. Jika sudah siap, ikutilah Panduan di bawah ini! Dalam Panduan ini, saya akan membuat dan mengedit sebuah Logo untuk dijadikan Featured Image. Akan tetapi saya mau memakai dengan 2 Mode yaitu Mode Ponsel (Lewat Aplikasi) dan Mode Desktop (Lewat Website).

A. Versi Desktop

1. Masuk ke Situs Canva

Kunjungilah Tautan Situs / Website Canva di sini. Ataupun bisa dicari di Mesin Pencarian Google.


Setelah mengakses di Situs-nya, silahkan klik Tombol “Sign up” yang ada di sebelah Kiri atau pojok Kanan atas Layar ataupun bisa juga Log in di bagian Tengah dan dapat mendaftar dengan akun Google, Facebook, atau Alamat Email. Setelah melakukannya, Akun Canva anda sudah siap digunakan.

2. Membuat Desain Pertama anda


Setelah Akun Canva anda dibuat, anda akan dibawa ke Halaman Utama dari Aplikasi tersebut. 

Untuk menciptakan Desain Pertama anda, klik Tombol “Create a Design” yang ditunjuk oleh tanda panah merah pada Gambar di atas, lalu pilih jenis Konten Visual yang ingin dibuat. Jika Desain anda telah dibuat (seperti saya), terserah mau diedit atau membuat Desain baru. Ataupun jika ingin melihat semua Desain anda ataupun ingin mengedit Desain yang telah anda buat, silahkan klik di sebelah Kiri "All your Designs" atau "Semua Desain anda". Lalu Pilih "Custom Dimensions" atau "Dimensi Khusus" dan pilih Ukuran-nya dan tekan Tombol "Create new Design".


3. Menambahkan Elemen


Setelah itu, Klik di Bagian Elements dan pilihlah bentuk Persegi di bagian Shapes. Setelah itu klik Warna diatas untuk mengubah Warna.


4. Menambahkan Tulisan / Teks


Jika ingin menambahkan Tulisan atau Teks, tinggal klik di Bagian Text lalu pilihlah di Bagian "Click Text to add to Page". Kemudian ubahlah Fontnya dengan meng-klik di bagian atas jika ingin diubah Font-nya.

5. Mengedit Tulisan / Teks

Jika anda ingin mengedit ataupun menambahkan Teks, silahkan seperti di cara sebelumnya yaitu klik di Bagian Text lalu pilihlah di Bagian "Click Text to add to Page".



Untuk mengubah Ukuran Font, silahkan klik di Tulisan yang akan anda ubah. Lalu klik di bagian Ukuran. Berbeda dengan Versi Ponsel, di Versi Desktop ini hanya bisa memilih Ukuran Font saja. Jika ingin Ukuran Custom, tinggal klik saja di tempat Ukuran dan ketik Ukuran yang anda mau.


6. Menambahkan Gambar


Jika anda ingin menambahkan Gambar, silahkan klik di Bagian Upload atau Photos lalu klik "Upload an Image or Video". Ataupun bisa memilih Gambar yang sudah anda Upload sebelumnya dengan meng-klik salah satu Gambar di sebelah Kiri.

7. Mengedit Gambar

Jika ingin gambarnya menjadi Transparan, silahkan klik di Tombol Kotak-kotak Hitam Putih di bagian Atas Kanan. Ubahlah Level Transparan (Transparency Level) menjadi 50.


Lalu jika ingin gambarnya lebih keren yaitu dengan cara mem-Filter Gambar. Jika anda ingin Filter Gambar, silahkan klik di Bagian Gambar lalu klik di Bagian Adjust yang sudah tersedia di Bagian Atas lalu aturlah di Bagian Colorize, Blur, dan X-Process di Bagian Adjustment di sebelah Kiri. Untuk Colorize (Mewrnai) aturlah menjadi -100, untuk Blur aturlah menjadi -100, dan untuk X-Process aturlah menjadi 100.


Kalau Canva di Komputer (Desktop) biasanya sudah tersimpan secara Otomatis dan biasanya sudah tertulis "All changes saved" atau "Semua perubahan telah tersimpan" di Atas Layar.

8. Mengunduh (Download)

Jika ingin Hasil Desain yang anda buat tadi di Download, silahkan buka lagi di Bagian "All your Designs" atau "Semua Desain anda". Lalu klik di bagian Desain Gambar yang ada telah buat tadi.


Kemudian klik Tombol di sebelah Kanan Atas (di sebelah Tombol Download) lalu klik "Download" kemudian pilihlah Formatnya (Seperti PNG, JPEG, GIF, dll). Akan tetapi disarankannya untuk memakai Format PNG. Ataupun bisa juga diatur Jumlah Halaman yang ingin anda Unduh. Lalu klik Tombol "Download".


B. Versi Ponsel

1. Buka Aplikasi Canva

Buka Google Play Store (Untuk Pengguna Android) atau di App Store (Untuk Pengguna iOS) lalu Download Aplikasinya, setelah itu buka aplikasinya. Akan tetapi saya membuka Aplikasi ini dengan Sistem Operasi Android.


Setelah membuka di Aplikasi-nya, silahkan klik Tombol “Continue with Email” yang ada di bawah Layar. Anda dapat mendaftar dengan akun Google, ataupun Facebook. Setelah melakukannya, Akun Canva anda sudah siap digunakan.

2. Membuat Desain Pertama anda


Setelah Akun Canva anda dibuat, anda akan dibawa ke Halaman Utama dari Aplikasi tersebut. 

Untuk menciptakan Desain Pertama anda, klik Tombol “Tambah / Plus (+)” yang ditunjuk oleh tanda panah merah pada Gambar di bawah, lalu pilih jenis Konten Visual yang ingin dibuat. Jika Desain anda telah dibuat (seperti saya), terserah mau diedit atau membuat Desain baru. Ataupun jika ingin melihat semua Desain anda ataupun ingin mengedit Desain yang telah anda buat, silahkan klik Tombol "Designs" di sebelah bawah. Lalu Pilih "Logo" atau bisa juga dengan mengklik diatas untuk memilih Ukurannya lalu klik tanda Centang (✓).


3. Menambahkan Elemen


Setelah itu, klik Tombol “Tambah / Plus (+)” lalu klik di Tombol Ilustration, kemudian klik di Tombol Shapes dan pilihlah bentuk Persegi. Setelah itu klik Elemen Persegi tersebut untuk mengubah Warna.


4. Menambahkan Tulisan / Teks


Jika ingin menambahkan Tulisan atau Teks, tinggal klik Tombol “Tambah / Plus (+)” lalu klik di Tombol Text lalu klik di Bagian "+ Add some Text of your own". Kemudian ubahlah Fontnya dengan meng-klik di bagian bawah jika ingin diubah Font-nya.

5. Mengedit Tulisan / Teks

Jika anda ingin mengedit ataupun menambahkan Teks, silahkan seperti di cara sebelumnya yaitu klik Tombol “Tambah / Plus (+)” lalu klik di Tombol Text lalu klik di Bagian "+ Add some Text of your own".



Untuk mengubah Ukuran Font, silahkan klik di Tulisan yang akan anda ubah. Lalu klik di bagian Ukuran. Kelebihannya kalau di Ponsel bisa digeser ukurannya dan bisa diketik Ukuran Font dengan meng-klik Angka Font.


6. Menambahkan Gambar


Jika anda ingin menambahkan Gambar, silahkan klik Tombol “Tambah / Plus (+)” lalu klik di Tombol Text. Lalu klik Tombol dengan Simbol Gambar untuk mengambilnya dari Galeri, sedangkan Tombol dengan Simbol Kamera untuk memotret Gambar di Kamera.

7. Mengedit Gambar

Jika ingin gambarnya menjadi Transparan, silahkan klik di Tombol Opsi "More" di Simbol Lingkaran dan 3 Titik lalu klik di Tombol Kotak-kotak Hitam Putih di bagian Atas Kanan pada Layar Ponsel. Ubahlah Level Transparan (Transparency Level) menjadi 50.


Lalu jika ingin gambarnya lebih keren yaitu dengan cara mem-Filter Gambar. Jika anda ingin Filter Gambar, silahkan klik di Bagian Gambar lalu klik di Bagian Filter lalu klik di Tombol "Advanced Filters" lalu aturlah di Bagian Colorize, Blur, dan X-Process. Untuk Colorize (Mewrnai) aturlah menjadi -100, untuk Blur aturlah menjadi -100, dan untuk X-Process aturlah menjadi 100.


Berbeda dengan Versi Desktop, di Versi Ponsel justru secara Manual cara menyimpannya. Jika ingin menyimpan, silahkan klik di tanda Centang (✓) lalu klik lagi di tanda Panah Kiri (←).

8. Mengunduh (Download)

Jika ingin Hasil Desain yang anda buat tadi di Download, silahkan buka lagi di Bagian "Designs". Lalu klik di bagian Desain Gambar yang ada telah buat tadi.


Kemudian klik Tombol di sebelah Kanan Atas (Tanda Panah keatas dengan Kotak terbelah) lalu klik "Save as ..." kemudian pilihlah Formatnya (Seperti PNG, JPEG, GIF, dll). Akan tetapi disarankannya untuk memakai Format PNG. Ataupun bisa juga diatur Jumlah Halaman yang ingin anda Unduh. Lalu klik Tombol "Download" yang ada di bawah.


VIDEO

Jika kurang jelas dari Pembahasan di atas ataupun ingin melihat Tutorial lainnya, tontonlah Video Tutorial dari YouTube di bawah ini.





Semoga Artikel ini membantu anda untuk mempelajari Cara menggunakan di Aplikasi Canva. Terima Kasih dan;

Wassalammu‘alaikum Wr. Wb.

Ads