Inilah 11 Aplikasi Telemedicine Gratis untuk Pasien Isoman (Isolasi Mandiri) COVID-19
Assalammu‘alaikum wr. wb.
Halo semuanya, apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja dan sehat selalu ya! Di masa Pandemi COVID-19 ini, pastinya Sektor yang paling diutamakan adalah di bidang Kesehatan. Pastinya jika kita tidak berani pergi ke Rumah Sakit untuk keperluan Medis lainnya saat Pandemi COVID-19 ini, Telemedicine-lah sebagai peranan Teknologi di bidang Kesehatan Medis dan Kedokteran sebagai Jalan utamanya.
Sumber Artikel : Suara.com, Kompas.com, dan CNN Indonesia.com
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) merilis Daftar Situs tempat bisa Konsultasi Kesehatan Online untuk Pasien COVID-19 atau juga dikenal dengan Telemedicie. Konsultasi ini berguna untuk mereka yang tengah Isolasi Mandiri atau Isoman.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, mengatakan layanan itu mulai dilakukan uji coba di DKI Jakarta (Dan mungkin saja di Provinsi lainnya akan menyusul), Selasa (6/7/2021 | 25/11/1442). Layanan telemedicine ini memiliki fasilitas konsultasi dokter hingga pengiriman Obat.
Budi menjelaskan layanan itu digelar gratis, dan ditujukan bagi pasien terpapar Virus Corona (COVID-19) dengan gejala ringan atau tanpa gejala di rumahnya masing-masing.
Kategori Pasien COVID-19 yang Isoman di Rumah, dijelaskan Budi ialah yang Tidak Sesak Napas, Saturasi Oksigen di atas 95 Persen, dan tidak memiliki Penyakit Penyerta alias Komorbid yang berbahaya.
Teknisnya, pemerintah sejauh ini memiliki 742 Laboratorium PCR yang tersebar di Indonesia. Ratusan Laboratorium itu saat ini sudah terintegrasi secara sistem dengan 11 Telemedicine tersebut. Sehingga apabila Hasil PCR Warga di 742 Laboratorium itu Positif, maka mereka akan mendapatkan Layanan Telemedicine secara Gratis.
Berikut deretan 11 Aplikasi Telemedicine yang disediakan Kemenkes untuk menangani pasien COVID-19 dengan Gejala Ringan, seperti dijelaskan oleh Menteri Kesehatan dalam Konferensi Pers pada Senin (5/7/2021 | 24/11/1442).
YesDok merupakan Platform Telemedicine yang menghubungkan pasien dengan dokter untuk konsultasi medis. Namun sebelum terhubung langsung dengan Dokter, Pasien akan diberi pertanyaan terkait masalah medis yang tengah dialami.
Apabila Pasien memiliki pertanyaan medis, mereka akan terhubung langsung dengan seorang dokter umum yang akan memberi konsultasi dan menyarankan perawatan lebih lanjut.
Dokter di aplikasi itu juga merekomendasikan obat yang bisa dibeli sesuai dengan rujukan gejala yang alami oleh Pasien, serta memberi petunjuk penggunaan dosis yang sesuai.
Pada saat konsultasi, pasien juga diberikan ilustrasi gambar selama konsultasi medis. Para dokter di aplikasi itu terhubung dengan pasiennya lewat Video Call dan via Pesan Suara di Aplikasi, seperti tertulis di Laman Resmi.
Dikutip situs resminya, dokter yang praktik di aplikasi itu diklaim memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dan Surat Izin Praktek (SIP). Aplikasi itu juga mengklaim beroperasi selama 24 Jam.
Aplikasinya dapat diunduh (Download) baik di Playstore (Android) maupun di Appstore (iOS). Atau bisa kunjungi di Website resminya di sini (Yesdok.com).
Aplikasi Besutan BayWest Wellness Inc. itu merupakan Platform Telemedicine yang dapat berkonsultasi dengan dokter, terkait keluhan medis pasien.
Platform Get Well menghubungkan pengguna dengan Dokter Profesional untuk Konsultasi Video, Audio, atau Teks melalui Telepon Pintar (Smartphone).
Aplikasi itu dapat diunduh di playstore dan iOS, dan menjadi salah satu di antar 11 Aplikasi yang bekerja sama dengan pemerintah, untuk memberikan layanan medis jarak jauh.
Lewat aplikasi ini nantinya Pasien COVID-19 dapat berkonsultasi dan diberikan obat secara Gratis, oleh pihak Aplikasi.
Aplikasinya dapat diunduh (Download) baik di Playstore (Android) maupun di Appstore (iOS).
Good Doctor merupakan Aplikasi Layanan Kesehatan yang diklaim dapat memenuhi kebutuhan kesehatan dengan mudah. Lewat Aplikasi ini masyarakat nantinya bisa berkonsultasi degan dokter, menerima Rekomendasi Obat dengan Gratis.
Layanan Good Doctor memungkinkan pengguna aplikasi ini untuk berkonsultasi langsung dengan dokter. Adanya kerjasama dengan perusahaan Ride Hailing (Ojek Online) yaitu Grab, memungkinkan pengiriman obat setelah konsultasi dengan Dokter bisa dikirim langsung menggunakan Layanan Grab.
Aplikasi ini diklaim dapat memberikan pelayanan selama 24 Jam. Good Doctor juga dapat memangkas durasi yang biasanya banyak terbuang, saat pasien harus pergi ke pusat kesehatan. Terlebih saat ini beberapa layanan kesehatan banyak didatangi Pasien dengan gejala yang cukup berat.
Aplikasinya dapat diunduh (Download) baik di Playstore (Android) maupun di Appstore (iOS). Atau bisa kunjungi di Website resminya di sini (GoodDoctor.co.id).
4. Halodoc
Aplikasi ini menjadi satu di Platform yang diboyong pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan, pada Pasien COVID-19 yang tengah isoman di rumah.
Halodoc merupakan Perusahaan Telemedicine yang telah mengumumkan kerjasama dengan Gojek pada bulan Mei 2018. Halodoc mengklaim Platform-nya memiliki layanan kesehatan digital terlengkap di Indonesia. Beberapa fitur disematkan dalam platform ini seperti chat dengan dokter, membeli produk kesehatan dan dapat terhubung dengan asuransi yang dimiliki.
Nantinya pada pasien Pasien COVID-19 yang bergejala Ringan dan Isoman di Rumah, dapat mengakses Aplikasi ini untuk konsultasi medis dan mendapatkan obat-obatan secara gratis.
Aplikasinya dapat diunduh (Download) baik di Playstore (Android) maupun di Appstore (iOS). Atau bisa kunjungi di Website resminya di sini (Halodoc.com).
5. KlikDokter
Platform besutan Medika Komunika Teknologi ini merupakan Aplikasi Telemedicine yang juga beroperasi 24 Jam. Pihaknnya mengklaim memiliki tim medis yang berkompetensi, serta menjunjung tinggi etika profesi kedokteran Republik Indonesia.
Lewat aplikasi itu Pasien bisa melakukan live chat dengan dokter selama 24 Jam penuh. Selain itu pihaknya juga menyertai beragam artikel kesehatan dan info lain yang terkait pelayanan medis.
Aplikasi ini dapat digunakan oleh Pasien COVID-19 gratis, pemerintah juga akan memfasilitasi pasien agar dapat berkonsultasi dan mendapatkan obat lewat Aplikasi secara gratis.
Aplikasinya dapat diunduh (Download) baik di Playstore (Android) maupun di Appstore (iOS). Atau bisa kunjungi di Website resminya di sini (Klikdokter.com).
6. KlinikGo
Klinikgo merupakan Layanan Teknologi yang menghubungkan Homecare on-demand berbasis Klinik, maupun Praktek Mandiri dengan pasiennya. Aplikasi ini diklaim sudah menjadi mitra resmi Kemenkes dalam penanganan COVID-19 di Indonesia.
Fitur yang ada dalam Aplikasi itu terbilang banyak, di antaranya yakni Layanan Konsultasi dengan berbagai Dokter seperti Dokter Gigi, Dokter Jantung dan Dokter Umum.
Untuk melihat Platform ini, bisa kunjungi di Website resminya di sini (Klinikgo.com).
Aplikasi Telemedicine kerja sama dengan Pemerintah lainnya adalah LinkSehat. Platform besutan Link Medis Sehat developer itu adalah media alternatif untuk konsultasi dengan dokter.
Lewat LinkSehat pasien dapat Konsultasi Gejala Medis, yang dirasakan saat menjalani Isolasi Mandiri di Rumah. Nantinya aplikasi itu akan memberikan konsultasi lewat ruang chat, dan pasien akan melakukan percakapan dengan dokter yang diklaim sudah memiliki surat izin praktek.
Fitur pada aplikasi itu juga dapat memberikan rekomendasi dokter atau rumah sakit, serta hitungan biaya berobat di Dalam Negeri hingga ke Luar Negeri.
Aplikasinya hanya dapat diunduh (Download) di Playstore (Android) saja. Atau bisa kunjungi di Website resminya di sini (Linksehat.com).
8. MILVIK Dokter
MILVIK Dokter adalah layanan kesehatan daring yang disebut dapat dilakukan langganan setiap bulan. Aplikasi ini tersedia beberapa produk, mulai dari layanan 24 Jam dari Dokter, sampai Asuransi Rawat Inap.
Pengguna dapat konsultasi lewat telepon dengan praktisi medis berlisensi. Lewat aplikasi ini pasien dapat Konsultasi Nutrisi, Kondisi Medis, Kesehatan Mental hingga Penyakit Kronis.
Tidak hanya itu, Milvik Dokter juga dapat membantu pasien untuk mencari Rumah Sakit, Klinik, Laboratorium dan Apotek terdekat. Pasien COVID-19 yang tengah Isoman akan mendapatkan Layanan Medis dan Obat yang dibutuhkan secara gratis.
Aplikasinya hanya dapat diunduh (Download) di Playstore (Android) saja. Atau bisa kunjungi di Website resminya di sini (MILVIK.id).
Aplikasi yang dapat digunakan bagi Pasien COVID-19 yang sedang isoman adalahh ProSehat. Aplikasi ini memberikan fasilitas konsultasi dokter selama 24 Jam.
Tidak hanya memberikan konsultasi dokter, di aplikasi itu juga memiliki layanan Rapid Test, Imunisasi, Vaksinasi dan pembelian Alat Kesehatan, Obat dan Vitamin ke Rumah Pasien.
Aplikasinya hanya dapat diunduh (Download) di Playstore (Android) saja. Atau bisa kunjungi di Website resminya di sini (Prosehat.com).
SehatQ adalah aplikasi startup di bidang kesehatan, yang memudahkan penggunanya untuk memantau dan menjaga kondisi kesehatan.
Lewat SehatQ Pasien COVID-19 dapat berkonsultasi dengan dokter dan tim medis, dan juga memungkinkan untuk diberikan rujukan ke rumah sakit terdekat.
Pasien juga dapat diberikan obat atau vitamin yang dibutuhkan, untuk menunjang masa pemulihan dari paparan Virus Corona SARS-CoV-2 secara mandiri.
Aplikasinya dapat diunduh (Download) baik di Playstore (Android) maupun di Appstore (iOS). Atau bisa kunjungi di Website resminya di sini (Sehatq.com).
11. AloDokter
AloDokter adalah Platform Kesehatan Digital di Indonesia. Pihaknya mengklaim memiliki lebih dari 26 Juta Pengguna Aktif setiap bulannya. Aplikasi itu disebut memiliki Nitra Dokter lebih dari 30 Ribu Dokter.
Beroperasi sejak Tahun 2014, AloDokter menyediakan informasi kesehatan dan dapat diakses oleh siapa saja oleh pasien, lewat ponsel pintar.
Semua informasi kesehatan yang tersedia di aplikasi itu disusun dalam bahasa Indonesia dan ditinjau oleh Tim Dokter yang kompeten.
Aplikasinya dapat diunduh (Download) baik di Playstore (Android) maupun di Appstore (iOS). Atau bisa kunjungi di Website resminya di sini (Alodokter.com).
Itulah 11 Layanan Aplikasi/Platform Telemedicine Gratis untuk Pasien COVID-19 yang Isoman (Isolasi Mandiri) di Rumah, agar bisa mendapatkan Layanan Konsultasi Dokter hingga Pengiriman Obat secara Gratis.
Yang terpenting adalah kita harus selalu menerapkan Protokol Kesehatan seperti memakai Masker, mencuci Tangan, dan menjaga Jarak agar terhindar dari penularan Virus Corona (COVID-19).
Terima Kasih đđđˇđđ :)
Wassalammu‘alaikum Wr. Wb.