Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[#BelajarDiRumah] Selamat Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS)! Inilah Aplikasi Platform Digital untuk Belajar Online (E-Learning) selama Pandemi COVID-19

Assalammu‘alaikum Wr. Wb. 

Halo gaes! Taukah anda? Bahwa hari ini memperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional di Indonesia atau disebut juga sebagai HARDIKNAS. Hari Sabtu ini tepatnya pada Tanggal 2 Mei 2020 (9 Ramadhan 1441 H) merupakan Perayaan yang di peringati setiap tahunnya.


Ilustrasi E-learning


Sudah hampir 2 Bulan lamanya kita tidak pergi ke Sekolah lagi. Karena Wabah Virus Corona (COVID-19) inilah membuat kita untuk tetap Tinggal di Rumah. Dan salah satunya adalah dengan melakukan Sekolah berbasis Daring dengan metode Belajar Jarak Jauh. Akan tetapi banyak sekali Aplikasi Platform E-Learning yang dilakukan untuk Kegatan Belajar Mengajar (KBM) secara Online.

Penyebaran Virus Corona atau COVID-19 merupakan ancaman Keamanan Kesehatan Global. Di sejumlah Negara, pembatasan yang diberlakukan oleh Lembaga Pemerintah telah berdampak kepada rutinitas Harian bagi Jutaan Orang, termasuk Siswa Siswi di Indonesia.

Beberapa Sekolah dan Universitas di Daerah tertentu yang terkena Dampak telah menangguhkan Belajar secara Tatap Muka dalam waktu tertentu demi mencegah terjadinya Penyebaran COVID-19 di beberapa Wilayah.


Lalu, bagaimana nasib Pembelajaran Siswa selama Sekolah diliburkan? Dengan teknologi Internet dan Perangkat Pintar, Kegiatan Belajar Mengajar kini dapat dilakukan pula di rumah.

Berikut, inilah Aplikasi Platform Digitalunruk Sekolah Online.

1. Ruangguru


Ruangguru, membuka Sekolah Online Ruangguru Gratis melalui aplikasi Ruangguru, sebagai bentuk dan upaya Ruangguru dalam menjawab tantangan belajar yang dihadapi Siswa-Siswi di Indonesia di tengah Darurat Pandemi COVID-19.


Melalui Program Sekolah Online Ruangguru Gratis, para Siswa dapat mengikuti Pembelajaran Jarak jauh secara Daring (Live Teaching) setiap Hari Senin sampai Jumat, layaknya seperti Sekolah seperti biasa, di Aplikasi Ruangguru.



Dimulai dari Senin, 16 Maret 2020 (21 Rajab 1441 H), siswa bisa mengikuti pembelajaran Sekolah Online Ruangguru Gratis dari pukul 08.00 - 12.00 WIB (Dan terkadang juga sampai Petang / Sore), di mana akan tersedia 15 Kanal Live Teaching yang mencakup semua Mata Pelajaran sesuai dengan Kurikulum Nasional, mulai dari Kelas 1 SD hingga Kelas 12 SMA (IPA dan IPS), yang dipandu oleh para Master Teachers Ruangguru.

Para Siswa yang belum dapat mengikuti Sesi di Pagi hari dapat juga mengakses Rekaman Sekolah Online yang dapat diakses pada hari yang sama setelah Pukul 12.00 WIB.

Selain Fasilitas Live Teaching, para siswa dapat terus melatih pemahamannya melalui fitur Bank Soal dan Online Tryout secara Gratis.

2. Quipper




Sebagai upaya untuk mendukung himbauan dari Pemerintah, Perusahaan Edutech Quipper menggratiskan Quipper School, Platform Learning Management System (LMS) yang menawarkan cara Belajar Inovatif dan mudah digunakan baik untuk para Guru maupun Siswa.


Dengan menggunakan Quipper School, guru dapat mengelola Materi Pembelajaran, Ujian, serta Nilai Siswa. Siswa pun dapat dengan mudah mengerjakan Pekerjaan Rumah dan tugas secara Online melalui Perangkat Digital.

Melalui kemudahan penggunaan Aplikasi yang dapat diakses melalui Website / Situs utama Quipper, diharapkan layanan Quipper School yang tersedia secara Gratis dapat membantu Pemerintah dalam menanggulangi Dampak dari Pandemi COVID-19 di sektor Pendidikan.

3. Rumah Belajar (Dari Kemendikbud RI)



Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia atau Kemendikbud RI juga memiliki Aplikasi Belajar Online secara Gratis sendiri bernama Rumah Belajar. Sama seperti Ruangguru, Aplikasi Rumah Belajar ini merupakan Portal Belajar Online yang menyediakan konten berbasis Audio Visual, lengkap dengan berbagai Elemen Interaktif di dalamnya.

Ada beberapa Fitur Unggulan yang dimiliki Rumah Belajar, seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Budaya, dan lain sebagainya yang bisa diakses tanpa Berbayar.

Selain melalui Aplikasi Mobile, Rumah Belajar bisa juga diakses melalui Browser di PC (Komputer) atau Laptop lewat Laman Situs Belajar.Kemendikbud.go.id.

4. Zenius




Berpengalaman sejak Tahun 2004, Zenius menghadirkan berbagai fitur sebagai penunjang proses belajar, mulai dari Jenjang SD, SMP, SMA, SMK, hingga Kuliah lewat berbagai Konten di dalamnya. Fitur Andalan dari Zenius adalah simulasi UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) yang kini menjadi persyaratan utama untuk masuk mayoritas Perguruan Tinggi di Indonesia.

Zenius juga menyediakan Materi Tryout yang bisa kamu kerjakan dan lihat hasil dan pembahasan soalnya sendiri Untuk materi lainnya, kamu juga bisa melihat menu Insight yang berisi materai pembelajaran dari Tutor lulusan Universitas ternama dari dalam dan luar negeri.

5. Google Classroom




Sebagai salah satu Perusahaan Teknologi terbesar di Dunia, Google juga ikut andil dalam menyukseskan belajar tanpa perlu ke sekolah lewat Aplikasi bernama Google Classroom atau Google Kelas.

Aplikasi Google Classroom ini terkoneksi dengan akun Gmail sehingga mempermudah kamu, terutama untuk para pengguna Smartphone berbasis Sistem Operasi Android. Google Classroom yang sudah Jaka coba punya tampilan seperti sebuah Forum, di mana Guru dan para Murid bisa berinteraksi di dalamnya. Misal mengerjakan Tugas, memberikan Nilai, hingga Konsultasi.

Kalau menurut saya sendiri, Google Classroom lebih cocok dijadikan sebagai Aplikasi untuk Kuliah Online. Dikarenakan kurangnya Konten Interaktif yang menarik minat Belajar Anak-anak dan Remaja

6. Edmodo




Aplikasi Edmodo saat ini memiliki Tampilan dan Fitur baru yang menghubungkan antara Guru, Murid, dan Orangtua untuk mengetahui Kegiatan Belajar Mengajar. Selain memberikan Materi dan Penugasan, Guru juga bisa mendapatkan Survei dari Metode Pembelajaran yang mereka lakukan di dalam aplikasi.

Edmodo juga menyediakan Fitur Pesan / Message secara langsung yang menghubungkan antara Siswa dan Guru secara Personal. Dan juga ada Fitur Assignment sebagai pengganti dari Fitur Message untuk mengirim Tugas dari Guru. Saya sendiri juga memakai Aplikasi ini selama pelaksanaan Sekolah Online. 

7. Brainly




Siapa di antara kamu yang belum mengenal Forum Belajar yang satu ini? Brainly merupakan salah satu Forum Komunitas Pelajar terbesar di Dunia, di mana lebih dari 100 Juta orang yang berpartisipasi. Cara kerjanya adalah kamu bisa menanyakan pertanyaan yang belum kamu Pahami. Nantinya para pengguna Brainly akan menjawab pertanyaan kamu dengan penjelasan yang mudah dipahami.

Lalu bagaimana kalau ada Pertanyaan dan Jawaban yang tidak sesuai? Tenang saja, Brainly juga menyediakan Fitur Verifikasi yang dilakukan oleh para Ahli

Dengan begini kamu pun tidak perlu panik lagi saat mengerjakan PR atau Tugas, tapi tidak tahu Jawabannya. Cukup tanyakan di Brainly saja ya!

8. KelasKita





Selanjutnya ada Aplikasi Belajar Online KelasKita yang menawarkan pilihan Belajar di mana pun dan kapan pun. Salah satu fitur unik dari KelasKita adalah Fitur Sosial yang memungkinkan untuk berinteraksi dengan para Pengguna lain sehingga proses Belajar kamu semakin menyenangkan.

Selain Materi Pembelajaran Formal, kamu juga bisa meningkatkan Skill dan Keahlian lewat berbagai Materi seperti Pemrograman Android dasar, Cara membuat Website / Situs Web, Desain Grafis, dan lainnya.

Sumber Artikel (Sebagian) :  Antaranews.com dan Jalantikus.con

BONUS (Program Belajar dari Rumah di TVRI)



Dikutip (Sebagian) dari Artikel : Edukasi.Kompas.com


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui TVRI meluncurkan Program "Belajar dari Rumah" sebagai Alternatif Belajar di tengah Pandemi Coronavirus Disease (COVID-19).

"Program ini direncanakan akan dimulai pada Senin, 13 April 2020 (19 Sya'ban 1441 H) dan akan berjalan selama 3 (Tiga) Bulan hingga Bulan Juli 2020," jelas Mendikbud Nadiem Makarim pada telekonferensi Peluncuran Program Belajar dari Rumah di Jakarta, pada Kamis (9/4/2020 | 15/8/1441).

Dalam kesempatan sama, Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud) Hilmar Farid menjelaskan program Belajar dari Rumah di Televisi Republik Indonesia (TVRI). Setiap Hari dari Senin hingga Jumat ada Siaran Pembelajaran untuk seluruh jenjang dari PAUD sampai SMA/SMK dan Program untuk Orangtua (Parenting).

"Tiap jenjang ada Waktu Setengah (½) Jam,” ujarnya. “Materi siaran berasal dari berbagai sumber, seperti TV Edukasi yang diproduksi oleh Kemdikbud maupun Pihak di luar Kemendikbud," terangnya.

Berikut, dibawah ini Jadwal Tayang di TVRI Nasional : 



Senin - Jumat

08.00 - 08.30 WIB : TK / PAUD dan Sederajat

08.30 - 09.00 WIB : SD dan Sederajat Kelas 1 - 3

09.00 - 09.30 WIB : SD dan Sederajat Kelas 4 - 6

09.30 - 10.00 WIB : SMP dan Sederajat

10.00 - 10.30 WIB : SMA / SMK dan Sederajat

10.30 - 11.00 WIB : Pengasuhan dan Pendidikan Anak (Keluarga Indonesia)

19.00 - 21.30 WIB (Senin) : Film Anak

21.00 - 23.30 WIB (Selasa - Kamis) : Film Indonesia

Sabtu - Minggu

08.00 - 09.00 WIB : Cerita Pagi

09.00 - 10.00 WIB : Talkshow (Gelar Wicara Asli Indonesia)

10.00 - 10.30 WIB : Cerita Nusantara (Budaya Saya)

10.30 - 11.00 WIB : Ragam Indonesia

21.00 - 23.30 WIB (Sabtu) : Film Indonesia


GALERI

Berikut, inilah Foto tampilan Program Belajar dari Rumah yang ditayangkan di TVRI untuk SMA dan Sederajat :











Untuk melihat Postingan Artikel terdahulu di Blog ini, silahkan lihat di sini

Jadi kesimpulannya adalah Kita harus tetap untuk semagat belajar dalam kondisi apapun. Apalagi di tengah Pandemi COVID-19 ini, Seluruh Sekolah telah Diliburkan, dan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilakukan secara Daring / Online.



Dan ingatlah Pesan dari Pahlawan Pendidikan kita, yaitu Ki Hadjar Dewantara. Berikut kutipannya dalam Bahasa Jawa : 

"Ing ngarasa sung tulada 
ꦲꦶꦁꦔꦂꦱ​ꦱꦸꦁ​ꦠꦸꦭ​ꦝ
(yang di depan memberi teladan)

 Ing madya mangun karasa 
ꦲꦶꦁꦩ​ꦢꦾ​ꦩꦔꦸꦤ꧀ꦏꦂꦱ
(yang di tengah membangun inisiatif / kemampuan)

Tut wuri handayani 
ꦠꦸꦠ꧀ꦮꦸꦫꦶꦲ​ꦤ꧀ꦢ​ꦪ​ꦤ
(dari belakang mendukung)"

 ~ ~ Ki Hadjar Dewantara ~ ~


Demikianlah, Selamat Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS)! Sekian informasi ini semoga bermanfaat 😀😊😁👌👍 : ) 

Terima Kasih dan ;

Wassalammu‘alaikum Wr. Wb. 

Ads