Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[TUTORIAL] Cara membuat Konten Video TikTok bagi Pemula

Assalammu‘alaikum Wr. Wb.

Halo gaes! Apakah kalian suka TikTok-kan? Saya sendiri suka tapi jarang membuka Tik Tok. Kali ini saya akan membahas tentang "Cara membuat Konten Video Tik Tok bagi Pemula".



Sumber Artikel (Sebagian) : Inet.Detik.com dan Brilio.net

Kalian lagi kepikiran mau membuat Video di Tik Tok untuk pertama kalinya, tapi tidak tahu bagaimana mulainya? Tak usah bingung, membuat Video Tik Tok itu mudah sekali.

Selalu ada yang pertama buat segala hal kan, termasuk cara membuat Video Tik Tok untuk Pemula. Coba kalian ikuti langkah-langkah mudah berikut ini.

1. Dowload Aplikasi Tik Tok


Langkah Pertama pastinya download dulu TikTok-nya. Aplikasi ini tersedia Apple App Store buat kalian yang pakai iPhone dan Google Play Store buat yang pakai ponsel Android. Kalian bisa langsung download saja, lalu Daftar dan Buat Akun-nya jika belum punya Akunnya.

Kalau mau lebih mudah, kalian bisa juga daftar dengan menghubungkan TikTok kalian ke Facebook, Twitter atau akun Gmail.

2. Set up Profil Akun

Setelah mendaftar, masuk ke Profil dengan tap ikon "Me" di sudut kanan bawah dan pilih Edit Profil.

Tambahkan gambar atau video buat profil kalian, dan jangan lupa isi Bio kalian supaya menarik. Saat membuat Akun pertama kali, biasanya username kalian masih berupa deretan Kode atau Angka. Username ini bisa kalian ubah sesuai nama akun yang diinginkan.

Kalian juga bisa menambahkan Link Instagram, Facebook, YouTube dan Twitter ke profil TikTok kalian agar konten kalian bisa lebih terekspos. Ini berguna juga buat kalian yang pakai TikTok untuk mempromosikan Bisnis atau Branding.

3. Pilih Musik yang kamu inginkan


Sudah tahu ingin membuat Konten seperti apa? Selanjutnya adalah pemilihan Musik. Kalau ini kali pertama kamu menggunakan TikTok akan ada 'Permissions' untuk mengakses Mikrofon.

Pilih Musik yang sesuai dengan ide kamu dari perpustakaan bawaan TikTok. Kamu bisa mendengar cuplikan musik untuk memastikan.

4. Membuat Video


Kalau sudah ada pilihan Musik, kamu bisa langsung membuat Video-nya. Arahkan kamera ke subjek atau ke objek apapun yang mau kamu rekam dengan menekan dan tahan lingkaran merah di bagian bawah tengah layar.


5. Edit Video


Setelah kamu buat videonya, kamu bisa Edit seperti yang kamu mau. Kamu bisa mengganti musik, kasih stiker, dan tambahan teks. Kalau sudah, ada juga opsi untuk kasih Effects, Timer, Speed Control dan lain-lain.


Jika ingin mencari Musik yang sesuai dengan Konten TikTok, silahkan klik di bagian "Sounds". Lalu pilihlah Musik yang sesuai dengan Sekarang yang sedang Trending / Viral di TikTok. Kalian juga bisa pilih Lagu-lagu apa saja yang kamu mau, lalu klik di Lagu-lagu yang akan kalian pilih.


Jika masih merasakan terlalu kencang Musik-nya, bisa di Edit terlebih dahulu Suaranya. Pertama, klik di bagian "Voice Effects", lalu Anda bisa pilih Efek Suara yang ingin kamu pilih. Kedua, klik di bagian "Volume", lalu ubahlah Volume Suaranya (Original Sound untuk Suara Rekaman / Suara Asli, sedangkan Added Sound untuk Suara Musik dan lain-lain).


Jika ingin menambahkan Teks, silahkan klik di Tombol "Text" di bagian bawah. Lalu ketiklah sesuai dengan keinginan Anda. Anda juga bisa meng-Edit Teks . Jika sudah selesai, klik di Tombol "Done".

6. Interaksi

Langkah terakhir jangan lupa beri judul untuk video kamu dan hashtag agar video kamu bisa terjangkau oleh orang banyak. Selamat mencoba!


Jika sudah selesai, Klok di Tombol "Next" yang ada di bagian bawah. Lalu Anda diminta untuk membuat Hastag atau Tanda Tagar dan juga Caption yang akan kalian tulis. Jika sudah selesai, lalu Klik di Tombol "Post". Atau jika ingin menyimpannya, klik di Tombol "Drafts". Cara ini hampir sama seperti memposting di Instagram.


Kalau sudah selesai, silahkan tunggu saja sampai Video yang telah kamu buat. Lalu Selesai! Video Anda telah di Publish.

Oh ia, kalau mau melihat Konten TikTok saya (Video TikTok yang telah saya buat), lihatlah Video dibawah ini :



Itulah Tutorial cara membuat Konten Video Tik Tok bagi Pemula. Mohon maaf apabila ada kesalahan apapun.

Terima Kasih, dan Semoga Bermanfaat :)

Wassalammu‘alaikum Wr. Wb. 

Ads