Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Daftar 6 Menteri Baru beserta dengan Wakil Menteri Baru Jokowi yang telah Dilantik Pagi tadi

Assalammu‘alaikum wr. wb.

Hello guys! Taukah kamu bahwa pagi tadi Jokowi telah melantik 6 Menteri beserta dengan Wakil-nya. Tujuan Jokowi melantik kepada Menteri-menteri tersebut adalah untuk melakukan Reshuffle Jilid 2 di Kabinet Jokowi da dikarenakan juga ada 2 Menteri yang terjerat dalam Kasus Korupsi. Dan dilaksanakannya pada Hari ini (Rabu) Tanggal 23 Desember 2020 (8 Jumadil Awal 1442 H).



Sumber Artikel : Okezone.com, dan Tribunnews.com

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengumumkan reshuffle atau perombakan Kabinet Indonesia Maju, pada Selasa, 22 Desember 2020 (7 Jumadil Awal 1442 H). Ada 6 menteri baru yang bakal mengisi kabinet Indonesia Maju ke depannya. 

Lima (5) Wakil Menteri itu akan dilantik Hari ini, Rabu (23/12/2020M | 8/5/1442H) bersama-sama dengan Enam (6) Menteri baru yang diperkenalkan Selasa kemarin yakni Tri Rismaharini, Wahyu Sakti Trenggono, Yaqut Cholil Qoumas,  Sandiaga Uno, M.Lutfi, dan Budi Gunadi Sadikin.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono membenarkan adanya pelantikan 5 Wakil Menteri. "Semua Wamen di lantik juga bersama para Menteri," imbuhanya. 

Berikut, inilah Daftar 6 Menteri dan 5 Wakil Menteri yang sudah dilantik oleh Presiden Joko Widodo :

A. Enam (6) Menteri

1. Tri Rismaharini menjadi Menteri Sosial (Kemensos) menggantikan Juliari Batubara yang tersandung Kasus Korupsi Dana Bansos COVID-19.

2. Sandiaga Uno ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparakraf) menggantikan Wishnutama Kusubandio 

3. Budi Gunadi Sadikin menjadi Menteri Kesehatan (Kemenkes) yang baru menggantikan Terawan Agus Putranto

4. M Lutfi ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Perdagangan (Kemendag) yang menggantikan Agus Suparmanto

5. Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama (Kemenag) menggantikan Fachrul Razi

6. Wahyu Sakti Trenggono ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang juga telah ditangkap KPK karena Kasus Korupsi Benih Lobster. 

B. Enam (6) Wakil Menteri

1. Letjen TNI Muhammad Herindra

Letjen TNI Muhammad Herindra diangkat menjadi Wakil Menteri Pertahanan. Saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Umum (Kasum) TNI. Dalam catatan di Wikipedia, Letjen TNI M Herindra lahir di Magelang, Jawa Tengah pada Tanggal 30 November 1964.

Dikutip dari Surya (Tribunnews), Herindra merupakan lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) 1987, seangkatan dengan Jenderal Andika Perkasa. Herindra berpengalaman dalam bidang Infanteri dan jabatan sebelumnya adalah Inspektur Jenderal TNI.

2. Edward Komar Syarief

Edward Komar Syarief ditunjuk sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM. 

3. Dante Saksono Harbuwono

Dante Saksono Harbuwono dipercaya Jokowi sebagai Wakil Menteri Kesehatan. IIa adalah seorang Dokter Spesial penyakit dalam. Ia lulus dari Fakultas Kedokteran UI. 

4. Harfiq Hasnul Qobri

Harfiq Hasnul Qobri diangkat Jokowi menjadi Wakil Menteri Pertanian. 

5. Pahala Nugraha Mansury

Pahala N Mansury diangkat menjadi Wakil Menteri BUMN menggantikan Budi Gunadi Sadikin. 

Saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN). Ia telah malang melintang di BUMN. Beberapa jabatan yang pernah ia duduki antara lain Direktur Keuangan Pertamina dan Direktur Garuda Indonesia. 


Semoga saja dengan adanya Menteri-menteri baru ini tidak ada lagi yang namanya Kasus Korupsi. Terima Kasih :)

Wassalammu‘alaikum wr. wb.

Ads