Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waduh! Tadi seluruh Layanan Google DOWN!! (Dimulai dari YouTube hingga Blogger dan semua Layanan Google)

Assalammu‘alaikum wr. wb.

Hello gaes! Tadi sore sekitar Jam 7 Kurang atau tepatnya pada Pukul 18:45 WIB hingga Pukul 19:30 WIB, Tiba-tiba Google, Blogger, dan YouTube TUMBANG / DOWN. Hingga saat ini belum diketahui penyebab tumbangnya layanan Google.



Sebelum itu saya akan bercerita terlebih dahulu tentang pengalamanku tadi ketika aku sedang menonton Video YouTube di Ponsel, tiba-tiba Error. Awalya aku sendiri tidak tahu penyebabnya kenapa. Dan ketika aku sedang membuka YouTube di Laptop, tiba-tiba juga tidak bisa lagi Error. Lalu saya sendiri langsung mengeluarkan (Sign out) Akun Google-ku.


Dan ketika ingin masuk lagi ke Akun Google, tiba-tiba tidak bisa dan Error. Pada awalnya aku kira ada sesuatu pada Akun Google-ku, dan sayapun ingin cari tahu penyebab tidak bisa dibuka dan mengiranya bahwa Akun Google-ku telah ada yang memblokir sehingga tidak bisa dibuka.

Lalu aku coba membuka Google Drive, Blogger, dan GMail tapi tetap tidak bisa dibuka. Dan akupun ingin coba membuka Blog saya yang bernama "Inzaghi's Blog". Ketika ingin membuka Blog ini (Inzaghi's Blog) juga tidak bisa, dan juga Inzaghi's Sites juga tidak bisa dibuka. Mungkin saja kalimatnya yang berbunyi "Oops something went Wrong.". Dan aku tunggu sampai Jam setengah 8, Alhamdulillah Akun Google aku sudah bisa dibuka lagi. Blogger dan Inzaghi's Blog juga sudah bisa dibuka, YouTube juga sudah bisa ditonton kembali. 

Sebenarnya tidak hanya saya saja yang mengalami hal-hal buruk seperti ini. Akan tetapi Semua orang-orang juga mengalami hal yang sama. Berikut, inilah Berita dan Penjelasannya.

BERITA

Sumber Artikel : Tirto.idKumparan.com, dan Inet.Detik.com

Google dan beberapa layanannya, termasuk YouTube, Gmail, Asisten Google, hingga Google Play hari ini dilaporkan mengalami gangguan dan sulit diakses. 

Laporan situs DownDetector, yang dikutip dari laman The Verge, menunjukkan gangguan di sebagian layanan Google, khususnya GMail, terjadi setidaknya sejak pukul 6:40 AM ET atau 18:55 WIB, Senin malam, 14 Desember 2020 (29 Rabi'ul Akhir 1442 H). Sampai tulisan ini dibuat, Google belum mengumumkan masalah tersebut maupun memberikan info klarifikasi. 

Namun, Tagar "#YouTubeDOWN" segera menjadi Tren di Twitter, pada Senin malam. Gangguan ini dilaporkan terjadi di banyak negara.  The Verge melaporkan telah menerima konfirmasi bahwa gangguan di sejumlah layanan Google terjadi di AS, Inggris, Belanda, hingga Jepang. Adapun laporan situs DownDetector menginformasikan bahwa masalah di layanan Google terjadi meluas di banyak negara.

Sampai pukul 19.40 WIB hari ini, Data Situs DownDetector menunjukkan laporan mengenai kasus "pemadaman" beberapa layanan Goggle yang muncul pada hari ini, terjadi pada Rentang Waktu :
  • Situs Google : Pukul 18.24 - 19.24 WIB (Pemadaman)
  • YouTube : 18.23 - 19.23 WIB (Pemadaman)
  • Gmail : 18.37 - 19.22 WIB (Pemadaman)
  • Blogger : 18.24 - 19.24 WIB (Kemungkinan Pemadaman)
  • Google Maps : 18.42 - 19.27 WIB (Kemungkinan Pemadaman)
  • Google Play : 18.24 - 19.24 WIB (Pemadaman).

Menurut data laman DownDetector, sebesar 58 Persen laporan terkait masalah YouTube yang masuk adalah keluhan tentang gangguan dalam melihat video. Sedangkan laporan terkait gangguan Gmail, 72 Persen berupa gagal log-in. Adapun khusus laporan terkait 

Dibalik tumbangnya layanan Google, tersimpan keanehan. Meski memiliki status tumbang, beberapa layanan Google, seperti YouTube, Google Maps, Gmail, hingga Google Meet masih bisa diakses melalui Private Browser atau Mode Incognito. 

Jika Anda menggunakan Browser Chrome, bisa mencoba pergi ke Mode Incognito, dan buka situs YouTube. Video YouTube pun masih bisa diputar. Cek Email di Gmail masih bisa. Netizen pun banyak yang menyampaikan keluh kesahnya soal Google down ini. Sampai saat ini, layanan Google masih bermasalah.

"YouTube + Gmail Down... #YouTubeDOWN," "Gmail is down. Fear and panic spreads across the globe. The end," begitu jeritan sebagian netizen.

"Youtube down, Gmail down, Playstore down, God please give me strength," sebut yang lain. Meme pun sudah bermunculan mengenai masalah ini.


Belum ada penjelasan dari Google mengenai penyebab masalah ini. Terlihat di situs pemantau website atau aplikasi down, Down Detector, Gmail down terjadi di cukup banyak negara termasuk Indonesia. Semoga Google down bisa cepat teratasi karena menjadi andalan banyak orang.




Sampai tulisan ini dibuat Google belum memberikan keterangan mengenai penyebab gangguan terjadi. Dalam halaman status untuk layanan Google melaporkan semua layanan mengalami masalah. 

Sementara situs web DownDetector mencatat ada 9.243 laporan Google mengalami gangguan dari pengguna pada Pukul 18:47 WIB. Isu teknis ini tidak hanya dialami oleh pengguna dari Indonesia saja, tetapi juga negara lain seperti Jepang, India, Amerika Serikat (AS / USA), dan negara-negara Eropa macam Italia, Inggris Raya (UK), dan Jerman.

Laporan tumbangnya Google dan YouTube pun meningkat di Twitter karena pengguna tidak dapat mengakses layanan tersebut. 



Untung saja kejadian ini hanya sampai Satu Jam saja. Kalau tidak, saya tidak akan bisa Periksa Tanggal, Update COVID-19, tidak bisa nonton YouTube dan juga tidak bisa menulis Artikel ini di Inzaghi's Blog (dan mungkin saja sampai sekarang tidak bisa membuka Inzaghi's Blog).

Terima kasih / Thank You;

Wassalammu‘alaikum wr. wb.

Ads