Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[#BekerjaDiRumah] Inilah Aplikasi / Platform Video Conference Terbaik selama masa Pandemi COVID-19

Assalammu‘alaikum Wr. Wb. 

Halo gaes! Saat ini sedang dilanda Wabah COVID-19 yang merupakan Pandemik Dunia. Maka dari itulah diadakannya Social Distancing agar berjaga jarak dan juga Tinggal di Rumah merupakan cara terbaik dalam menghadapi Wabah ini. Sekarang bekerja di Rumah bisa dengan menggunakan Layanan atau Aplikasi / Platform Video Conference jika ingin mengadakan Pertemuan secara Online / Daring.



Kebutuhan akan Aplikasi untuk Video Conference menjadi semakin tinggi seiring dengan Anjuran Pemerintah untuk bekerja di Rumah.

Berkat Teknologi inilah, Interaksi Tatap Muka tetap bisa dilakukan meski terpisah jarak. Koordinasi antar Tim pun jadi semakin mudah karenanya.

Meskipun demikian, Video Conference menggunakan Aplikasi tentu memiliki keterbatasannya sendiri. Oleh karena itu, untuk menjaga Produktivitas anda selama Work From Home (WFH), berikut inilah beberapa Aplikasi untuk Video Conference terbaik yang bisa anda gunakan.

1. Zoom

Tampilan Zoom

Zoom adalah Aplikasi Video Conference yang mulai banyak digunakan semenjak Wabah Virus Corona maelanda memaksa para Karyawan bekerja dari Rumah. Wajar saja, karena memang aplikasi ini terbilang cukup baik karena mampu menyelenggarakan Video Conference dengan kapasitas hingga 1.000 Orang.

Dengan menggunakan Zoom, Anda bukan hanya bisa mengadakan Video Conference saja, tetapi juga Audio Conference, Live Chat, Merekam jalannya Meeting, dan Webinar (Seminar Web). Layanan yang ditawarkan ini memang sangat membantu di tengah Anjuran untuk bekerja dari Rumah.


Layanan Zoom sendiri terdiri dari beberapa tingkatan dengan harga yang berbeda-beda. Pertama, ada Zoom Free yang Gratis namun dengan batas waktu 40 Menit per Pertemuan. Kedua, Zoom Pro yang dibanderol dengan Harga US$ 14,99 (Sekitar Rp. 214.000,-) per Bulan per Meeting Host yang cocok untuk Tim Kecil. Ketiga, ada Zoom Business dengan Harga US$ 19,99 (Sekitar Rp. 285.000,-) per Bulan per Meeting Host yang menawarkan fitur Branding Perusahaan, dukungan Layanan Spesial, dan Transkrip Meeting. Keempat, Zoom Enterprise yang juga dibanderol dengan Harga US$ 19,99 (Sekitar Rp. 285.000,-) per Bulan per Host.

2. Google Hangouts Meet

Google Hangouts Meet

Google memiliki Aplikasi Video Conference yang cukup andal bernama Hangouts Meet. Aplikasi bisa digunakan untuk Meeting Virtual dengan Jumlah Peserta hingga 250 Orang. Sayang, untuk bisa memanfaatkan fitur-fiturnya dengan maksimal, kamu harus berlangganan layanan G-Suite. Untuk Versi Gratis hanya bisa menerima Panggilan Video, dan tidak bisa membuat Panggilan.

Google Hangout Meet memiliki User Interface yang baik dan sederhana, sehingga mudah dipahami oleh semua orang. Adanya Fitur untuk berkirim Pesan melalui Chat juga membuat Google Hangouts semakin nyaman untuk Video Conference.

Tampilan Google Meet

Jika dalam kondisi tertentu di mana Koneksi Internet kurang stabil, fitur chat ini akan sangat berguna. Google Hangouts Meet juga memiliki keunggulan lainnya, yaitu adanya enkripsi end-to-end untuk memastikan keamanan komunikasi Anda. Selain itu, Google Hangouts Meet juga bisa digunakan pada perangkat Komputer atau pun Smartphone. Fleksibilitas ini memberikan kemudahan untuk berkoordinasi dengan Rekan Satu Tim yang mungkin sedang berada di Lapangan dan tak memiliki Akses ke Komputer.

3. Skype

Aplikasi Skype

Ditemukan oleh Priit Kasesalu and Jaan Tallinn, Skype adalah salah satu veteran dalam persoalan Video Conferencing Software. Sejak Tahun 2003, Skype biasa digunakan untuk melakukan Panggilan Suara (Voice Call), Panggilan Video (Video Call), atau sekedar melakukan Chat.

Tampilan Skype

Aplikasi Skpe juga bisa digunakan untuk Video Conference dengan jumlah peserta yang banyak melalui "Meet Now". Untuk Jumlah Maksimum, Peserta Video Conference bervariasi tergantung pada Platform dan Perangkat anda. Fitur unggulan dari Skype diantaranya dapat merekam panggilan hingga 30 hari, bisa mengaburkan background hanya bisa di Aplikasi, kemudian membagikan Presentasi untuk dibahas bersama Rekan Kerja anda.

Tetapi, dengan adanya Skype for Business yang menambahkan Fitur Video Conference hingga 250 Orang sekaligus, termasuk Screen-Sharing di mana anda bisa membagikan Layar anda dan tentunya memudahkan Presentasi. Skype bersifat Gratis, tetapi Skype for Business bisa dibeli sepaket dengan Microsoft Office 365 Businesss Essentials dimulai dengan Harga sekitar US$ 5 (Sekitar Rp. 71.000,-) per Bulannya hingga US$ 35 (Sekitar Rp. 498.000,-) per Bulannya.

4. Microsoft Teams

Still image from video chat including nine people from St. Luke’s University Health Network. Some can be seen wearing a face mask.

Microsoft Teams adalah pengganti dari Layanan Skype for Business. Aplikasi Teams ini memadukan Video Conference dengan Pesan Instan (Instant Messaging), Telepon biasa, dan Kolaborasi Dokumen ke dalam Satu Aplikasi saja. Aplikasi Teams telah terkoneksi dengan Layanan Microsoft Office 365 sehingga Anda bisa menyelesaikan Pekerjaan Kolaboratif tanpa perlu bertemu secara langsung.


Selain untuk Rapat Online, Aplikasi Teams juga bisa digunakan untuk Webinars, Presentasi, atau pun Rapat dalam Skala Besar dengan Kapasitas hingga 10.000 Orang yang berasal dari Dalam dan Luar Organisasi Anda. Aplikasi ini tersedia untuk Perangkat Komputer, ataupun Perangkat Smartphone dan Tablet Anda. Harga yang ditawarkan pun mulai dari Rp. 39.100,- per pengguna per Bulan hingga Rp. 159.100,- per Pengguna / User per Bulan.

4. Cisco WebEx


Aplikasi Cisco WebEx cocok digunakan oleh Bisnis berskala besar dengan jumlah karyawan yang sangat banyak.

Cisco WebEx sering dianggap sebagai salah satu penyedia Layanan Video Conference terbaik karena mampu menyajikan Kualitas Gambar yang baik selama berjalannya Video Conference. Cisco WebEx juga memastikan Suara Latar selama Meeting terminimalisir dengan baik. Dengan demikian, Video Conference Anda akan jadi lebih Nyaman dan Efisien.


Untuk Keadaan Darurat Pandemi Virus Corona (COVID-19) saat ini, Versi Gratis dapat membuat Panggilan dengan 100 Peserta dan tidak ada batasan 40 Menit. Anda juga bisa melakukan Panggilan Audio atau Suara saja, tanpa Video.

5. Facetime


FaceTime adalah Aplikasi Video Conference atau Video Call yang diluncurkan oleh Apple. Aplikasi ini hanya bisa digunakan di Perangkat-perangkat Apple seperti iPhone, iPod Touch, iPad, iMac, dan juga Macbook. Sehingga, jika dalam Tim Anda terdapat anggota yang bukan pengguna Produk Apple maka tidak disarankan untuk menggunakan FaceTime.

Aplikasi FaceTime sendiri terkenal memiliki cara penggunaan yang mudah. User Interface-nya pun cukup sederhana sehingga mudah dimengerti oleh siapa saja. Namun, Aplikasi ini dirasa kurang cocok untuk keperluan Bisnis karena FaceTime lebih Identik dengan Video Conference Kasual saja. Hal ini terlihat dari bagaimana Anda bisa menambahkan aneka Filter dan Animoji yang lucu.

6. GoToMeeting

Tampilan GoToMeeting

GoToMeeting adalah Aplikasi Video Confence yang punya banyak Fitur. Sama halnya dengan Aplikasi lainnya, GoToMeeting juga memungkinkan anda mereka jalannya Meeting, mengirimkan pesan singkat pada saat Video Conference, serta Penjadwalan Meeting yang Komprehensif. Selain itu, GoToMeeting juga memungkinkan anda membuat Ruangan Meeting Virtual sendiri, dengan Link tersendiri untuk menjamin Privasi.

Bagi anda pengguna Perangkat Apple, GoToMeeting telah terintegrasi dengan Asisten Virtual Siri, sehingga Anda bisa mengaksesnya hanya melalui Perintah Suara saja. Selain itu, GoToMeeting juga memiliki Fitur yang disebut Commuter Mode untuk menghemat Penggunaan Data anda. Menarik bukan?

7. Lark Suite

Tampilan Lark

Perusahaan Digital asal Singapura memungkinkan penggunanya menggunakan berbagai macam perangkat kerja online dalam satu aplikasi. Disebut Lark, Platform Kolaborasi Digital ini dibuat oleh perusahaan Lark Technologies Pte. Ltd. Layanannya telah masuk beberapa Negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam.

Kehadiran Lark mendukung upaya pemerintah untuk Bekerja Jarak Jauh atau Work From Home. Tidak hanya untuk para Pekerja, Lark pun sudah diakui oleh UNESCO sebagai Platform yang dapat membantu para Siswa-Siswi, Orangtua dan Guru dalam memfasilitasi proses Belajar-Mengajar dan Interaksi Sosial selama Masa Karantina Virus Corona COVID-19. 

Lark juga menyediakan Fitur seperti Video Conference .Dengan fitur ini, Pengguna dapat mengatur Konferensi Video / Video Conference dengan hingga 100 Peserta, ia menawarkan Waktu yang tak terbatas, Berbagi Layar (Share Screen), Share, dan mengedit bersama Dokumen Lark selama Panggilan Video/ Video Call. (Baca Selengkapnya di sini)

8. Jitsi

Tampilan Jitsi

Berbeda dengan beberapa Aplikasi Video Conference diatas, Jitsi adalah Layanan yang sepenuhnya Gratis. Maka dari itu, tidak ada Paket Premium atau Berbayar lainnya pada Jitsi. Meskipun Gratis, Fitur-fitur di Jitsi terbilang cukup lengkap yakni Screen Sharing, mengedit Dokumen bersama dengan menggunakan Etherpad, bertukar pesan selama Meeting, dan Jumlah Peserta yang hampir Tak Terbatas.

Bahkan, Jitsi juga bisa Anda hubungkan dengan layanan Live Stream YouTube yang bisa diakses oleh siapa pun yang Anda inginkan. Menarik bukan?



Sekian Informasi yang saya berikan. Oh ia saya juga ada Tips agar aman saat memakai Aplikasi Zoom, yaitu : 


Demikianlah, Semoga bermanfaat untuk kita semua, Terima Kasih dan;

Wassalammu‘alaikum Wr. Wb. 

Ads