Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Perbandingan Tampilan Blogger yang Lama dengan Tampilan yang Baru

Assalammu‘alaikum Wr. Wb. 

Halo gaes! Taukah anda? Bahwa baru-baru ini, Blogger telah mengubah Tampilan yang baru. Akan tetapi penggunaannya sedikit berbeda dari beberapa Fitur-fiturnya. Sebenarnya Blogger Tampilan Baru ini sudah ada sejak Oktober 2019 lalu, tetapi di Tahun 2020 ini baru dikembangkan dan diperbarui kembali Tampilan dan Fitur-fitur di Blogger Baru ini oleh Google.

Tampilan Blogger Lama dengan Blogger Baru, Lihat di sini untuk lebih jelasnya

Blogger dimiliki oleh Raksasa Google menjadi daya tarik tersendiri bagi Blogger pemula yang ingin mencoba-coba membuat Blog secara Gratis karena semua Fitur yang ada pada Blogger diberikan secara cuma-cuma oleh Google. Kita bisa belajar menulis di Blog dengan membuat beberapa Blog untuk setiap Akun Google yang kita punya.

Artinya jika kita mempunyai 1 (Satu) Email di Akun Google, kita bisa membuat Blog kita sendiri lebih dari Satu Blog dalam Satu Akun Blogger kita. Jika ingin melihat dari Situs Artikel lainnya mengenai Tampilan Blogger, silahkan lihat di sinidi sinidi sinidi sini, di sini, di sini, dan di sini.

Dan inilah Perbandingan Tampilan Blogger Lama dengan Blogger Baru yang akan saya bahas.

PERBANDINGAN TAMPILAN BLOGGER

Contohnya saja pada Blog saya (Inzaghi's Blog) di atas merupakan Perbandingan Tampilan pada Blogger Lama dengan Blogger Baru.

A. Tampilan Dasar Blogger (Dashboard Blogger)

    1. Postingan (Posts)


Bagian ini adalah Bagian Postingan yaitu di mana anda bisa memposting Artikel apa saja sesuai dengan Blog anda. 

Jika di Blogger Lama hanya menampilkan Judul Postingan, Kategori (Label), Jumlah Pembaca, dan Tanggal Posting. Akan tetapi di Blogger Baru juga ditampilkan dengan Gambar dari Postingan tersebut.

Akan tetapi kalau dalam Postingan tersebut tidak ada Gambar sama sekali, di Blogger Baru hanya menampilkan Huruf Pertama sesuai dengan Judul Postingan saja. Dan juga kalau ada Video dari Postingan tersebut tetapi tidak ada Gambar sama sekali, biasannya di Blogger Baru hanya menampilkan Gambar dari Video dari YouTube.

    2. Statistik (Stats)


Di bagian ini, Statistik ini fungsinya untuk mengetahui Jumlah Pengunjung dari Blog anda, dan juga Jumlah Pembaca dari salah satu Artikel / Postingan dan Halaman.

Di Statistik Blogger Baru, tampilannya lebih Bagus dan Rapi daripada di Statistik Blogger Lama. Sedangkan di Statistik Blogger Lama, tampilannya kurang menarik dan biasa-biasa saja.

    3. Komentar (Comments)


Bagian Komentar ini fungsinya untuk melihat Isi Komentar orang lain yang telah membaca dari Artikel-artikel tertentu. Jika di Blogger Lama cuma ada tulisannya saja dan juga Isi Komentar dan Judul Postingan-nya jelas. Sedangkan di Blogger Baru dilengkapi juga dengan Gambar dari Profil Komentar, Isi Komentarnya Jelas tetapi Judul Postingan-nya yang kurang jelas.

    4. Halaman (Pages)


Bagian ini adalah Bagian Halaman yaitu di mana anda bisa memposting ataupun memperlengkap Catatan ataupun Rincian Halaman apa saja sesuai dengan Blog anda. 

Sama seperti di Bagian Postingan, jika di Blogger Lama Bagian Halaman hanya menampilkan Judul Postingan, Jumlah Pembaca, dan Tanggal Posting. Akan tetapi di Blogger Baru juga ditampilkan dengan Gambar dari Bagian Halaman tersebut.

Akan tetapi kalau dalam Halaman tersebut tidak ada Gambar sama sekali, di Blogger Baru hanya menampilkan Huruf Pertama sesuai dengan Judul Halaman saja. Dan juga kalau ada Video dari Halaman tersebut tetapi tidak ada Gambar sama sekali, biasannya di Blogger Baru hanya menampilkan Gambar dari Video dari YouTube.


    5. Tata Letak (Layout)


Tata Letak ini tujuannya untuk mengubah atau mengatur ulang Komposisi dari susunan yang ada di Blog, misalkan ingin Memasang, Menghapus, atau Mengatur di Widget, Memasang, Menghapus atau Mengganti Gambar di bagian Header, dan lain-lain.

Sebenarnya hampir sama susunan dari Tata Letak, akan tetapi tempat untuk Simpan, Hapus dan Pratinjau yang berbeda. Kalau di Blogger Lama ada di Atas Layar sedangkan di Blogger Baru ada di Bawah Layar.

    6. Tema (Themes)


Bagian ini bertujuan untuk merubah di Tema Blogger, dan juga untuk mengedit dengan menggunakan Format HTML. Tema ini juga bisa untuk mengatur dan mengaktifkan/mengnonaktifkan Mode Ponsel di Mobile Settings.

Jika di Blogger Lama kita bisa langsung klik Mode HTML, tetapi kalau di Blogger Baru kita harus klik di Tombol Titik Tiga lalu klik Edit HTML. Dan juga apabila kita klik Tombol "SESUAIKAN / CUSTOMIZE", Desain Tema Blogger tetap sama Tampilan-nya baik di Blogger Lama maupun di Blogger Baru.

    7. Setelan (Settings)


Dan terakhir di Bagian Pengaturan / Setelan, dimana kita bisa mengatur sesuai dengan keingginan kita. Misalkan ingin mengubah Bahasa, Privasi, Alamat di Blog, Pengaturan HTTPS, Izin di Blog, Komentar, dan Pengaturan lainnya.

Tampilan Setelan di Blogger Lama dan Blogger Baru juga berbeda. Kalau di Blogger Lama Pengaturan-nya terbagi-bagi secara terpisah sedangkan di Blogger Baru Pengaturan-nya menyatu dan tergabung.

    8. Daftar Bacaan (Reading List)


Sebenarnya di bagian ini hanya untuk menampilkan isi Blog dari Komunitas / Pihak Blogger. Di Daftar Bacaan / Reading List ini juga tersedia Blogger Buzz. Sebenarnya di Blogger Lama dan Blogger Baru hampir sama tampilannya, hanya saja Grafis UI (User Interface) / Antarmuka Pengguna saja yang sedikit berbeda.

B. Tampilan Mengedit di Blogger

    1. Edit Postingan

Perbandingan Tampilan Lama dan Tampilan Baru Edit Blog (Postingan) di Blogger (Dengan Mode Menulis dan Mode HTML)

    2. Edit Halaman

Perbandingan Tampilan Lama dan Tampilan Baru Edit Blog (Halaman) di Blogger (Dengan Mode Menulis dan Mode HTML)

    3. Edit HTML di bagian Tema


Jika anda ingin mengedit di Bagian Tema dengan menggunakan Format HTML, akan muncul seperti pada Gambar di atas. Jika di Blogger Lama pada Tampilan Layar HTML ukurannya tidak penuh dan juga ada Keterangan di atas. Sedangkan di Blogger Baru Layar HTML-nya Penuh dan hanya dengan menggunakan Simbol-simbol saja. Tapi menurut saya lebih nyaman memakai Blogger Baru untuk mengedit dengan Mode HTML.

    4. Pratinjau Postingan


    5. Pratinjau Halaman


C. Tampilan saat nge-Blog

Kalau kita lagi ngeblog pasti akan muncul seperti pada gambar di bawah ini. Inilah perbedaannya jika memakai Blogger Lama dan Blogger Baru.

    1. Menambahkan Gambar - Upload


    2. Menambahkan Gambar - Dari Album (Blog ini)


    3. Menambahkan Video - Upload


    4. Menambahkan Video - Dari YouTube (Blog ini)


    5. Sisipkan Karakter Khusus (Simbol - Panah)


    6. Sisipkan Karakter Khusus (Latin - Umum)


    7. Tampilan Popup jika ingin masuk ke Blogger Baru (Dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris)


D. Tampilan Blogger di Aplikasi Android (Blogger Lama dan Blogger Baru)

Akan tetapi juga ada Aplikasi Blogger juga tersedia di Ponsel baik di Perangkat Android (Play Store) maupun di Perangakat iOS (App Store). Berikut inilah Tampilan Blogger Lama dan Blogger Baru di Aplikasi Android :

    1. Tampilan Publikasi (Publish)


    2. Tampilan Pratinjau (Preview)


    3. Tampilan Edit Postingan


    4. Tampilan Membuat Postingan Baru


    5. Tampilan Setelan (Settings)


    6. Tampilan Tentang Blogger


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Adapun Kelebihan dan Kekurangannya di balik Blogger Lama dan Blogger Baru yaitu : 

A. Kelebihan (Blogger Baru) dan Kekurangan (Blogger Lama)

Adapun Kelebihan (di Blogger Baru) dan Kekurangan (di Blogger Lama) adalah :

    1. Di Blogger Baru, meskipun Warna-nya cuma sedikit tetapi kita juga bisa Custom (bisa kita atur sendiri warnanya sesuka hati). Sedangkan kalau di Blogger Lama kita tidak bisa Custom walaupun Warna-nya lebih banyak.

    2. Di Blogger Baru, kita juga bisa mengatur sendiri Ukuran Gambar dengan menekan Tombol Plus (+) dan Minus (-). Sedangkan di Blogger Lama kita tidak bisa mengatur sendiri gambarnya (Ukuran Kustom / Custom Size).

    3. Di Blogger Baru, Tersedia Kolom Tabel sedangkan kalau di Blogger Lama tidak tersedia Kolom Tabel (Harus menggunakan Microsoft Word untuk membuat Tabel).

    4. Jika kita ingin menyimpan Hasil Postingan dan Halaman di Blogger Baru hanya menampilkan tulisan Popup di sebelah Bawah Kiri. Sedangkan di Blogger Lama, jika kita ingin menyimpan Hasil Postingan dan Halaman maka akan langsung keluar dan kembali ke Laman Postingan atau Halaman.

    5. Jika kita ingin mengetik dengan Format HTML (Postingan atau Halaman) di Blogger Baru, Bahasa Pemograman-nya berwarna dan juga ada Nomor-nomor Pemograman di HTML dan lebih memudahkan bagi Orang Awam yang baru Belajar Coding. Sedangkan kalau di Blogger Lama jika kita ingin mengetik dengan Format HTML (Postingan atau Halaman), tidak berwarna dan tidak ada Nomor-nomor Pemograman di HTML sehingga menyulitkan bagi Orang Awam yang baru Belajar Coding.

A. Kelebihan (Blogger Lama) dan Kekurangan (Blogger Baru)

Adapun Kelebihan (di Blogger Baru) dan Kekurangan (di Blogger Lama) adalah :

    1. Di Blogger Lama, kita bisa mengubah Tanggal dan Waktu Postingan di Jadwal Postingan walaupun Artikelnya sudah diposting. Sedangkan di Blogger Baru kalau sudah diposting Artikel-nya tidak bisa lagi merubah Jadwal Postingan (Tanggal dan Waktu).

    2. Di Blogger Lama jika ingin memasukkan dan menyalin Tabel dari Microsoft Word, Tabel-nya Teratur. Sedangkan kalau di Blogger Baru jika ingin memasukkan dan menyalin Tabel dari Microsoft Word, Tabel-nya Berantakan dan tidak teratur (Tabelnya berjarak-jarak).

    3. Jika kita ingin menambahkan Gambar dengan Jenis Format File apapun di Blogger Lama bisa dimasukkan ke dalam Blog Postingan / Halaman. Sedangkan di Blogger Baru hanya bisa menambahkan Gambar hanya dengan Format JPEG dan PNG saja, Format Gambar seperti WEBP dan Format lainnya tidak bisa dimasukkan ke dalam Blog Postingan / Halaman.


Sebenarnya masih banyak Kelebihan dan Kekurangan lainnya baik di Blogger Lama maupun di Blogger Baru. Akan tetapi saya hanya memaparkan sampai sini saja.

VIDEO

Untuk mengetahui lebih lengkapnya, silahkan lihat Video dari YouTube di bawah ini.





Sekian dari Review Perbandingan dari Blogger Lama dengan Blogger Baru. Menurut anda lebih suka yang mana? Semoga saja Blogger memberikan yang lebih terbaik dari sebelumnya.

Terima Kasih, dan;

Wassalammu‘alaikum Wr. Wb. 

Ads