Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[#BekerjaDiRumah] Inilah 8 Hal yang harus diketahui tentang Cara Kerja Arsitek

Assalammu‘alaikum Wr. Wb.

Halo semuanya! Kali ini saya akan membahas tentang sebuah Profesi yang tidak kalah melelahkan, yaitu pekerjaan Arsitek.



Arsitek merupakan salah satu Pekerjaan yang berpengaruh dalam Desain Bangunan. Meski peran Arsitek sangat berpengaruh, ada beberapa orang yang masih belum mengenal Peran Kerja dari seorang Arsitek dalam dunia Pembangunan. Maka dari itu, berikut ini terdapat beberapa penjelasan mengenai Cara Kerja seorang Arsitek.

1. Arsitek berfungsi sebagai Pengawas Proyek dari Awal hingga Akhir


Arsitek merupakan Tenaga Ahli pertama yang bisa dihubungi jika ingin Membangun atau Merenovasi suatu Bangunan. Seorang Arsitek telah dilatih dan terampil untuk mengerjakan Proyek-proyek Bangunan hingga berjalan dengan lancar. Peran arsitek sangat besar dalam sebuah Proyek, mulai dari pemilihan Lokasi, Analisis Situs dan Bangunan, Desain, hingga Penyelesaian Proyek.

2. Pekerjaan seorang Arsitek tidak hanya di satu tempat saja

Seorang Arsitek Profesional biasanya bekerja di lebih dari satu Lokasi Proyek. Jadi jika Anda menginginkan tenaga Arsitek untuk membantu Desain Bangunan, anda jangan terbatas dengan Lokasi tertentu saja. Untuk mencari Tenaga Arsitek, mereka biasanya banyak memamerkan karyanya di berbagai Media Sosial seperti Koran, Majalah, hingga Instagram. Jika kira-kira sudah ada yang cocok, segera hubungi Arsitek tersebut untuk kepastian selanjutnya.

3. Seorang Arsitek melakukan beragam kegiatan yang berbeda

Selain mendesain di dalam Ruangan, Arsitek juga memiliki kegiatan di luar Ruangan seperti Pengawasan Proyek atau mengadakan Rapat bersama Klien maupun Kontraktor. Jadi kegiatan seorang Arsitek itu tiap harinya belum tentu sama.

4. Tiap Arsitek memiliki Sensibilitas Desain yang berbeda

Seperti halnya manusia lain, seorang Arsitek juga memiliki seorang panutan yang dapat menjadi Gaya Desain mereka. Sehingga tiap Arsitek belum tentu memiliki sensibilitas desain yang sama. Misalnya ada yang menyukai Gaya Tradisional, namun ada pula yang menyukai Gaya Desain yang Kekinian, sehingga baik corak maupun nuansa Desainnya pasti berbeda antara satu Arsitek dengan Arsitek lain.

5. Sebagian besar Arsitek terinspirasi oleh Alam


Nuansa Alam hampir selalu dijadikan Inspirasi oleh para Arsitek. Baik untuk membangun Eksterior Rumah, Bentuk Bangunan, atau Interior Rumah. Alam dapat memberikan kesinambungan antara Pribadi Manusia maupun bangunannya, sehingga sudah sewajarnya Alam selalu menjadi Inspirasi paling banyak digunakan oleh Arsitek.

6.Selain Skala Besar, Arsitek juga bisa membuat Proyek Kecil

Biasanya orang cenderung akan memesan Jasa Kontraktor jika ingin membangun atau merenovasi rumah. Namun Anda bisa mempertimbangkan kembali jika ingin merenovasi atau membangun dengan Skala yang Kecil dengan menggunakan Jasa Kontraktor. Anda bisa memilih jasa Arsitek sebagai solusinya. Dalam proses pembangunannya, Arsitek akan selalu mengawasi setiap detail pekerjaan yang dilakukan oleh tukang, sehingga Desain yang Anda Impikan nantinya akan lebih maksimal.

7. Arsitek akan melakukan Penawaran Harga terbaik dalam memberikan Harga Desain secara Transparan

Hasil gambar untuk architect

Dalam Proses Desain, sebelum dibangun seorang Arsitek biasanya akan menghitung Jumah Rencana Anggaran Biaya Pembangunan. Dalam Anggaran tersebut, Arsitek akan memperkirakan Harga sesuai dengan Rata-rata di daerah tempat yang akan dibangun.

8. Arsitek bisa membuat Desain dengan beragam Nilai Fungsi di dalamnya

Jika ingin membangun Bangunan, sebaiknya terlebih dahulu Konsultasikanlah dengan seorang Arsitek untuk memastikan Proyek yang akan dibangun memiliki Nilai Estetika, Struktur, Utilitas, maupun Ekonomi yang sesuai. Selain itu, Arsitek juga dapat memberikan solusi dari Keluh Kesah Klien, serta mampu bekerja di Lokasi yang tidak biasa.


Sumber Artikel : Solusiruma.com (Blog)
[Artikel lainnya yang serupa : Arsitag.com]

Sekian Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat untuk kita semua.

Wassalammu‘alaikum Wr. Wb.

Ads