Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[#BekerjaDiRumah] Cara membuat Masker Kain sendiri (+ Video Tutorial)

Assalammu‘alaikum Wr. Wb. 

Halo gaes! Apakah kalian membeli atau membuat sendiri Masker Kain-nya? Jika belum tahu cara membuatnya biar saya kasih Tips dan Tutorial Cara membuat Masker Kain sendiri. Memang di Situasi saat ini (Pandemi COVID-19) kita diwajibkan untuk memakai / menggunakan Masker jika ingin keluar Rumah.



Sumber Artikel : Kompas.com dan Merdeka.com

Ajakan untuk menggunakan Masker Kain di tengah Wabah COVID-19 kini didengungkan karena terbatasnya Stok Masker Medis, baik Masker N95 maupun Masker Bedah. Selain itu, Ajakan ini untuk mengajak setiap orang tidak berburu Masker Medis agar Stok bagi Pekerja Medis merasa Aman karena mereka yang lebih membutuhkan.  

Awalnya, penggunaan Masker disarankan bagi mereka yang Sakit maupun mereka yang merawat Pasien yang Terindikasi atau Positif terinfeksi Virus Corona. Kini, siapa saja disarankan menggunakan Masker terutama jika bepergian ke luar Rumah karena adanya Penularan Virus Corona dari mereka yang tidak Bergejala. Menggunakan Masker jika berkegiatan di luar Rumah juga salah satu Rekomendasi Cara melindungi diri dari Penularan Virus Corona yang disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Penggunaan Masker kini dianggap sebagai Upaya untuk Melindungi diri sendiri dan orang lain dari Penularan Virus Corona (COVID-19). Berikut, inilah Ulasan mengenai Masker Kain dan Cara membuatnya sendiri.

Daripada tidak mengenakan Masker sama sekali

Melansir dari Business Insider, meskipun Masker Wajah buatan sendiri atau Masker Kain tidak seefektif Masker Bedah atau Respirator N95, mayoritas Ahli mengatakan bahwa lebih baik menggunakan Masker Wajah buatan sendiri dibandingkan tidak sama sekali dalam hal mencegah Penyebaran Virus Corona. 

Sebuah studi pada Tahun 2013 mengamati kemampuan Masker yang terbuat dari bahan Kaus Katun untuk mencegah dari Penyebaran Virus Influenza. Para peneliti menemukan, Masker Buatan ini Efektivitasnya Sepertiga (⅓) dari Efektivitas dengan menggunakan Masker Bedah. Bahkan, Masker Buatan sendiri secara Signifikan mengurangi Jumlah Mikroorganisme yang tersebar. Namun, Penelitian ini tidak menjelaskan seberapa Efektif Masker Buatan melindungi Orang menghirup Partikel yang bisa mengandung Virus.

Apa yang harus diperhatikan dari Masker Kain?

Pembuatan Masker Kain dapat menggunakan Bahan-bahan Umum yang mudah ditemukan. Lapisan-lapisan Masker menjadi Kunci Pembuatan Masker yang Efektif. Hal ini juga penting untuk membuat Masker yang membentuk Ukuran yang pas di Mulut dan Hidung sehingga Partikel tidak bisa masuk melalui Celah yang ada. Masker dengan Lapisan Luar yang Halus, Lapisan Tengah yang Tebal, dan dijalin dengan erat seperti Nilon atau Kapas. Disarankan untuk tidak menggunakan Wol atau Kain lain yang dapat menyebabkan Alergi dan Iritasi Kulit.

Sementara itu, para Peneliti dari University of Pittsburgh pada Tahun 2006, dengan Pedoman CDC, menggunakan Kaus Katun biasa untuk membuat Masker tanpa Jahitan. Mereka merebus Kain selama 10 (Sepuluh) Menit untuk mensterilkannya. Kemudian, Kain dipotong sesuai dengan Ukuran dan membentuk Masker menggunakan 1 (Satu) Lapisan Luar dan 8 (Delapan) Lapisan Dalam yang menutupi Mulut dan Hidung. Masker ini dapat diikat di Kepala Pemakai untuk memberikan rasa nyaman. Pengujian menunjukkan bahwa Masker ini juga memberikan Perlindungan yang baik.

TUTORIAL

1. Dengan menggunakan Mesin Jahit

Sumber : Kompas.com

Bahan-bahan

Inilah Bahan-bahannya yang sesuai : 
  • Kain, seperti Katun, atau Kain Mikrofiber 
  • Pita Elastis atau 2 (Dua) Ikatan Rambut 
  • Gunting 
  • Mesin Jahit

Cara Membuat

1. Buat 2 Persegi Panjang Kain, Ukuran 12 × 6 cm atau 11 × 5 cm.

2. Jahit Lapisan-lapisannya menjadi Satu, lalu jahitlah di Tepi Bawah.

3. Lipat lebih dari Satu Sisi, mulailah menjahit Kain sehingga Karet Elastis berada di dalam Lipatan.

4. Tarik kencang bagian karet elastis dan jahit sisa lipatan. Ulangi di Sisi lain. 

5. Pastikan untuk melakukan Backstitch (Menjahit beberapa kali) di Awal dan Akhir Jahitan, karena Karet Elastis akan menarik di Titik-titik tersebut.

2. Tanpa menggunakan Mesin Jahit

Sumber : Merdeka.com

Berikut inilah Cara membuat Masker tanpa Mesin Jahit yang dihimpun dari Akun YouTube Achan’s Diary (ada di Video paling Bawah).

1. Menyiapkan Kain

Langkah pertama yang harus dilakukan yakni menyiapkan kain. Sebaiknya gunakan Kain yang memang biasa dipakai untuk membuat Masker.

Bila tidak memilikinya, bisa menggunakan Kain jenis apapun. Akan tetapi, nantinya harus dilapisi dengan Dua, Tiga, Empat atau lebih Kain. Hal ini lantaran, lebih banyak Lapisan Filter yang digunakan akan jauh lebih baik.

Jangan lupa menyiapkan Kain yang sedikit Tebal untuk lapisan bagian dalam. Selain Tebal, sebaiknya kalian juga memilih Kain yang Lembut dan Halus. Selain itu, siapkan juga Karet untuk Tali Masker.

2. Membuat Pola pada Karton

Langkah membuat Masker tanpa Mesin jahit selanjutnya yakni membuat Pola pada Karton. Kalian juga bisa memanfaatkan Kardus Bekas di rumah untuk membuat Pola Masker.

Pola yang dibuat bisa disesuaikan dengan selera kalian. Baik itu diperbesar ataupun diperkecil. Paling penting, Masker yang dibuat nantinya bisa cocok dengan bentuk Wajah.

3. Potong Kain Sesuai dengan Pola

Cara membuat Masker tanpa Mesin Jahit selanjutnya yakni memotong Kain sesuai dengan Pola yang dibuat sebelumnya. Perlu diperhatikan, jangan memotong Kain pas dengan bentuk Pola.

Usahakan memberikan Jarak sedikit di semua sisinya. Kalian bisa memberikan jarak kira-kira 0,5 cm - 0,8 cm. Semua kain juga harus dipotong sesuai bentuk Pola ya.

4. Jahit Masker di Bagian Tertentu

Langkah selanjutnya yaitu, Lipat kain menjadi 2 (Dua). Kemudian, Jahit bagian yang berbentuk 'V' tanpa menggunakan Mesin Jahit.

Tidak masalah mau menggunakan Teknik Menjahit seperti apa, yang penting jahitannya bisa Rapat dan Kuat. Kemudian, tumpuk Kain yang telah disiapkan sebelumnya. Jangan lupa beri Jarum Pentul, agar tidak bergeser.

5. Jahit Sisi Bagian Lainnya

Selanjutnya, jahit sisi bagian lainnya pada masker. Namun, sisakan satu bagian masker untuk tidak dijahit terlebih dahulu.

Seperti dikatakan sebelumnya, tidak masalah mau menggunakan teknik menjahit seperti apa, yang penting jahitannya bisa rapat dan kuat.

6. Membalik Kain

Sekedar Informasi, saat menjahit Kain harus dibalik terlebih dahulu. Setelah Jahitan selesai, balik kain bagian dalam hingga keluar semuanya. Lipat ke dalam bagian Ujung Kain yang belum dijahit. Lalu, Jahit Masker dengan Teknik yang sama.

7. Pasang Tali pada Masker

Kemudian, Lipat ujung Masker sedikit ke bagian dalam. Nantinya, di situlah Tali Masker akan diletakkan. Jahit Ujung Masker tersebut namun tetap sisakan Dua Lubang di ujungnya. Potong Tali Masker sesuai dengan selera. Kaitkan Peniti ke ujung Tali. Masukkan Tali ke dalam Lipatan Kain Masker yang telah disiapkan sebelumnya. Ikat Ujung Tali Masker.

VIDEO TUTORIAL

Di YouTube maupun Media Sosial (Seperti Instagram), sejumlah Akun Berbagi Panduan membuat Masker Kain sendiri, baik dengan Menjahit ataupun Tanpa Menjahit. Salah satunya Akun Instagram-nya @kertabumirecyclingcenter.


Berikut Panduan lainnya dari berbagai Sumber di YouTube : 






Sekian, semoga bermanfaat untuk kita semua. Selain harus Mencuci Tangan dan menjaga Jarak, kita juga harus menggunakan Masker jika ingin keluar Rumah untuk menghindar dari Penularan Virus Corona (COVID-19). Terima Kasih :)

Wassalammu‘alaikum Wr. Wb. 

Ads